Blog
Advertisement

Hak Hak DPR dan Kewajibannya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Hak hak DPR telah tercantum pada peraturan pemerintah yang dalam pelaksanaannya harus secara seimbang dengan kewajiban DPR, yang harus dilakukan. Pada institusi pemerintahan di setiap negara di dunia, melakukan tugas kenegaraan yang dilakukan oleh lembaga negara, seperti juga yang ada pada negara kita yaitu MPR, DPR, BPK dan sebagainya.

Pada lembaga tersebut, melakukan tugas pemerintahan yang telah diatur namun juga memiliki hak dan kewajiban ketika menjalani tugas pemerintahan tersebut. Sebagai lembaga penyambung aspirasi rakyat DPR memiliki hak dan kewajiban dalam menjalani tugasnya seperti pada ulasan ini.

Hak hak DPR

Hak DPR merupakan berbagai hal yang merupakan hal yang bisa dilakukan DPR, dengan kaitannya terhadap pelaksanaan tugas DPR, yaitu kami ulas sebagai berikut :

Hak Budget

Hak budget yang dimiliki oleh DPR merupakan hak untuk mengesahkan RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang diajukan oleh pemerintah dan juga sebagai pelaksananya.

Hak Angket

Berbeda dengan MPR, pada anggota DPR dapat menggunakan hak angket untuk melakukan penyelidikan dalam suatu masalah yang dilakukan oleh anggota DPR tersebut. Pada hak angket, diperbolehkan untuk mengajukan 20 orang anggota DPR secara tertulis untuk melakukan penyelidikan yang diajukan pada ketua DPR.

Hak Interpelasi

DPR dapat menggunakan hak interpelasi untuk meminta keterangan pada pemerintahan dan presiden. Pengajuan hak interpelasi ini bisa diajukan secara tertulis dengan minimal 10 orang secara tertulis yang diajukan pada ketua DPR.

Hak bertanya

Hak bertanya ini berarti, DPR dapat menggunakan hak tersebut untuk memberikan pertanyaan secara tertulis pada presiden dan juga sistem pemerintahan yang anda untuk kepentingan tertentu.

Hak Menyatakan Pendapat

DPR memiliki hak menyatakan pendapat untuk berbagai kepentingan yaitu :

1. Pada kebijakan pemerintah atau ketika menghadapi situasi luar biasa di tanah air atau internasional

2. Melakukan tindak lanjut terhadap pelaksanaan hak angket dan hak interpelasi

3. Memiliki dugaan terhadap berbagai pelanggaran yang dilakukan presiden dan/atau wakilnya terhadap negara, baik secara hukum, tindak pidana, perlakuan tercela dan berbagai pelanggaran lain.

Hak Petisi

Hak DPR yang dinamakan Hak petisi ini dimaksudkan, bahwa DPR dapat mengajukan usulan dan juga pertanyaan pada pemerintahan yang hubungannya lebih kepada lembaga tinggi negara.

Hak insiatif

DPR memiliki hak inisiatif, yang artinya mempunyai hak untuk mengusulkan rancangan undang undang (RUU) atau rancangan peraturan daerah (Raperda) yang menjadi tugas DPR dan sering kali merupakan usulan dari presiden atau badan pemerintahan lainnya.

Hak amandemen

Sejalan dengan hak inisiatif yang dimiliki DPR terhadap rancangan pada undang undang peraturan di Indonesia, memiliki hak amandemen dalam memberikan usulan untuk perubahan RUU atau Raperda seperti menambah dan mengurangi RUU, seperti pada Undang undang lalu lintas yang telah diperbaharui.

Kewajiban DPR

Pada setiap hak DPR yang diberikan, terkandung pula kewajiban DPR yang harus dilakukan dengan seimbang yaitu :

  • Mengamalkan makna dari pancasila sebagai dasar negara
  • Melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menaati segala peraturannya
  • Melaksanakan demokrasi negara dalam penyelenggaraan pemerintahan
  • Memperhatikan upaya dalam melakukan peningkatan kesejahteraan rakyat
  • Menyerap, menghimpun, menampung dan melakukan tindak lanjut terhadap segala aspirasi masyarakat
  • Mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi
  • Melakukan tanggung jawab jabatan, secara moral dan politis kepada pemilihnya saat pemilu
  • Menaati peraturak dan kode etik tang berlaku
  • Menjaga etika dan moral terhadap setiap tindakannya
Summary

Article Name
Hak Hak DPR dan Kewajibannya
Description
Dalam melaksanakan tugas, anggota DPR memiliki hak hak DPR beserta kewajibannya yang tercantum pada undang-undang agar dilakukan seimbang
Author

Advertisements