Blog
Advertisement

Jenis dan Macam Macam Jaringan Komputer

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Tekno

Advertisement

Macam macam jaringan komputer yang dikenal pada dunia networking, jaringan bertugas menghubungkan perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya. Dalam dunia networking jenis berbagai jaringan komputer terus mengalami peningkatan sesuai dengan perkembangan dan penggunaannya.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Secara umum ada beberapa jenis jaringan komputer yang kita kenal, secara umum berbagai jenis jaringan ini memiliki fungsi dan penerapan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer yang ada di dunia networking.

  • LAN, Local Area Network
  • WAN, Wide Area Network
  • MAN, Metropolitan Area Network
  • SAN, bisa di artikan Storage Area Network, System Area Network, atau Server Area Network.
  • WLAN, Wireless Local Area Network
  • CAN, Campus Area Network, Controller Area Network, kadang bisa disebut Cluster Area Network
  • DAN, Desk Area Network
  • PAN, Personal Area Network

WAN dan LAN merupakan jenis jaringan komputer yang pertama, sedangkan jenis yang lain merupakan pengembangan konsep dan teknologi jaringan yang ada.

Penjelasan Macam Macam Jaringan Komputer

Dari berbagai macam tipe jaringan komputer tersebut, selanjutnya kita akan membahas secara detil fungsi dan perannya dalam jaringan.

LAN – Local Area Network

LAN menghubungkan perangkat jaringan pada jarak yang relatif pendek. Contohnya adalah jaringan kantor, sekolah, rumah, dan mungkin bangunan kecil. Selain beroperasi di ruangan yang terbatas, LAN juga dikelola secara mandiri oleh orang atau organisasi yang memanfaatkanya. LAN menggunakan Teknologi seperti Ethernet dan Token Ring, istilah yang paling populer adalah kabel LAN, yang digunakan untuk mengkoneksikan perangkat dalam jaringan tersebut.

WAN – Wide Area Network

WAN menghubungkan perangkat dalam jangkauan yang luas dan jauh, salah satu contohnya adalah Internet. WAN merupakan kumpulan dari LAN, fungsi router memudahkan koneksi LAN ke WAN. Konsep IP baik LAN maupun WAN di atur oleh router ini.

MAN – Metropolitan Area Network

Jaringan yang mencakup wilayah geografis yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti sebuah desa dan kota. MAN biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh suatu organisasi dan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.

SAN -Storage Area Network

Jaringan yang menghubungkan atau mengkoneksikan server dengan perangkat penyimpanan data.

WLAN -Wireless Local Area Network

LAN yang dihubungkan dengan memanfaatkan Wifi atau tanpa kabel, teknologi modem memungkinkan konsep ini.

CAN – Campus Area Network

Sebuah jaringan yang mencakup beberapa LAN tetapi lebih kecil dari MAN, seperti pada universitas atau kampus serta restoran dan bisnis minimarket.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer memang sangat diperlukan dalam perkembangan teknologi, banyak alat alat atau perangkat keras jaringan yang membingungkan seperti hub dan switch dan modem vs router. Namun dengan pemahaman yang benar walaupun fungsi beberapa alat jaringan tersebut sama, namun pola kerjanya bisa saja berbeda. Teknologi di dalamnya serta teknik dalam pengiriman data pasti berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Summary

Article Name
Jenis dan Macam Macam Jaringan Komputer
Description
Jenis dan macam macam jaringan komputer yang ada pada dunia networking dibahas secara detil beserta contoh penerapan dari jaringan tersebut.
Author

Advertisements