Blog
Advertisement

Gejala Penyakit Jantung

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Gejala penyakit jantung menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang karena sering kali menyerang tanpa diketahui ciri-ciri timbulnya penyakit tersebut. Berbagai organ di dalam tubuh manusia melakukan fungsinya seperti fungsi otak untuk berfikir, fungsi mata untuk melihat dan juga organ jantung dalam proses peredaran darah pada manusia.

Proses peredaran darah berperan penting dalam fungsi kinerja para organ dalam tubuh. Fungsi jantung yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh dituntut untuk bekerja optimal, karena mempengaruhi kinerja organ lain. Untuk itu, ketika jantung mengalami gangguan bisa menjadi pertanda timbulnya gejala penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung

Gejala penyakit jantung pada umumnya terjadi setelah fase umur di atas 40 tahunan. Penyakit jantung disebabkan oleh  penumpukan zat kimia yang tertimbun dalam tubuh yang kemudian menimbulkan plak pada pembuluh darah dan akhirnya menimbulkan penyumbatan terhadap peredaran darah yang menuju ke jantung.

Ciri ciri penyakit jantung memang kerap kali tidak dirasakan, atau bahkan sering dianggap menjadi gangguan kesehatan yang lain. maka dari itu, sedini mungkin kita harus mewaspadai tanda-tanda penyakit jantung yang timbul seperti :

  • Nyeri bagian dada
  • Sesak napas
  • Lemah dan cepat lelah
  • Jantung berdebar-debar
  • Kepala terasa melayang
  • Pingsan atau terasa ingin pingsan

Pada dasarnya, gejala-gejala penyakit jantung yang secara umum dialami orang banyak, disebabkan karena kurangnya jumlah darah yang memberikan pasokan oksigen ke jantung, sehingga berakibat pada fungsi kerja  jantung yang terganggu. Gangguan fungsi kerja jantung, dapat dibagi dua yaitu ;

  1. Angina – merupakan rasa nyeri pada bagian dada atau akan terasa sakit jika ditekan
  2. Aritmia – Adalah istilah kedokteran yang berarti untuk menunjukkan bahwa, kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi atau denyut jantung yang abnormal.

Gejala Penyakit Jantung

Pada Gejala-gejala penyakit jantung tersebut sebenarnya merupakan peringatan terhadap resiko terjadinya serangan jantung. Namun ketika mengalami gejala  tersebut sering kali dianggap sebagai masuk angin biasa, sehingga tidak dilakukan penanganan yang tepat. Keadaan tersebut yang menjadi bantuan untuk pertolongan pertama terhadap penyakit jantung terlambat dan sangat merugikan.

Kemudian Ketika serangan jantung (myocardial infarction) berlangsung, otot-otot sekitar bagian pada anatomi jantung akan mati sewaktu tidak mendapatkan pasokan darah. Lalu jantung yang tidak seperti jaringan yang lain ini, otot jantung tersebut tidak dapat mengalami regenerasi.

Ketika seseorang mulai mengalami ciri-ciri penyakit jantung di atas, kemudian hal tersebut akan sering muncul di saat tubuh melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Hal ini, karena tubuh saat bergerak keras, memerlukan banyak pasokan darah dan kerja jantung pun menuntut arteri untuk memasok lebih banyak darah,  tapi karena plak atau timbunan kolesterol pada pembuluh arteri, membuat pembuluh darah menyempit sehingga jantung tidak dapat memompa darah dalam jumlah yang banyak. Jika hal ini tidak ditangani dengan cepat, akan menyebabkan pembekuan darah pada arteri yang berakibat terhadap serangan jantung.

Summary

Article Name
Gejala Penyakit Jantung
Description
Gejala penyakit jantung yang tidak diketahui bisa berakibat fatal jika kita tidak menyadari ciri ciri penyakit jantung ini tidak ditangani
Author

Advertisements