Blog
Advertisement

Gejala Penyakit Miom Dan Penyebabnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Satu lagi gangguan pada sistem reproduksi wanita adalah penyakit miom yang sedikit banyak menyita perhatian para kaum hawa di dunia. Miom dalam bahasa medis disebut mioma uteri, dan sering pula dikenal dengan mioma, myom, tumor otot rahim atau tumor fibroid. Miom termasuk ke dalam jenis tumor jinak yang tumbuh pada dinding rahim (uterus) pada wanita, dengan kasus yang lumayan banyak pada sepanjang tahun di seluruh dunia.

Penyakit miom memang menjadi momok menakutkan karena dianggap mempengaruhi kehamilan karena mejadi kesulitan bagi pasangan yang ingin memiliki momongan dengan cara cepat  hamil. Apakah hal tersebut benar adanya?? simak artikel berikut ini.

Penyakit Miom

Miom merupakan sebutan medis yang merupakan tumor tumbuh pada dinding rahim. Berasal dari sel otot pada dinding rahim, namun malah berubah menjadi tumor yang menempel pada otot dinding rahim tersebut. Gejala penyakit miom bisa berkembang tanpa terduga keberadaannya. perkembangan miom bisa di mulai dengan perlahan dari kecil hingga pula, namun juga berkembang dengan sangat cepat.

Gejala Miom

  • Terasa nyeri pada perut bagian bawah atau pada daerah pinggul.
  • Nyeri pada saat berhubungan intim
  • Gangguan saat haid misalnya rasa nyeri ketika sedang periode haid, perdarahan haid sangat banyak, dan haid tidak teratur.
  • Perut terasa penuh yang dirasakan pada sebagian wanita dengan keluhan frekuensi buang air kecil yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan kandung kemih yang tertekan oleh miom yang membesar.

Pada kasus miom yang terjadi, pada umumnya tidak berhubungan dengan peningkatan risiko kanker dan sangat jarang berubah menjadi kanker. Penanganan miom harus dilakukan dengan segera jika mulai menimbulkan rasa nyeri pada panggul yang tajam. penanganan miom dapat dilakukan terapi obat atau tindakan pembedahan untuk mengecilkan atau menghilangkan miom jika menyebabkan rasa yang tidak nyaman atau gejala-gejala yang bermasalah.

Penyebab Penyakit Miom

Penyebab miom memang belum terdeteksi secara jelas, meskipun pada beberapa dugaan terhadap faktor keturunan yang mempunyai peranan terhadap penyakit ini. Sehingga jika terdapat wanita di dalam sebuah keluarga terdapat riwayat miom, mungkin bisa diturunkan pada generasi selanjutnya.

Tumbuhnya tumor miom bisa dipicu karena faktor hormonal, terutama hormon estrogen. Miom lebih berkembang pada saat reproduksi dan akan semakin membesar dengan cepat saat masa kehamilan karena kadar estrogennya yang semakin meningkat. Miom akan mulai mengecil dengan sendirinya saat masa menopause, dikarenakan kadar estrogen yang menurun.

Kemudian faktor seperti infeksi dan jamur yang berada pada daerah rahim juga akan merangsang pertumbuhan miom atau menyebabkan pertumbuhan miom kembali walaupun telah diangkat. Beberapa faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi pertumbuhan miom :

  • Emosi yang tidak seimbang
  • sering stres
  • daya tahan tubuh rendah
  • Kurang menjalani pola hidup sehat
Summary

Article Name
Gejala Penyakit Miom Dan Penyebabnya
Description
Gejala penyakit miom sulit dideteksi karena sulit dirasakan langsung dari rahim, ada 4 gejala miom dan penyebab miom yang penting diketahui.
Author

Advertisements