Blog
Advertisement

Kandungan Gizi Tahu Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Mungkin seluruh rakyat Indonesia sangat mengenal salah satu makanan ini, Tahu merupakan makanan yang paling populer di Indonesia seperti halnya tempe. Tahu yang dikenal juga dengan istilah tofu memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Kandungan gizi tahu sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh dan kesehatan badan manusia. Kandungan gizi yang paling kita kenal antara lain adalah kandungan protein yang sangat tinggi.

Makanan sehat yang terbaik untuk tubuh salah satunya adalah tahu, tidak heran bahwa makanan ini banyak dihidangkan di meja makan keluarga Indonesia. Tofu atau tahu merupakan makanan sehat yang rendah kolesterol dan memiliki kandungan gizi seperti kalori dan protein yang tinggi.

Kandungan Gizi Tahu

Kandungan gizi tahu yang paling terkenal adalah tingginya nilai protein karena bahan utama pembuatan tahu ini adalah kedelai.Tingginya protein ini sangat bermanfaat untuk program diet sehat yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh manusia. Tidak sedikit masyarakat yang menerapkan diet tahu ini untuk menjaga kesehatan jantung dan bebas dari kolesterol jahat yang dapat menyebabkan gejala penyakit jantung. Berikut adalah ulasan zat dan mineral serta kandungan gizi tahu yang terdapat pada makanan sehat ini.

Kandungan gizi tahu per 4 Ons

  1. Kalori – 95
  2. Protein -10 gram
  3. Karbohidrat – 3 gram
  4. Lemak – 5 gram. Untuk tahu rendah lemak hanya mengandung 1,5 gram.
  5. Lemak jenuh – 0,1 gram
  6. Kolesterol – 0
  7. Kalsium – 230 mg
  8. Besi – 4 mg
  9. Magnesium – 40 mg
  10. Fosfor – 140 mg
  11. Kalium – 160 mg
  12. Sodium – 7 mg
  13. Fiber – 0,5 gram

Kandungan gizi pada tahu saat ini memang sangat penting untuk kesehatan manusia dan cocok untuk para vegetarian yang membutuhkan tambahan gizi.

Kandungan gizi tahu untuk ibu hamil

Selain sehat untuk diet, tahu juga merupakan makanan sehat ibu hamil yang penting untuk menunjang nutrisi dan perkembangan janin. Protein dalam tahu sangat cocok untuk membantu perkembangan janin dalam tubuh dan kalsium serta magnesium untuk perkembangan tulangnya. Kandungan gizi tahu lainnya yang penting adalah karbohidrat, fungsi karbohidrat yang penting untuk tubuh dan nutrisi ibu hamil . Tahu adalah salah satu makanan rendah lemak yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun harus di waspadai agar tidak terjebak pada tahu formalin yang berbahaya.

Untuk mendapatkan kandungan gizi tahu yang optimal pastikan tahu yang anda beli bebas formalin, berikut ciri ciri tahu formalin:

  • Tahu asli jika dibiarkan dalam ruangan terbuka akan lendir jika dibiarkan berjam jam.
  • Tahu akan basi dalam kurun waktu tidak mencapai 24 jam jika tidak dimasukkan dilemari es.
  • Tahu sedikit keras
  • Jika dipencet tahu tidak mudah rusak.

Hati hati memilih tahu, karena saat ini banyak sekali produsen yang nakal dengan mencampurkannya dengan formalin. Bisa jadi tahu yang kita makan adalah makanan berbahaya bagi kesehatan karena tidak alami lagi.

Baca Juga : Kandungan Gizi Tempe

Summary

Article Name
Kandungan Gizi Tahu
Description
Kandungan gizi tahu atau tofu yang baik untuk kesehatan dan tahu untuk ibu hamil yang sangat bermanfaat yang tinggi kandungan protein.
Author

Advertisements