Blog
Advertisement

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Bisnis

Advertisement

Perkembangan bisnis Asuransi di Indonesia saat ini memang sangat pesat, perkembangan ini tentu membuat berbagai perusahaan asuransi nasional dan mancanegara terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Perkembangan ini membuat berbagai jenis asuransi di Indonesia semakin banyak pilihannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Perusahaan asuransi juga terus berusaha mengembangkan bisnisnya dengan membuat produk yang disukai dan dapat memenuhi kebutuhan konsumennya di Indonesia.

Jenis Asuransi Tradisional

Jenis asuransi tradisional yang ada di Indonesia secara umum dapat kita bagi menjadi 3 jenis yaitu asuransi term life (berjangka), whole life (seumur hidup), dan asuransi endowment (dwiguna).

  • Asuransi Term Life

Asuransi term life merupakan jenis asuransi yang memiliki jangka waktu tertentu apabila sudah habis jangka waktunya dan tidak terjadi resiko yang di tanggung maka tertanggung tidak akan mendapatkan kembali premi yang telah di bayarkan. Jangka waktu asuransi term life ini bisa hanya ‘sekejap’ atau bahkan puluhan tahun. Contoh adalah asuransi perjalanan pesawat terbang, asuransi sepeda motor, asuransi rumah.

  • Asuransi Whole Life

Asuransi whole life merupakan salah satu jenis asuransi yang memiliki sisi sebagai tabungan, dan masanya juga lebih lama di bandingkan dengan jenis lainnya. Selain resiko asuransi whole life juga akan membayarkan uang premi yang telah di berikan jika masa pertanggungan telah habis.

  • Asuransi Endowment

Asuansi endowment atau dwi guna merupakan jenis asuransi berjangka yang memiliki keuntungan ganda, sebelum produk unit link di luncurkan produk ini sangat populer. Asuransi ini sejenis dengan tabungan, yang artinya dapat diambil kapan saja tentu dengan pemotongan atau investasi yang sesuai dengan jumlah tahun pembayaran premi. Contoh asuransi ini adalah asuransi pendidikan, dan asuransi dana pensiun.

Jenis Asuransi Modern

Asuransi modern saat ini di dominiasi oleh jenis asuransi Unit link, dimana tertanggung memiliki benefit sesuai dengan yang mereka inginkan serta investasi yang tidak kalah besarnya. Asuransi jenis ini dinamakan asuransi modern dan sangat populer saat ini, kebanyakan dapat berbentuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Komposisi investasi pada produk asuransi ini biasanya telah di atur dan di alihkan di produk investasi reksadana sehingga seiring berjalannya waktu nilai investasi produk asuransi ini juga naik signifikan.

Produk asuransi unit link ini di tawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi di Indonesia, namun pastikan anda memahami karakteristik investasi dan nilai manfaat yang anda dapatkan. Banyak dari agen yang salah menjelaskan ke kliennya, banyak produk asuransi unit link di persepsikan hanya membayar premi hanya 10 tahun saja, setelah itu tidak membayar lagi. Namun pada kenyataannya hal ini benar jika nilai keuntungan yang diperoleh dari investasi yang telah di bayar dapat menutupi preminya.

Jenis Asuransi Berdasarkan Objek Pertanggungan

Jenis-jenis asuransi berdasarkan objek pertanggungannya mungkin akan lebih memudahkan kita memahami berbagai asuransi yang di tawarkan di Indonesia.

  1. Asuransi kendaraan bermotor. Biasanya asuransi ini banyak di gunakan untuk berbagai merek mobil mewah atau kendaraan bermotor baru.
  2. Asuransi Jiwa. Asuransi yang objeknya adalah jiwa tertanggungnya.
  3. Asuransi Kesehatan. Asuransi yang mengcover kesehatan dan berbagai jenis penyakit yang di alami oleh tertanggung.
  4. Asuransi Pendidikan. Asuransi untuk pendidikan, biasanya untuk anak.
  5. Asuransi jasa ekspedisi. Biasanya asuransi untuk pengiriman suatu barang, misal pengiriman antar benua.
  6. Asuransi penerbangan. Asuransi untuk penerbangan pesawat.
  7. Asuransi perjalanan. Asuransi untuk perjalanan umum
  8. Asuransi bangunan, asuransi untuk mengcover bangunan jika terjadi bencana atau kebakaran. Termasuk di dalamnya adalah rumah, ruko, gedung, dan bangunan lainnya.

Jenis asuransi ini harus di pilih secara bijak, pastikan anda memahami cara mengatur keuangan agar anda tidak terbebani oleh premi asuransi yang harus di bayarkan. Asuransi saat ini lebih dikembangkan menjadi investasi, ada banyak investasi selain asuransi seperti investasi emas, deposito berjangka, dan tabungan lainnya.

Summary

Article Name
Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia
Description
Jenis-jenis asuransi di Indonesia yang bersifat tradisional, modern, serta jenis asuransi yang dibagi berdasarkan objek Pertanggungan.
Author

Advertisements