Blog
Advertisement

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Penyebab munculnya jerawat pada wajah memang sangat banyak, sebut saja kotoran dan debu yang ada setiap hari dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Jerawat pada wajah memang menjadi salah satu keluhan dan sedikit menjadi masalah terhadap kecantikan. Berbagai permasalahan kulit banyak dialami oleh orang-orang dari berbagai kalangan usia terutama kulit bagian wajah. Wajah merupakan aset yang berharga untuk selalu dijaga kesehatannya oleh banyak orang.

Tidak heran kalau permasalahan kulit wajah ini banyak yang menyediakan solusi untuk menyembuhkannya. Apalagi kaum hawa biasanya sangat mendambakan kecantikan sempurna pada wajah namun, tidak akan didapatkan jika ada noda jerawat pada wajah. Tentunya cara menghilangkan bekas jerawat tersebut sangat dibutuhkan untuk mendapatkan wajah cantik berseri.

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Jerawat memang gangguan kulit wajah yang ditakutkan jika timbul karena selain peradangannya yang menimbulkan rasa sakit, bekas yang ditinggalkan biasanya sulit hilang dan bisa menjadi flek hitam di wajah. Tapi apakah jerawat pada wajah tersebut tersebut? mengapa bisa terjadi? Pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas ini mulai ditumbuhi jerawat pada daerah sekitar wajah namun hal tersebut wajar karena masih dipengaruhi oleh faktor hormonal yang belum stabil.

Pada usia yang beranjak dewasa sekitar 25 tahun, faktor timbulnya jerawat ini akan semakin berkurang. Pada sebagian orang kandungan minyak pada wajah bisa saja berlebih yang kemudian menyebabkan jerawat ini. Minyak pada wajah akan menempelkan kotoran yang berterbangan saat beraktivitas diluar ruangan.

Kotoran yang menempel pada wajah yang jarang dibersihkan itulah yang membuat pori-pori menjadi tersembunyi yang kemudian menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga menimbulkan iritasi pada kulit wajah yang akhirnya menyebabkan benjolan-benjolan peradangan jerawat. Maka dari itu faktor kebersihan merupakan hal utama yang akan menghindari dari masalah jerawat ini.

Jenis Jerawat Pada Wajah Yang Umum

Banyak yang mengira peradangan pada kulit wajah yang biasa disebut jerwat ini sama pada setiap orang namun jerawat memiliki beberapa jenis yang terbagi dari jenis peradangan yang dimunculkunnya. Jenis-jenis jerawat pada wajah penting diketahui untuk menemukan cara yang efektif untuk menyembuhkannya. Beberapa diantaranya adalah :

Komedo

Bintik-bintik hitam atau putih yang ditemukan didaerah sekitar hidun ini termasuk jenis jerawat yang dikenal dengan komedo. Komedo muncul karena kotoran menyumbat pori-pori kulit sehingga minyak ataupun sel kulit mati tidak bisa keluar. Baik komedo hitam ataupun putih ini telah kami bahas cara menghilangkan komedo pada wajah yang dapat dilakukan sendiri pada artikel kami sebelumnya.

Papula

Jenis jerawat ini sering muncul pada daerah dahi dan pipi. Permukaan jerawat bertekstur lunak dengan warna kemerahan yang tumpul. Jangan memencet jerawat ini karena hanya akan meninggalkan noda bekas jerawat.

Postule

Keadaan jerawat yang kecil namun meradang dan didalamnya bernanah putih kekuningan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang salah seperti kosmetik untuk pemutih kulit wajah, maka dari itu memutihkan wajah secara alami lebih dianjurkan ketimbang dengan bahan kimia.

Jerawat Batu

Jerawat ini berukuran lebih besar ketimbang  jerawat jenis postule dengan tingkat peradangan yang melebihinya pula. Peradangan jerawat batu ini menimbulkan rasa nyeri yang lumayan hebat. Tidak boleh memencet jerawat ini karena akan menimbulkan bekas bopeng (cekungan) yang sulit dihilangkan. Konsultasikan dengan dokter kulit anda untuk mengatasi rasa nyeri dan bengkak yang ditimbulkannya.

Mengetahui jenis jerawat pada wajah ini akan memberikan kesadaran pada diri sendiri untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit wajah ataupun badan sekalipun.

Summary

Article Name
Jerawat Pada Wajah
Description
Penyebab munculnya jerawat pada wajah memang sangat banyak, sebut saja kotoran dan debu yang ada setiap hari dapat menimbulkan jerawat.
Author

Advertisements