Blog
Advertisement

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Kandungan gizi wortel sangat kaya akan vitamin dan mineral, masyarakat tentu sudah mengenal manfaat dari wortel yang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Berikut adalah tabel dari kandungan gizi wortel per 100 Gram.

Kandungan Kalori
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Kalori 41.0(172 kJ) 2%
— Dari Karbohidrat 36.4(152 kJ)
— Dari Lemak 2.0(8.4 kJ)
— Dari Protein 2.6(10.9 kJ)
— Dari Alkohol 0.0(0.0 kJ)
Kandungan Lemak & Asam Lemak
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Total Lemak 0.2g 0%
–Lemak Jenuh 0.0g 0%
–Lemak tak jenuh tunggal 0.0g
–Lemak tak jenuh ganda 0.1g
Total Asam Lemak 0.0g
–Jumlah asam lemak trans-monoenoic ~
–Jumlah asam lemak trans-polyenoic ~
–Total asam lemak omega 3 2.0mg
–Total asam lemak omega 6 115mg


Kandungan Karbohidrat
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Karbohidrat Total 9.6g 3%
Fibet Diet 2.8g 11%
Pati 1.4 g
Gula 4.7g
Kandungan Sterol
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Kolesterol 0.0mg 0%
Pitosterol ~

Kandungan Vitamin
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Vitamin A 16705 IU 334%
Vitamin C 5.9mg 10%
Vitamin D ~ ~
Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0.7mg 3%
Vitamin K 13.2mcg 16%
Thiamin 0.1mg 4%
Riboflavin 0.1mg 3%
Niacin 1.0mg 5%
Vitamin B6 0.1mg 7%
Folat 19.0mcg 5%
Vitamin B12 0.0mcg 0%
Asam pantotenat 0.3mg 3%
Kolin 8.8mg
Betaine 0.4mg
Kandungan Mineral
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Kalsium 33.0mg 3%
Besi 0.3mg 2%
Magnesium 12.0mg 3%
Fosfor 35.0mg 4%
Kalium 320mg 9%
Sodium 69.0mg 3%
Zinc 0.2mg 2%
Tembaga 0.0mg 2%
Mangan 0.1mg 7%
Selenium 0.1mcg 0%
Fluoride 3.2mcg

Kandungan Protein & Asam Amino
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Protein 0.9g 2%
Lain Lain
Gizi Jumlah/100 gram % DV
Alkohol 0.0g
Air 88.3g
Ash 1.0g
Kafein 0.0mg
Theobromine 0.0mg

Setelah mengetahui kandungan gizi wortel diatas tentu ada baiknya mengetahui apa sebenarnya manfaat yang terkandung dalam wortel tersebut untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Vitamin A Pada Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber yang memiliki vitamin A sangat besar, khususnya dalam bentuk beta-karoten, yang memberikan warna oranye pada wortel. Vitamin A seperti yang kita ketahui dapat melindungi selaput mata yang menyerap cahaya. Selain itu, vitamin ini juga membantu mata membedakan gambar dan mengirim pesan ke otak. Selain itu manfaat vitamin A ini adalah untuk pengelihatan yang lebih tajam. Wanita dewasa membutuhkan 700 mikrogram vitamin A setiap hari, sedangkan pria dewasa membutuhkan 900 mikrogram.

Kalium

Kalium adalah elektrolit yang larut dalam cairan bersama dengan kalsium dan natrium. Asupan kalium yang cukup sangat penting untuk kontraksi otot dan irama jantung yang stabil. Orang dewasa membutuhkan 4.700 miligram potasium setiap hari. Satu cangkir wortel cincang mentah memiliki lebih dari 400 miligram, yang hampir 10 persen dari rekomendasi harian.

Kandungan Serat

Kandungan serat pada wortel hampir 4 gram per 1 cangkir wortel cincang mentah. Tubuh kita membutuhkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang kita konsumsi, atau 35 gram untuk diet 2.500 kalori. Serat larut dari wortel menarik cairan dalam usus, yang memperlambat pencernaan dan memberikan mikronutrien cukup untuk menyerapnya melalui dinding usus. Jenis serat ini juga membuat perut kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Serat larut akan mempelancar BAB, mempercepat pencernaan dan membuat kotoran lembut sehingga mudah dikeluarkan. Wortel memiliki kandungan serat larut dan tidak larut.

Khasiat wortel memang penting untuk mata, namun selain untuk mata ternyata wortel juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan dan untuk jantung yang sehat.

Kandungan Gizi :

Summary

Article Name
Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya
Description
Kandungan gizi wortel dan manfaatnya yang tidak hanya baik bagi mata, kandungan vitamin dan mineral wortel sangat baik untuk tubbuh manusia.
Author

Advertisements