Blog
Advertisement

Kandungan Rokok dan Zat Bahaya Dalam Asapnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Kandungan rokok dan zat bahaya dalam asapnya ternyata ada ribuan macam yang siap untuk menggerogoti tubuh anda dan orang tercinta di sekeliling anda. Kandungan dalam asap rokok ternyata juga memiliki zat yang tidak kalah banyaknya dengan zat dalam rokok itu sendiri. Setidaknya ada lebih dari 4000 zat aditif berbahaya yang terkandung dalam sebuah rokok yang dapat membunuh dan menimbulkan berbagai penyakit paling berbahaya yang sangat ditakutkan.

Kandungan rokok yang paling populer sebut saja nikotin, tar, dan arsen yang cukup membuat penggunanya mati secara perlahan dan mengidap berbagai penyakit.  Kandungan asap rokok lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk 43 (karsinogenik) senyawa penyebab kanker selain itu ada lagi 400 racun lainnya.

Kandungan Rokok dan Bahayanya

Kita memang tidak dapat membahas satu per satu ribuan kandungan dalam rokok, namun berikut ini adalah berbagai zat yang terkandung dan sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

  • Nikotin adalah racun yang digunakan dalam pestisida dan merupakan unsur adiktif dalam rokok.
  • Tar adalah istilah kolektif yang digunakan untuk menggambarkan partikulat yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau. Koktail bahan kimia yang menjadi salah satu zat yang menyebabkan kanker, zat residu yang dapat menyebabkan gigi kuning pada rokok.
  • Fungisida dan pestisida, Penyebab banyak jenis kanker dan cacat pada kelahiran bagi ibu hamil, sangat mengganggu perkembangan janin.
  • Cadmium, Penyebab dengan kanker paru-paru dan prostat.
  • Benzene, Penyebab utama leukemia.
  • Formaldehyde, penyebab lain kanker paru-paru.
  • Nickel, Penyebab peningkatan kerentanan terhadap infeksi paru-paru dan menyebabkan kerusakan fungsi paru paru pada manusia.
  • Amonia, Senyawa amonia yang umum digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Amonia juga digunakan untuk meningkatkan dampak nikotin dalam rokok yang diproduksi. Zat ini menjadi pemicu kerusakan paru-paru dan bahkan kematian
  • Arsenik, zat yang digunakan untuk racun tikus dan berbagai pestisida, keracunan zat ini dapat menyebabkan mual, diare, atau bau nafas dalam kasus yang ringan. Keracunan yang berlebihan akan menyebabkan kematian.
  • Formaldehida, bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat, dan berdampak pada bagian hidung hidung, tenggorokan dan iritasi mata.
  • Vinyl Chloride, bahan kimia buatan manusia yang digunakan dalam pembuatan plastik dan di filter rokok. Zat ini menyebabkan kerusakan fungsi hati.
  • Ethyl Furoate: salah satu zat yang menyebabkan kerusakan hati pada binatang.
  • Polonium: Radioaktif yang menyebabkan kanker.
  • Metanol, adalah sejenis cairan ringan yang mudah mencair dan menguap yang mudah terbakar. Meminum atau menghisap Metanol mengakibatkan kebutaan bahkan kematian.

Kandungan Asap Rokok

Ribuan kandungan dalam rokok ternyata juga terdapat dalam asapnya yang juga konon sangat mematikan, termasuk pada perokok pasif. Bahaya merokok bagi kesehatan memang tidak dapat di tolerir, rokok merupakan pemicu kanker yang sangat berbahaya. Berikut adalah kandungan asap rokok yang berbahaya.

Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida pada asap rokok merupakan salah satu zat yang dikeluarkan knalpot mobil dan menyebabkan kematian yang sangat besar di dunia.

Tips Menghindari Bahaya Pada Kandungan Rokok

Berikut adalah beberapa tips yang penting untuk anda ketahui agar terhindar dari kandungan berbahaya pada sebuah rokok.

Bagi Pengguna Rokok

  1. Ada baiknya anda memikirkan cara berhenti merokok, ini paling tepat karena akan menguntungkan diri anda dari berbagai hal, termasuk orang sekitar anda.
  2. Jika anda merokok, jangan dekat dengan orang lain, usahakan anda tidak membahayakan orang lain dengan asap rokok anda.
  3. Jangan mencium anak ketika anda baru selesai rokok.
  4. Jangan merokok di dalam ruangan rumah.

Bagi Bukan Pengguna

  1. Jauhi saat ada teman yang merokok, jangan menghisap asap rokok disekitar anda.
  2. Jangan pernah mencoba rokok yang diberikan teman anda.
  3. Tegur keluarga anda yang merokok di ruangan atau di rumah.
  4. Beritahu bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan orang di sekelilingnya.

Kandungan rokok dan berbagai zat berbahaya dalam asap rokok memang membuat kita tidak ada alasan untuk merokok. Walaupun ada guyonan mengenai manfaat rokok, namun pastinya kita tidak boleh mencoba rokok sedikitpun.

Sumber Kandungan Rokok : BBC

Summary

Article Name
Kandungan Rokok dan Zat Bahaya Dalam Asapnya
Description
Kandungan rokok dan zat bahaya dalam asapnya yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan racun berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan kematian.
Author

Advertisements