Blog
Advertisement

Jenis Makanan Laut dan Kandungan Gizinya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Jenis makanan laut dapat dengan mudah kita jumpai di negara dengan kondisi perairan luas dengan hasil laut yang melimpah contohnya Indonesia. Sebagian wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan, jadi tidak heran kalau Indonesia merupakan surga bagi biota laut untuk hidup. Begitu juga bagi penduduknya yang akan mendapatkan suplai makanan laut ini dengan mudah. Pada artikel ini akan kami akan mengulas bahas tentang beragam makanan laut yang banyak ditemui ini selengkapnya.

Jenis Makanan Laut

Jenis makanan laut yang mungkin paling terkenal adalah ikan, cumi, kepiting dan udang, namun diluar hal tersebut masih banyak kategori makanan laut yang ada di lautan luas. Biota laut tidak hanya mencakup ikan-ikanan saja namun, ada beberapa klasifikasi mengenai aneka macam jenis makanan laut ini. Beberapa klasifikasi tersebut diantaranya adalah :

  • Ikan – Jenis makanan laut ini merupakan jumlah populasi terbesar dilautan. Spesiesnya diperairan dunia ini mencapai 27000 species. Jenis ikan sendiri dapat ditemukan dengan berbagai ukuran. Ikan merupaka hewan vertebrata dengan bentuk tulang yang beraneka ragam yaitu tulang keras, tulang rawan ataupun tulang lunak. Ikan juga merupakan makanan laut bagi ibu hamil yang sangat tinggi protein. Jenis makanan kaleng dari ikan biasanya mengambil manfaat daging ikan sarden, tuna atau pun mackarel.
  • Moluska – Merupakan jenis hewan bertubuh lunak dengan ataupun tanpa cangkang. Cumi-cumi, kerang – kerangan dan siput termasuk dalam kelas ini. Sebagian besar jenis moluska memang hidup di air laut, tawar ataupun air payau.
  • Crustacea – Kelompok udang-udangan seperti berbagai macam udang lonster, kepiting rajungan dan kepiting. Sebagian besar jenis makanan laut ini memiliki kulit yang keras.
  • Echinodermata – Jenis hewan berduri ini seperti bintang laut, teripang dan bulu babi. Jenis makanan laut yang berduri ini terkadang menyimpan racun pada duri-durinya jadi diharapkan untuk berhati-hati jika ingin mengolahnya.

Kandungan Gizi Makanan Laut

Makanan laut merupakan hasil laut yang berupa penangkapan lepas ataupun hasil dari pembudidayaan hewan laut untuk kebutuhan konsumsi. Jenis makanan laut ini memang dikenal memiliki citarasa yang lezat dengan rasa gurh alami dari dagingnya sendiri. Jika berkunjung ke tempat-tempat wisata laut ini, akan mudah sekali ditemukan masakan-masakan khas yang memanfaatkan jenis makanan laut yang tersedia ditempat tersebut seperti pada jenis ikan air tawar di Indonesia.

Makanan laut merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh untuk mencukupi kebutuhan gizi per hari. Seperti daging ayam ataupun daging sapi, makanan laut atau yang lebih dikenal dengan nama seafood memiliki kandungan nutrisi yang dapat menunjang aktivitas keseharian tubuh. Omega 3 asam lemak, iodine, besi dan choline, dapat ditemukan pada ikan, seperti salmon, udang, pollock, minyak ikan, tuna kaleng.

Jenis nutrisi tersebut sangat baik jika dikonsumsi anak saat masa pertumbuhan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Selain itu sangat baik pertumbuhan otak janin bagi ibu hamil. Mengkonsumsi jenis makanan laut ini jika dikonsumsi secara seimbang dengan berbagai jenis makanan sehat lain seperti buah-buahan akan memberikan manfaat pola hidup sehat bagi tubuh.

Pembudidayaan makanan laut ini memang belum seluas pembibitan buah seperti budidaya tanaman jeruk namun, seiring berjalannya waktu pembenahan akan sektor hasil laut ini terus menerus dilakukan. Manfaat laut bagi kehidupan memang tiada taranya, dapat dikatakan sebagai penopang kehidupan dunia, untuk itu tidak ada salahnya kita bersama menjaga kelestarian laut termasuk berbagai makhluk hidup di dalamnya.

Summary

Article Name
Jenis Makanan Laut dan Kandungan Gizinya
Description
Jenis makanan laut dan kandungan gizinya yang ada di Indonesia dan dunia sangat banyak sekali mungkin masih banyak yang belum kita kenal.
Author

Advertisements