Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Jenis dan Macam Macam Switch « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Jenis dan Macam Macam Switch

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Tekno

Advertisement

Switch memiliki beberapa jenis dan tipe, Ada berbagai jenis switch jaringan yang digunakan untuk mengelola jaringan komputer. Variasi ini memungkinkan seseorang untuk memiliki dan menghubungkan beberapa switch dengan karakteristik yang berbeda. Namun perlu di ingat bahwa switch pada umumnya sangat handal untuk efisiensi rute dan mengatasi kemacetan yang terjadi pada saat pengiriman data.

SwitchAda empat jenis switch pada jaringan komputer yang dikenal, yang pertama adalah Unmanaged switch, Managed switch, Smart Switch, dan Managed-Enterprise Switch. Setiap jenis switch ini memiliki karakteristik dan perbedaan serta keunggulan masing masing yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch yang baik.

Jenis Jenis Switch

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai karakteristik 4 jenis switch yang kita kenal pada jaringan komputer. Fungsi switch memang hampir sama antara tipe yang satu dengan yang lainnya. Switch juga sering dihubungkan dengan Hub, namun perbedaan hub dan switch dalam cara kerjanya sangat signifikan. Switch dalam fungsinya ntuk berbagai keperluan dapat disesuaikan dengan fungsi dan karakteristiknya masing masing.

Unmanaged Switch

Jenis switch ini merupakan pilihan yang paling murah diantara tipe switch lainnya yang ada di pasaran. Jenis ini sering digunakan untuk kantor kecil atau mengelola jaringan dalam sebuah rumah. Fungsi utama unmanaged switch adalah untuk mengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer atau antara perangkat lain. Switch ini dapat digunakan langsung tanpa pengaturan yang rumit, switch ini memiliki beberapa kelebihan seperti mudahnya instalasi dan harganya relatif murah.

Kekurangan dari switch ini adalah sulitnya dilakukan troubleshooting jika terjadi kesalahan atau error, hal ini dikarenakan switch tidak bisa di apa apakan. Selain itu jika ada komputer yang menyebabkan pengiriman data bermasalah maka akan sangat sulit mendeteksi komputer tersebut untuk dilakukan perbaikan.

Managed Switch

Jenis switch yang satu ini memiliki user interface atau perangkat lunak, hal ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan konfigurasi atau pengaturan pada switch. Konfigurasi yang ditawarkan ada beberapa metode antara lain adalah melalui konsole dan melalui interface yang lebih canggih melalui internet.

Smart Switch

Smart switch atau switch cerdas merupakan modifikasi switch yang karakteristiknya berada diantara managed dan unmanaged switch. Switch ini memanfaatkan teknologi web base untuk memberikan kenyamanan setiap penggunanya dalam melakukan konfigurasi dan pengaturan. Switch ini juga dilengkapi pengaturan otomatis dan dapat diubah sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan berbagai macam jaringan komputer.

Enterprise-Managed Switch

Sebuah switch untuk jaringan perusahaan dan digunakan dalam skala perusahaan dan pengguna yang relatif besar. Jaringan ini biasanya di monitor dan di konfigurasi oleh ahli jaringan dikarenakan tingkat kompleksitas dalam konsep topologi jaringan yang dibebankan pada switch ini.

Model dari switch memiliki perbedaan dalam mendukung perangkat dan jumlah workstation yang dapat dikelolanya. Namun secara garis besar, Switch umumnya memiliki 4 sampai dengan 8 port untuk perangkat ethernet.

Advertisements