Blog
Advertisement

Ikan Air Tawar Di Indonesia

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Ikan air tawar di Indonesia terkenal dengan jenisnya yang beragam, hal ini yang menjadi kekayaan hayati yang kita punya untuk meningkatkan komiditas ekspor negara. Kondisi perairan yang luas merupakan alasan mengapa Indonesia memiliki beragam biota air tawar ataupun laut yang patut dieksplorasi keberadaannya namun, eksplorasinya dengan bertanggung jawab. Ikan air tawar merupakan jenis yang banyak ditemui, bagaimana tentang ikan air tawar ini pada perairan Indonesia, selengkapnya akan kami ulas pada artikel ini.

Species Ikan Air Tawar Di Perairan Indonesia

Perairan Indonesia yang begitu luas diperkirakan menaungi ikan dengan total keseluruhan sekitar 7000 spesies. Sekitar 2000 spesies ikannya merupakan jenis ikan air tawar di Indonesia. Ikan air tawar merupakan penghuni perairan daratan dengan kadar garam yang kurang dari 5 permil. Sejumlah species tersebut juga sudah termasuk ikan air tawar yang dibudidayakan diperairan daratan seperti kolam, tambak, sawah, rawa payau dan hutan bakau yang banyak di huni ikan.

Keragaman ikan air tawar ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi karena mencakupi kebutuhan ikan untuk konsumsi. Tidak hanya mencakup spesies ikan air tawar untuk konsumsi namun jenis ikan hias air tawar juga banyak tersebar dan dibudidayakan di perairan Indonesia. Nilai ekonomi seduah hasil bumi seperti ikan air tawar di Indonesia ini berarti jenis ikan yang mampu diperdagangkan baik dikonsumsi ataupun dipelihara. Budidaya ikan air tawar bernilai ekonomi ini tentu saja akan mampu meningkatkan taraf perekonomian penduduk sekitar perairan tersebut.

Jenis-jenis Ikan Air Tawar Indonesia

Banyaknya jenis ikan air tawar Indonesia tersebar luas diperairan laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan namun, budidaya secara besar dilakukan pada perairan kolam ataupun tambak seperti patin, gurami, mujair, gabus dan juga bandeng (payau dan air tawar). Budidaya sebagian besar memang banyak dilakukan dengan cara tradisional namun, saat ini telah dikembangkan pembudidayaan dengan cara moderen. Beberapa jenis ikan air tawar di Indonesia yang dibudidayakan :

  • Lele – Tingkat konsumsi ikan lele di Indonesia memang sangat tinggi sehingga budidaya memang berkembang pesat. Kendala yang mungkin dihadapi adalah kurangnya benih kualitas unggul untuk menghasilakan ikan lele dengan kualitas baik. Sentra pembudidayaan ikan lele ini terdapat pada provinsi Sumatera utara, Riau, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
  • Gurami – Ikan tawar jenis ini memiliki daya jual yang lebih tinggi. Pemeliharan ikannya memang cukup lama namun sebanding dengan keuntungan penjualan ikan ini. Aapalagi sudah banyak dikembangkan pemeliharaan berjenjang dengan maksud untuk mempersingkat periode pembududayaan.
  • Patin – Pembiakan ikan jenis ini termasuk yang tidak sulit dibanding dengan ikan gurami karena dapat memanfaatkan lahan yang tidak memiliki sumber air mengalir seperti sungai tadah hujan. Permintaan akan ikan patin dipasaran ini sudah banyak baik pasar lokal ataupun pasar mancanegara.

Banyaknya potensi hayati Indonesia ini haruslah segera dieksplorasi untuk peningkatan taraf hidup negeri sendiri.

Advertisements