Blog
Advertisement

Jerawat Di Punggung Dan Dada

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, mungkin anda masih heran dengan munculnya jerawat di punggung dan dada, cara mengatasinya sangat mudah. Jerawat identik sebagai peradangan yang menimbulkan benjolan-benjolan pada wajah namun bagian tubuh lain juga bisa dihinggapi seperti jerawat di punggung dan dada. Jerawat merupakan penyakit yang hinggap pada kulit yang sangat mengganggu aktivitas dan juga penampilan.

Kulit yang lembab dengan kadar minyak berlebih merupakan ladang subur sebagai tempat jerawat tumbuh. Jerawat identik sebagai peradangan yang menimbulkan benjolan-benjolan pada wajah namun bagian tubuh lain juga dapat dihinggapi jerawat seperti jerawat di punggung dan dada ini. Bagaimana bagian tubuh ini bisa ditumbuhi jerawat?? Selengkapnya kita bahas pada artikel ini.

Penyebab Timbulnya Jerawat Di Punggung Dan Dada

Pada dasarnya jerawat timbul karena menyumbat pori-pori kulit yang seharusnya dapat dengan lancar membuang minyak berlebih tubuh seperti juga jerawat pada wajah. Jika jerawat terjadi pada punggung ataupun dada ini berarti pada bagian tersebut hasil respirasinya (keringat) terganggu jalannya karena lewat keringatlah minyak dalam tubuh itu keluar. Keringat merupakan sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari kulit jika tidak dikeluatkan maka bahaya timbulnya jerawat bisa terjadi.

Beberapa hal yang memicu timbulnya jerawat di punggung dan dada berikut ini :

  1. Keringat berlebih saat melakukan aktivitas berat – Pada saat berolahraga keringat lebih banyak keluar dibandingkan saat tidak berolahraga. Saat berkeringat dan kotor ini bakteri dapat menyumbat pori-pori yang menimbulkan jerawat.
  2. Pakaian terlalu ketat – Kulit butuh bernafas lewat pori-pori kulit namun baju yang ketat akan menyesakkan sehingga udara tidak bisa bersirkulasi yang akhirnya membuat keringat tidak bisa keluar dari kulit.
  3. Menggunakan pakaian basah – Pada cuaca panas keringat akan lebih banyak keluar yang mambahasi punggung dan dada. Kulit yang terus ditutupi pakaian lembab malah menyebabkan bakteri yang menimbulkan jerawat di punggung dan dada berkumpul.

Mengatasi Jerawat Di Punggung Dan Dada

Permasalahan kulit seperti ini sebenarnya bisa dihindari dengan menerapkan pola hidup bersih pada aktivitas sehari-sehari. Kotoran yang menyumbatkan pori-pori kulit itu seharusnya dapat dihilangkan dengan teratur mandi bersih. Selain itu menggunakan baju yang pos dan disesuaikan dengan cuaca pada tempat beraktivitas menjadi prioritas utama.

Seperti cara menghilangkan komedo pada wajah, jerawat di punggung dan dada ini juga dapat diatasi namun, memang agak sulit menyembuhkannya karena tekstur kulit pada bagian punggung atau dada lebih keras dari pada kulit wajah. Penanganannya berbeda dengan cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Berikut ini beberapa langkah pengobaannya :

  • Aspirin – Jenis obat ini dikenal untuk pengobatan saat demam ataupun flu namun ternyata dapat melakukan pencegahan terhadap penyumbatan pori-pori dan mencegah inflamasi.
  • Scrubbing – scrubb merupakan butiran-butiran halus yang bisa didapatkan pada sabun mandi dengan kandungan scrub. Butiran scrub akan mengikis sel-sel kulit mati pada jerawat tanpa iritasi. Gunakan scrub seminggu sekali lalu oleskan lotion untuk melembabkan kulit.
  • Asam Salisilat – campurkan asam salisilat pada air mandi namun cukup 1,25 % karena kandungan yang berlebihan malah akan memicu kelenihan minyak.
  • Benzoil Peroksida – Kamdungan ini sangat mampu menghilangkan jerawat pada kulit. Kandungan ini biasanya dikemas pada salep yang dioleskan pada bagian yang berjerawat jerawat tersebut.

Tidak perlu khawatir bila jerawat pada punggung dan dada ini menyerang cukup dengan mengobatinya dan lakukan hidup bersih.

Advertisements