Blog
Advertisement

Ikan Hias Air Tawar

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Ikan hias air tawar banyak yang memiliharanya di rumah sebagai hobi dengan menggunakan kolam ataupun berbagai bentuk akuarium. Berbagai jenis ikan hias memang banyak dijual karena selain cantik untuk dipamerkan di rumah, ternyata banyak pula yang memiliharanya untuk mendapatkan keuntungan. Seperti apa ikan air tawar yang bernilai ini?? kami bahas selengkapnya pada artikel ini.

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar

Kondisi geografis Indonesia yang memiliki wilayah perairan yang luas merupakan ladang yang luas untuk usaha perikanan. Bagaimana tidak, sekitar 1100 jenis ikan air tawar ini 400 spesiesnya diperdagangkan secara luas namun hanya sekitar 90an spesia yang dibudidayakan. Diantara jenis ikn air tawar yang dibudidayakan itu terdapat beberapa jenis ikan air tawar dengan nilai ekonomi yang tinggi. Ikan hias air tawar memang lebih banyak dilirik petani ikan untuk dibudidayakan karena kemudahan budidayanya, selain itu nilai jualnya akan tinggi karena sebagian besar pembelinya adalah pecinta ikan hias.

Beberapa jenis ikan hias air tawar yang bernilai tinggi, berikut di bawah ini :

  • Ikan Cupang

Siapa yang tidak kenal jenis ikan ini?? mulai dari penjual ikan hias keliling sampai kios-kios ikan hias menjual jenis ikan hias ini. Ikan cupang merupakan ikan endemik Indonesia dan wilayah Asia tenggara. Ikan cupang dapat hidup di daerah rawa beriklim tropis dengan volume air yang sedikit dan juga oksigen yang minim. Ikan cupang sangat mudah dibudidaya bahkan dapat dilakukan dalam skala rumah tangga. Pemelharaannya yang harus diperhatikan adalah karena sifatnya yang agresif, ikan cupang tidak segan merobek ikan sejenisnya yang terdapat pada dalam tempat sama. Ikan cupang memiliki sirip indah yang berkilauan yang membuat nilai jualnya menjadi tinggi.

  • Ikan Koki

Ikan hias air tawar ini banyak dipelihara dalam akuarium dengan nuansa perairan yang indah. Ikan koki satu keluarga dengan ikan mas yang biasa dijadikan lauk makanan. Ikan hias ini memang berasal dari Cina yang kemudian disebarkan dan terus dibudidayakan sehingga bentuk dan juga warnanya bervariatif. Bagi penggemar ikah hias, ikan koki layak dipelihara karena ikan cantik ini memang sangat menenangkan saat dilihat. Meskipun nilai ekonominya yang tidak terlalu tinggi namun permintaan akan ikan hias air tawar ini selalu pesat.

  • ┬áIkan Arwana

Jenis ikan hias air tawar ini banyak ditemukan diwilayah perairan Kalimantan dan Papua. Pada awalnya untuk mendapatkan ikan arwana ini dengan melakukan penangkapan secara langsung namun, saat ini sudah banyak budidaya ikan arwana ini pada kolam-kolam air tawar. Harga per ekor ikan ini dalam ukuran kecil saja dapat menyentuh harga jutaan namun, tentu saja ikan arwana dengan ciri yang sempurna.

  • Ikan Koi

Jenis ikan ini muncul karena keebrhasilan negara Jepang yang menciptakan spesies ini dari persilangan ikan kerper. Persilangan inilah yang membuat ikan koi berwarna merah dan putih yang indah. Pada tahun-tahun berikutnya telah dikembangkan ikao koi dengan variasi warna yang menarik sehingga popularitasnya semakin menyebar ke seluruh dunia. Pemeliharan ataupu pembiakan ikan koi harus pada kolam yang luas karena ikan jenis ini butuh ruang gerak yang luas. Permukaan warna tubuh ikan koi yang cantik ini sangat mempengaruhi bilai ekonominya.

Jenis ikan hias air tawar tersebut merupakan ikan yang banyak diburu oleh pecinta ikan hias jadi, tidak heran bila harga jualnya bisa semakin meninggi.

Advertisements