Blog
Advertisement

Kandungan Gizi Madu Asli

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Kandungan gizi madu yang akan kita bahas adalah yang ada di madu asli, bukan madu buatan yang banyak ditemukan di pasaran. Madu merupakan sumber makanan alami yang terbentuk dari proses alam. Madu telah dipercaya sejak dahulu sebagai makanan sehat yang berguna untuk menjaga kesahatan tubuh. Madu sebenarnya merupakan cairan bernama nektar yang terdapat pada bunga yang kemudian dihisap lebah.

Disarangnya, lebah madu dikumpulkan dari nektar yang dihisap dari bunga kemudian nektar ini diproses oleh pekerja dalam sarangnya. Warna, rasa atau pun aroma madu ini dapat ini bisa berbeda tergantung dengan jenis nektar bunga yang dihisap lebah. Berbagai macam madu ini mengandung kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Tidak heran madu merupakan menu puasa sehat yang dapat diandalkan.

Kandungan Gizi Madu Asli dan Bahaya Madu Tiruan

Sebagai makanan alami, madu banyak digunakan sebagai pemanis makanan hingga alternatif pengobatan untuk berbagai keluhan penyakit. Kandungan gizi madu telah banyak diteliti untuk membuktikan bagaimana khasiat madu yang sebenarnya. Khasiat madu yang telah dikenal secara luas membuat permintaan konsumen akan madu mengalami peningkatan dari hari ke hari. Hal semacam ini sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk menjual madu tiruan.

Secara kasat mata, madu tiruan sulit dibedakan dengan yang asli namun cara awam turun-temurun dapat digunakan untuk membuktikannya yaitu madu asli yang dituang dari botolnya tidak mengundang datangnya semut karena jenis kandungan gizi madu pada gulanya berbeda dengan kandungan gula yang mendatangkan semut.

Selain itu madu dapat menyala jika terbakar korek apa. Belum ada cara untuk membuktikan keaslian madu namun cara tradisional ini kerap kali digunakan untuk membuktikan keaslian madu. Berbeda dengan kandungan gizi pada buah apel yang banyak mengandung vitamin, namun pada madu lebih banyak kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan Gizi Madu

Sekitar 80 % madu terdiri dari karbohidrat yaitu fruktosa, glukosa, maltase dan fruktosa. Kandungan gizi pada madu inilah yang menjadikannya baik sebagai sumber karbohidrat. Rasa manis madu menjadi keunggulan khasiatnya karena kandungan gula pada madu terbukti tidak berbahaya seperti kandungan gula pada jenis karbohidrat lain.

Madu dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes namun tentu saja tetap dalam pengawasan tenaga medis. Pada berbagai jenis madu tersimpan kandungan nutrisi rata-rata seperti berikut ini :

  • 17 % air
  • fruktosa 38 %
  • glukosa 31 %
  • 12 % maltase, sukrosa
  • sisanya asam organik dan berbagai zat penting lainnya

Kandungan gizi pada madu memang hampir sama dengan kandungan gizi buah naga serta manfaatnya pun juga hampir mirip dengan manfaat buah naga. Berikut adalah penjelasan zat lainnya yang memperkaya kandungan gizi madu terdapat pada kandungan asam organiknya yang terdiri dari :

  • asam glikolat
  • asam laktat
  • asam sitrat
  • asam asetat
  • laktobasilin
  • asam tartarat
  • asam oksalat

Kombinasi berbagai asam organik pada madu ini mampu menjaga metabolisme dari tubuh sehingga membuat tubuh terjaga dari gangguan berbagai penyakit. Asam laktat dan laktobasilinnya berkhasiat untuk malawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tidak disangka madu juga berperan melawan dan mencegah penyakit paling berbahaya di dunia yaitu kanker. Kemudian asam aminonya pada khasiat madu membantu pemulihan pasca sakit dan juga berperan untuk mengoptimalkan kecerdasan fungsi otak.

Kandungan Gizi Madu Untuk Ibu Hamil

Madu juga ternyata adalah makanan ibu hamil yang dapat diberikan, tentu dengan pengawasan tenaga medis atau orang yang berpengalaman. Kandungan gizi madu ini sangat lengkap dan menyeluruh untuk menyehatkan organ-organ penting tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya menggunakan madu sebagai pengganti multivitamin dalam kemasan dengan sesendok madu setiap hari. Madu mampu memberikan khasiat alami multivitamin namun tanpa efek samping.

Summary

Article Name
Kandungan Gizi Madu Asli
Description
Kandungan gizi madu asli terdiri dari mineral, vitamin, dan asam yang dibutuhkan oleh tubuh serta kandungan zat lain untuk kesehatan kita.
Author

Advertisements