Blog
Advertisement

Gangguan Belajar Pada Anak

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Gangguan belajar pada anak merupakan hal yang membuat frustrasi bagi anak tersebut dan orang tuanya. Bahkan, tanpa dukungan dan dorongan yang kuat seorang anak dengan ketidakmampuan belajar seperti ini dapat mulai akan menumbuhkan perasaan harga diri yang rendah. Ketidakmampuan belajar pada anak ini harus dihadapai oleh para orang tua dengan cara-cara yang khusus.  Pada artikel ini, kami akan menguraikan beberapa contoh gangguan belajar pada anak  serta cara orang tua dan pendidik untuk menghadapi tantangan belajar mereka untuk menemukan potensi terbaik dalam diri si anak.

Disleksia

Disleksia adalah ketidakmampuan belajar yang cukup terkenal, gangguan belajar pada anak ini ada hubungannya dengan cara otak anak memproses kata-kata. Seorang anak dengan disleksia sering memiliki masalah dengan suara individu yang membentuk sebuah kata. Anak-anak dengan disleksia melakukan kinerja otak yang berbeda dalam memproses bahasa. Mereka memiliki masalah menerjemahkan bahasa untuk pikiran (dalam mendengarkan atau membaca) dan berpikir sebuah bahasa (dalam menulis atau berbicara).

Selain itu, disleksia terkadang menyebabkan seorang anak untuk mencampur huruf dari kata-kata pada halaman. Memahami ketidakmampuan belajar dengan anak disleksia harus memungkinkan anak lebih banyak waktu untuk membaca dan memahami tugas. Cobalah membiarkan anak untuk memilih bahan bacaan untuk prakteknya sendiri. Misalnya, jika anak sangat antusias tentang topik tertentu seperti tentang kuda, biarkan dia memilih sendiri diperpustakaan. Bacakan kepada anak, kemudian ikuti salinan kata yang diucapkan pada anak sambil terus dibimbing agar terbetuk salinan kata yang tepat. Bimbingan belajar dari anda akan membuat anak terbiasa dan dapat menyembuhkan gangguan ini.

Dispraksia

Dyspraxia merupakan gangguan belajar pada anak yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam perencanaan gerakan dan melaksanakannya. Otak seseorang mengirim pesan ke otot, tapi pesan yang harusnya tersampaikan entah bagaimana menjadi terganggu sehingga si anak tidak bisa memvisualisasikan dengan gerakan. Ada beberapa cara untuk mengajarkan pada anak dengan dyspraxia seperti berbicara lebih lambat untuk anak sehingga ia dapat menyerap bunyi kata-kata. Memotivasi anak untuk berbicara Memotivasi anak untuk berbicara dengan memberi mereka banyak dorongan ketika mereka mengatakan sebuah kata atau menunjukkan obyek.

Disgrafia

Dysgraphia menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam menuliskan pikirannya. Secara khusus, gangguan belajar pada anak ini  menyebabkan tulisan seseorang menjadi menyimpang atau salah. Pada anak-anak, gangguan ini mulai muncul ketika mereka pertama kali diperkenalkan ke tulisan. Mereka membuat surat tidak yang tidak tepat ukuran dan spasi atau menulis kata-kata yang salah atau salah eja, meskipun instruksinya diberikan secara lengkap. Anak-anak dengan gangguan ini mungkin memiliki ketidakmampuan belajar lainnya, namun mereka biasanya tidak memiliki masalah akademik sosial atau lainnya.

Metode belajar yang bisa diterapkan pada anak dysgraphia ini dengan memberikan anak lebih banyak waktu untuk menuliskan catatan atau menyelesaikan tugas tertulis. Kelemahan pada alam bawah sadar pada penderita gangguan disgrana memang sulit untuk langsung dihilangkan, namun dengan usaha keras harusnya gangguan belajar ini dapat kita hilangkan.

Diskalkulia

Seperti dengan namanya, gangguan belajar pada anak ini terkait pada kesulitan mengenali angka dan menyelesaikan persamaan matematika. Konsep pembelajaran matematika ini menjadi sangat sulit dipahami oleh penderita dyscalculia. Singkatnya, jika beberapa gangguan belajar pada anak-anak tampil di subyek membaca, seseorang dengan dyscalculia memiliki ketidakmampuan belajar dalam bidang matematika .

Tips Menghadapai Gangguan Belajar Pada Anak

Bagi orang tua yang memiliki buah hati dengan gangguan belajar pada anak ini, diharapkan untuk melakukan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan si anak, agar buah hati anda bisa belajar dengan optimal meskipun menghadapi kekurangannya. Perhatikan selalu cara belajar efektif dan efisien untuk mendukung anak dalam tumbuh kembangnya. Setiap anak memiliki bagian otak dan fungsi yang berbeda jadi jangan terlalu memaksakan anak untuk mencapai target yang berlebihan. Pada intinya tidak ada cara menjadi pintar yang pintas, semua membutuhkan proses dan kesabaran kita sebagai pendidik atau orang tua.

Summary

Article Name
Gangguan Belajar Pada Anak
Description
Gangguan belajar pada anak yang terdiri dari disleksia, dispraksia, disgrafia, diskalkulia, dan cara serta tips mengatasi gangguan belajar anak.
Author

Advertisements