Blog
Advertisement

Info Lengkap Kuliah Jurusan IT Yang Harus Diketahui

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Tekno

Advertisement

Setelah lulus sekolah sekolah menengah atas (SMA) biasanya siswa siswi akan memutuskan untuk melanjutkan studi di jenjang kuliah atau universitas. Salah satu jurusan favorit yang ada di Indonesia adalah IT (Information Technology) yang sering dikenal dengan teknologi informasi. Kemajuan IPTEK membuat jurusan ini sangat banyak peminatnya serta dapat dikatakan sebagai jurusan kuliah favorit di Indonesia. Peluang dan peminat ini juga dilirik perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia, kebanyakan dari mereka telah menyediakan program studi komputer yang dapat anda pilih.

Ada beberapa pemahaman yang harus anda pahami mengenai program studi komputer atau anda lebih suka menyebutnya IT atau teknologi informasi.

  • Ilmu komputer sangat luas, setidaknya ada 5 program studi yang ada di ilmu komputer, teknologi informasi (IT) merupakan salah satu bagiannya.
  • Setidak program studi yang ada di ilmu komputer memiliki fokus yang berbeda
  • Prospek pekerjaan setiap program studi dapat berbeda

Program Studi Ilmu Komputer

Berdasarkan tiga asosiasi terbesar ilmu komputer di dunia yang terdiri dari IEEE – CS (The IEEE Computer Society), ACM (The Associantion for Computing Machinery), AIS (The Assiciation Information System). Kategori ilmu komputer setidaknya di bagi menjadi 3 lingkup yaitu:

  1. Computer Science, untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
  2. Computer Enginering, untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer
  3. Informatika System, untuk Sistem Informatika atau Manajemen Informatika.

Program studi ini juga banyak di ikuti oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang memiliki pilihan program studi di fakultas ilmu komputer yang terdiri dari:

  • Teknik Informatika, lebih mengarah ke pembuatan sistem, software atau sistem komputer
  • Teknik Komputer, lebih mengarah ke perpaduan software dan hardware
  • Sistem Informasi, lebih mengarah ke perancangan sistem

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik informatika atau yang lebih sering disebut dengan Jurusan IT merupakan salah satu yang paling populer di program studi ilmu komputer. Jurusan teknik informatika ini mempelajari berbagai keahlian antara lain adalah robotic, computer vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya.

Mengingat pentingnya serta kerasnya materi yang ada, kebanyakan kampus mensyaratkan lulusan SMU (IPA) untuk dapat menempuh program ini. Walaupun beberapa kampus mungkin menerima lulusan SMK dan SMU (IPS) melalui berbagai test. Hal terpenting dari program studi TI ini adalah memiliki algoritma yang cukup encer serta pemahaman konsep dan implementasinya.

Sub Keahlian

Pada semester 4 biasanya setiap kampus akan melakukan pemilahan sub keahlihan yang ada di program studi ini, berikut adalah beberapa keahlian yang ditawarkan yang dapat anda pilih.

  • Networking, fokus pada jaringan komputer (prospek kerja : Network spesialist)
  • Database, Fokus pada pengembangan dan administrasi database (Prospek kerja sebagai DBA – Database Administrator)
  • Software engineering, fokus pada pembuatan dan rekayasa perangkat lunak  (Prospek kerja : programmer)
  • Robotic, fokus pada konsep pengembangan robotik (prospek kerja sebagai ahli robot)

Jurusan Sistem Informasi

Tidak jauh berbeda dengan teknik informatika, sistem informasi juga memiliki beberapa kesamaan dalam hal materi kuliah ataupun prospek lulusan. Hanya saja sistem informasi ini lebih menekankan pada konsep teoritis dibandingkan pada teknis. Sistem informasi juga memiliki sub keahlian basis data, yang mempelajari fungsi database dan konsep perancangan sistem.

Lulusan sistem informasi diharapkan dapat merancang suatu sistem dan menganalisis kebutuhan sistem suatu organisasi agar proses bisnis dapat berjalan lebih efisien.  Mungkin setelah membaca penjelasan ini anda dapat memahami perbedaan teknik informatika dan sistem informasi agar tidak menjadi rancu. Rata rata kebanyakan jurusan di perguruan tinggi menyediakan program studi TI dan SI.

Jurusan Teknik Komputer

Teknik komputer lebih menekankan konsep perancangan dan konstruksi komputer serta berbagai sistem komputer yang bermanfaat. Materi yang ditekankan adalah hardware, software, serta komunikasi dan interaksi antara kedua bagian tersebut.

Prospek lulusan teknik komputer ini diharapkan dapat menciptakan, mendesain serta mengimplementasikan sistem yang terintergrasi antara software dan hardwarenya.

Tips Kuliah di IT

Kuliah di IT atau ilmu komputer pada umumnya adalah cukup menantang dimana ilmu yang terus berkembanga seiring dengan kemajuan teknologi. Pastikan anda telah mendapatkan tips memilih jurusan kuliah yang tepat sebelum memutuskan untuk kuliah di IT. Salah satu faktor penting adalah hobi anda pada bidang komputer yang dapat menjadikan anda sukses menempuh kuliah nantinya. Tugas dosen dalam perkuliahan modern sangat minim, dimana mahasiswa dituntut memiliki andil yang besar dalam proses pembelajaran dan pemahaman yang tinggi.

Jika anda ingin kuliah di bidang komputer maka sebaiknya anda memiliki minat terlebih dahulu terhadap teknologi dan komputer itu sendiri. Jika anda mengalami kesulitan biaya kuliah, anda dapat mencari kiat mendapatkan beasiswa perguruan tinggi karena DIKTI sendiri menyediakan banyak beasiswa untuk siswa berprestasi.

Summary

Article Name
Info Lengkap Kuliah Jurusan IT Yang Harus Diketahui
Description
Info lengkap mengenai kuliah jurusan IT yang harus dipahami oleh calon mahasiswa serta berbagai jurusan pada program studi ilmu komputer.
Author

Advertisements