Blog
Advertisement

Penyebab Haid Tidak Teratur : Siklus Haid Normal Wanita

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Haid tidak teratur yang sering terjadi oleh sebagian wanita pada umunya, jika tidak ditangani secara benar mengenai penyebabnya memungkinkan berdampak tidak baik bagi sistem reproduksinya. Wanita yang telah beranjak remaja mengawali masa pubertas dengan datangnya siklus bulanan yaitu mentruasi (haid). Siklus bulanan ini seharusnya berjalan teratur disetiap bulannnya namun, beberapa diantara wanita mengalami masalah siklus haid yang tidak teratur. Selengkapnya akan kami ulas pada artikel ini.

Siklus Haid Wanita Normal

Perlu diketahui terlebih dahulu tentang bagaimana haid ini bida terjadi? Haid merupakan keadaan yang terjadi pada sistem reproduksi wanita yaitu sel telur yang telah matang dan tidak dibuahi akan dikeluarkan dari tubuh setiap 20-40 hari. Haid akan terjadi setiap bulannya dengan tenggang waktu 21 sampai 35 hari. Siklus dapat maju atau mundur selama tiga hari dari jadwal seperti biasa. Waktu terjadinya pendarahan sekitar 5 hari namun jika masih terjadi selema 7 hari, hal ini masih dikatakan normal.

Haid tidak teratur pada fase awal haid saat masa pubertas berlangsung karena hormon kewanitaan yang mulai berfungsi belum seimbang. Pada wanita dewasa yang mengalami haid tidak teratur bisa dilihat dari siklus haid wajar yang seharusnya terjadi. Ketidakteraturan haid ini karena sel telur tidak segera dikeluarkan karena faktor keseimbangan hormon. Kejadian haid tidak teratur pada wanita dewasa jika terjadi 1 sampai 2 bulan saja dalam satu tahun masih dianggap normal namun, harus diwaspadai jika haid lebih cenderung tidak teratur setiap bulannya.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Gangguan saat haid memang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Ketidakseimbangan hormon pada tubuh membuat sel telur terlambat dikeluarkan sehingga darah haid ysng seharusnya sudah dikeluarkan, malah tidak dilepaskan oleh rahim. ada 2 pemicu ketidak seimbangan hormon yaitu :

  1. Stress – tekanan kerja atau faktor ekonomi atau tuntutan lingkunag akan membuat beban pikiran lebih berat yang menyebebkan stress. Saat stress adrenalin menghasilakn hormon kartisol yang sedikit banyak mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron. Temukanlah cara mengatasi stress pada diri anda untuk mengembalikan lagi siklus teratur haid anda.
  2. Obesitas – Kelebihan berat badan juga mempengaruhi siklus menstruasi karena beberapa hormon pemicu haid ini malah tidak berkembang.
  3. Kontasepsi – alat kontrsepsi seperti pil KB atau suntik KP memperngaruhi kerja hormon sehingga wanita hanya haid pada waktu tertentu. Bahkan, penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan flek hitam di wajah┬ápada sebagian wanita.
  4. Pebdarahan – Padd awal penggunaan kontrasepsi spiral / Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) bisa menimbulkan pendarahan dari ringan sampai hebat saat pertengahan periode menstruasi.
  5. Kista – Kista yang berkembang kecil-kecil pada ovarium akan menghasilkan folikel yang memproduksi estrogen namun tidak bisa melepeskan sel telur sehingga membuat haid tidak teratur.
  6. Zat kimia pada tubuh – Wantia perokok aktif ataupun wanita yang sedang mengalami masa pengobatan yang intens, dalam beberapa kasus tidak mengalami siklus haid teratur karena zat kimia tersebut yang mampu mempengaruhi produksi hormon.

Penyebab utama haid tidak teratur ini memang faktor hormonal yang tudak teratur. Jadi ketika haid dirasakan mulai tidak teratur ada baiknya segera periksakan pada dokter kandungan untuk diagnosa keadaan lebih lanjut.

Summary

Article Name
Penyebab Haid Tidak Teratur : Siklus Haid Normal Wanita
Description
Penyebab haid tidak teratur dan siklus haid yang normal serta ulasan mengenai berbagai penyebab siklus haid tidak normal pada wanita.
Author

Advertisements