Blog
Advertisement

Gangguan Saat Haid : Jenis dan Bentuk Nyeri Haid

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Gangguan saat haid kerap kali dirasakan pada saat permulaan sebelum haid itu akan terjadi sampai saat haid itu terjadi yang terkadang dapat mengganngu aktivitas keseharian. Haid umunya terjadi setiap bulan dengan siklusnya yang berbeda pada setiap orang. Gangguan yang sering terjadi pada saat ini merupakan akibat dari faktor hormonal yang sedang berlangsung pada tubuh.

Sebenarnya cara mengatasi haid tidak teratur yang merupakan salah satu gangguan haid sangatlah mudah, Seperti apakan gangguan dan seberapa berbahayanya? akan kami ulas selengkapnya pada artikel ini.

Beberapa Macam Gangguan Saat Haid

Gangguan haid yang banyak terjadi ini dikarenakan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuhnya. Haid dapat dijadikan pertanda untuk tingkat keseburan seorang wanta dengan keteraturan siklusnya di setiap bulan. Beberapa gangguan haid ini terbagi beberapa jenis yaitu :

  1. Polymenorrhoe – Jenis haid ini adalah siklus yang lebih pendek dibanding sebelumnya. Siklus haid yang terjadi sebelum 21 hari biasanyan membuat darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. Terkadang menimbulkan seorang wanita mendapat haid dua kali dalam sebulan.Hormon yang tidak seimbang ini menyebabkan ganggguan saat pelepasan sehingga siklus haid normal tidak terjadi.
  2. Oligomenorea РSiklus haid yang memanjang disetiap bulannya jika siklus haid yang melebihi 35 hari sehingga haid lebih jarang terjadi bahkan bisa dalam beberap bulan tidak haid. Haid tidak teratur ini disebabkan karena kurang baiknya koordinasi antara hipotalamus, hipofisis dan ovariu. Ha ini dapat terjadi pada awal haid pertama ataupun menjelang menopause, sehingga menimbulkan masalah pada eseimbangan hormon dalam tubuh.
  3. Amenorea – Gangguan saat haid seperti ini merupakan gangguan yang beberapa bulan berturut-turut seorang wanita ttidak mengalami haid. Umumnya kasus ini terjadi pada masa awal pubertas namun, dapat terjadi pula pada wanita dewasa.

Beberapa gangguan saat haid di atas merupakan pertanda bahwa siklus haid tidak teratur terjadi pada diri anda. Lakukanlah pemeriksaan intensif untuk mengatsi permasalahan ini lebih lanjut.

Nyeri Pada Perut Merupakan Gangguan Yang menyertai Haid

Pada saat wanita sebagian wanita merasakan nyeri yang bahkan mengganggu aktivitasnya, Nyeri pada perut ini memang wajar terjadi karena kontraksi rahim yang bekerja agak lebih keras dari biasanya. Rasa nyeri yang terjadi pada wanita biasanya tidak sama satu samal lain. Nyeri haid ini dibedakan menjadi 2 yaitu :
  • Primer – pada nyeri perut ini terjadi pada hari pertama terjadinya haid dan berangsur menghilang setiap harinya. Gangguan saat haid ini bisa terjadi pada siapa saja karena keseimbangan hormon pada awal datangnya haid. Hal ini tidak membahayakan namun dapat terasa lebih sakit karena faktor psikis ataupun ketahanan fisik.
  • Sekunder – yaitu nyeri pada perut yang disebabkan adanya penyakit seperti kista, tumor ataupun kelainan rahim yang dinawa sejak lahir.

Berkonsultasilah pada tenaga medis jika nyeri terasa berlebihan yang mengganggu aktivitas. Pendeteksian penyakit secara dini, akan menekan resiko penyakit menjadi lebih parah.

Summary

Article Name
Gangguan Saat Haid : Jenis dan Bentuk Nyeri Haid
Description
Jenis dan macam macam gangguan saat haid yang perlu diketahui oleh para wanita dan jenis nyeri pada saat haid yang mungkin berdampak buruk.
Author

Advertisements