Blog
Advertisement

Jenis Jenis Tanaman Aquascape dan Perawatannya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Tanaman aquascape jelas berbeda dengan tanaman transgenik ataupun tanaman hidroponik karena tanaman ini dikhususkan hidup di air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung yang didekorasi sedekimian rupa dalam akuarium agar memberikan efek nyata kehidupan “bawah air”. Untuk menciptakan tanaman yang dapat hidup di air tentu diperlukan perawatan yang cermat dan teliti karena di dalam akuarium selain tanaman dan batu juga terdapat ikan hias air tawar yang hidup disana.

Tanaman Aquascape

Pada umumnya tanaman yang ditaruh untuk hiasan di akuarium adalah tanaman-tanaman yang termasuk dalam rooted plant (tanaman berakar) dan tanaman bercabang (bunch plant). Ada berbagai macam tanaman aquascape baik itu berasal dari dalam negeri ataupun luar, berikut diantaranya :

Amazon Sword Plant (Echinodorus paniculatus)

Salah satu tanaman aquascape ini berasal dari Amazon dan merupakan salah satu tanaman yang paling terkenal dari genus Echinodorus. Ciri-ciri tanaman Amazon sebagai berikut :

  1. Tingginya sekitar 30-40 cm
  2. Daunnya berbentuk lanset
  3. Terdapat 2 jenis macam yaitu berdaun lebar dan sempit

Tanaman Amazon harus diberikan cahaya lampu 8-10 jam per hari karena apabila tanaman ini kekurangan cahaya warna daunnya akan berubah.

Spatterdock

Spatterdock adalah tanaman yang dulunya banyak tersebar di wilayah Jepang namun kini sudah sangat mudah ditemukan di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Ketinggiannya bisa mencapai 20 cm dan mempunyai daun yang cantuk serta berwarna hijau.

Vallisneria

Banyak sekali penggemar ikan yang menggunakan Vallisneria untuk membuat tanaman aquascape di akuariumnya. Tanaman ini aslinya berasal dari Eropa Selatan dan Afrika Utara namun kini sudah tersebar di daerah-daerah tropis. Karakteristik Vallisneria yaitu :

  1. Daunnya seperti tanaman padi
  2. Panjang daunnya bervariasi dari 30 cm hingga 1 m
  3. Lebar kurang lebih berkisar di 1.27-2.54 cm
  4. Dapat diperbanyak dengan runner atau tunas yang muncul dari ujung akar

Cabomba

Tanaman ini banyak dipilih oleh penggemar tanaman aquascape karena Cabomba merupakan tanaman yang sangat cepat pertumbuhannya di air dan cara memperbanyaknya pun sangat mudah yaitu dengan memotong batang muda menjadi beberapa ruas.

Elodea Densa

Elodea Densa secara sekilas sangat mirip dengan Cabomba karena cara memperbanyaknya pun sama namun apabila diperhatikan secara lebih jeli daun Cabomba dan Elodea Densa berbeda. Daun Elodea Densa berbentuk lanset dan pendek serta tumbuh di sekeliling ruas yang rapat.

Perawatan Tanaman Aquascape

Untuk menjaga keindahan tanaman aquascape yang sudah didekor sedemikian rupa di dalam akuarium sudah tentu diperlukan beberapa perawatan agar fungsi tanaman tersebut untuk memberikan kesan alam bawah air akan maksimal.

Berikut perawatan yang harus kalian lakukan :

  • Membersihkan kaca akuarium dan mengganti air – Karena tanaman aquascape memerlukan pencahayaan yang cukup tinggi tentu akuarium sepanjang hari akan disinari oleh cahaya lampu dan akuarium yang secara terus menerus disinari akan memicu pertumnbuhan lumut di kacanya. Oleh karena pemilik harus secara rutin membersihkan kaca akuarium dan mengganti airnya, membersihkan kaca akuarium anda dapat lakukan dengan alat magnet pembersih, busa resin, atau dacron.
  • Mengecek Sistem Filter – Filter akuarium harus dicek secara rutin karena filter ini lah yang berfungsi untuk menjaga kualitas air dalam akuarium. Jika di dalam filter banyak kotoran tentu akan menyebabkan aliran air akan terhambat sehingga pergerakan air dalam akuarium akan berkurang.
  • Perawatan tanaman air – Tanaman air atau aquascape yang sudah ditanam tentu harus dirawat secara berkala seperti pemangkasan, pembersihan tanaman dari daun-daun yang telah mati, dll. Hal ini agar tanaman tetap terlihat cantik dan indah serta kondisi akuarium pun tetap konsisten seperti alam “bawah air”.
Summary

Article Name
Jenis Jenis Tanaman Aquascape dan Perawatannya
Description
Jenis-jenis tanaman aquascape yang dipakai untuk menghias akuarium serta cara perawatannya agar akuarium tetap terlihat indah dan cantik.
Author

Advertisements