Blog
Advertisement

Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Tekno

Advertisement

Switch merupakan perangkat yang menghubungkan antara dua komputer atau lebih dalam sebuah segmen jaringan, yang pada umumnya adalah LAN. Secara teknis perangkat ini terdapat pada layer 2 OSI Model yaitu data link layer. Hub dan switch memang memiliki fungsi yang sama, namun keduanya terdapat perbedaan. Perbedaan hub dan switch yang paling mencolok adalah kemampuan switch yang dapat mengingat perangkat yang sedang terkoneksi. Fungsi Switch secara garis besar adalah bagaimana mentransmisikan data pada suatu jaringan.

fungsi SWITCHJenis Jenis Switch

Switch Memiliki beberapa tipe di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Unmanaged Switch
  2. Managed Switch
  3. Smart Switch
  4. Enterprise-Managed Switch

Tipe switch ini dapat di baca pada artikel Jenis jenis switch yang telah dibuat sebelumnya.

Fungsi Switch

Hampir sama dengan perangkat jaringan lainnya, fungsi switch yang paling utama adalah sebagai manajemen lalu lintas dalam suatu jaringan. Switch bertugas bagaimana mengirimkan paket untuk mencapai tujuan dan perangkat yang tepat. Switch bertugas mencari jalur yang paling optimal dan memastikan pengiriman paket yang efisien pada tempat tujuan. Switch pada umumnya dapat meningkatkan efektivitas seperti penghematan dan kinerja karyawan dalam suatu organisasi.

Fungsi Switch Jaringan Komputer

Ada 3 fungsi switch jaringan komputer yang dapat diuraikan secara teknis yaitu adalah pembelajaran, forwarding, dan mencegah Looping pada layer 2.

1. Fungsi Learning – Pembelajaran

Learning merupakan salah satu fungsi dari switch, bagaimana switch mendapatkan MAC address dari perangkat yang terkoneksi padanya. Ketika paket frame sampai pada switch, ia akan mempelajari MAC pengirim dan memastikan alamat tujuan yang menerima paket tersebut.

2. Fungsi Forwarding

Forwarding merupakan suatu proses mengirimkan paket dari satu port ke port lainya pada perangkat yang terhubungan dengan switch. Ketika frame mencapai port, Switch akan membaca alamat MAC pengirim dari frame tersebut, yang merupakan fungsi learningnya, Switch juga membaca alamat MAC tujuan juga sebagai bagian dari fungsi forwarding. Tujuan alamat MAC penting untuk menentukan nomor port perangkat yang terhubung. Jika alamat tujuan ditemukan, maka Switch akan melakukan pengiriman ke port perangkat tujuan tersebut.

3. Fungsi Mencegah Looping

Dalam teknis sebuah local area network sebuah koneksi gagal akan mengakibatkan seluruh proses pada jaringan tersebut ikut terganggu atau yang dinamakan looping. Switch dalam hal ini akan berfungsi untuk mencegah terjadinya loop seperti ini jika terjadi broken pada saat pengiriman data atau paket tersebut.

Peran perangkat seperti router, hub, dan switch sangat vital pada topologi jaringan komputer sangat penting. Berbagai teknologi di kembangkan untuk meningkatkan kinerja perangkat jaringan ini. Pada dunia nyata banyak yang bingung mengenai perbedaan hub dan switch, walaupun memiliki fungsi yang sama mereka memiliki perbedaan yaitu pada proses transmisi data. Fungsi switch memang lebih banyak digunakan dewasa ini pada dunia jaringan dari pada hub. Namun kemajuan teknologi sangat banyak berperan pada kinerja Switch, banyak peningkatan seperti pada kecepatan, dan keamanannya.

Summary
Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer
Article Name
Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer
Description
Fungsi switch yang diulas dengan 2 kategori yaitu fungsi utama dan fungsinya sebagai perangkat learning, forwarding, dan looping handling.
Author

Advertisements