Blog
Advertisement

Kandungan Gizi Tempe Untuk Kesehatan

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Tempe adalah makanan yang paling populer di Indonesia, hampir dinikmati seluruh kalangan di pelosok indonesia, baik kalangan bawah, menengah, dan kalangan atas. Kandungan gizi tempe juga sangat banyak dan penting untuk kebutuhan dan kesehatan tubuh manusia. Kandungan protein yang sangat tinggi serta rendah lemak membuat tempe dapat di nikmati seluruh kalangan baik ibu hamil ataupun penderita penyakit berbahaya seperti diabetes. Tempe termasuk makanan sehat yang juga sangat digemari oleh kalangan vegetarian.

Kandungan gizi tempe yang paling tinggi dan terkenal di dunia kesehatan adalah tingginya kandungan protein dan rendah lemak. Fungsi protein yang sangat penting untuk tubuh manusia dan sangat mendukung program diet sehat membuat tempe banyak digemari semua orang.

Kandungan Gizi Tempe

Kandungan gizi tempe untuk kesehatan tubuh manusia memang tergolong besar, dimana makanan khas Indonesia ini bermanfaat untuk mineral dan zat lain yang dibutuhkan manusia. Seperti halnya manfaat putih telur yang kaya protein, tempe juga memiliki kandungan gizi protein yang tinggi.

Protein

Kandungan gizi tahu dan tempe sudah menjadi rahasia umum tinggi akan nilai gizi protein. Dalam tempe setidaknya terdapat 18 jenis protein yang dibutuhkan tubuh manusia. Bahkan tempe dapat dikatakan sebagai makanan paling kaya akan protein selain putih telur dan tahu.

Mineral

Tempe juga banyak terdapat mineral penting yang dibutuhkan tubuh, mineral yang terdapat dalam tempe antara lain adalah zat besi, tembaga, dan zink. Berikut adalah daftar mineral yang dibutuhkan tubuh manusia yang terdapat pada 100 gram tempe.

  • Zat besi, 9.39 mg
  • Zink, 8.05 mg
  • Tembaga, 2.87 mg

Kandungan mineral lain yang terdapat dari hasil penguraian  asam fitat oleh enzim pencernaan antara lain adalah kalsium dan magnesium.

Vitamin

Kelebihan vitamin yang terkandung dalam tempe adalah jenis vitamin yang larut oleh air dan larut oleh lemak dalam tubuh manusia. Vitamin dalam tempe yang paling banyak adalah vitamin B yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, serta Vitamin B12.

Lemak

Fungsi lemak pada tubuh manusia cukup penting sebagai sumber energi, tempe memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak dalam 100 gram tempe sekitar 8.8 gram, dan cukup membantu kebutuhan lemak tak jenuh dalam tubuh.

Kandungan Gizi Tempe Yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan gizi tempe yang baik untuk tubuh dan kesehatan manusia adalah protein dan vitaminnya. Protein yang sangat tinggi dan kandungan vitamin B yang besar membuat makanan ini cocok di konsumsi oleh berbagai kalangan termasuk ibu hamil. Selain itu tempe juga terkadang digunakan sebagai zat antibiotik dan antioksidan dalam tubuh.

Namun saat ini banyak produsen tempe yang mengolah tempenya tidak memenuhi standar kualitas. Hal ini antara lain tempat yang kotor dan pemberian zat kimia berbahaya seperti borak dan formalin serta zat pewarna yang berbahaya. Untuk memilih tempe yang baik perhatikan warnanya. Jika terlalu kuning, sudah dipastikan tempe tersebut memiliki zat pewarna yang tinggi. Tempa yang alami akan memiliki aroma yang natural dari kacang kedelai.

Summary

Article Name
Kandungan Gizi Tempe Untuk Kesehatan
Description
Kandungan gizi tempe untuk kesehatan tubuh manusia yang kaya akan protein dan vitamin serta perannya dalam kesehatan dan metabolisme tubuh.
Author

Advertisements