Blog
Advertisement

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Otomotif

Advertisement

Kelebihan dan kekurangan motor matic harus diperhatikan bagi para calon pembeli motor matic ini karena karakteristik setiap jenis motor pada umunya tidaklah sama. Kendaraan roda dua ini sudah menjadi sarana transportasi yang hampir mendominasi disetiap jalan-jalan raya kota maupun pedesaan. Modifikasi motor yang paling banyak dilakukan saat ini salah satunya adalah motor matic selain modifikasi vixion dan modifikasi motor honda.

Kepraktisan sepeda motor dianggap sangat efisien untuk menempuh perjalanan jarak dekat atau pun jarak jauh. Di Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki populasi motor yang banyak sehingga membuat variasi kendaraan jenis ini banyak dikembangkan contohnya motor matic. Seberapa hebatkah motor jenis ini dibandingkan dengan jenis motor lain?? selengkapnya akan kami ulas pada artikel ini.

Kelebihan Motor Matic

Jenis motor matic mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2006 yang diusung oleh para produsen motor Jepang. Feedback pasar yang baik membuat populasi motor jenis ini semakin banyak menghiasi jalan-jalan raya.

Motor matic memang dirancang seperti motor jenis kopling ataupun gigi namun kelebihan dan kekurangan motor matic ini juga relatif seimbang antara keduanya. Karakteristik motor matic ini terletak pada kemudahan pengoperasiannya karena pada generasi motor matic tidak lagi menggunakan gigi atau kopling untuk menjalankannya.

Desain motor yang praktis ini memang cocok untuk digunakan para wanita karena kemudahan penggunaannya. Respon pasar yang baik merupakan kelebihan tersendiri motor matic ini yaitu :

  • Mudah mengendarainya – motor matic memang mengusung konsep cukup tancap gas untuk melaju. Hal ini disambut baik para pengendara motor wanita yang menginginkan kemudahan selain itu, motor jenis ini mudah dipelajari bagi pemula.
  • Nyaman berkendara – Keadaan jalanan yang macet membuat para penggunanya harus pintar-pintar berkendara. Dengan motor matic, tidak perlu repot atur-atur gigi saat jalan macet dan begitu tarik rem motor pun berhenti.
  • Motor matic lincah – Body motor matic umumnya pendek dan ramping sehingga sangat praktis untuk perjalanan dengan situasi kendaraan padat dan macet.

Kekurangan Motor Matic

Kelebihan motor matic yang telah dibahas, jelas sangat meyakinkan motor matic lebih baik untuk dipilih namun ada beberapa titik kelemahan motor matic yang perlu diketahui terlebih dulu sebelum memutuskan membelinya. Beberapa diantaranya adalah :

  • Motor matic lebih boros bahan bakar – Keadaan tersebut sudah pasti terjadi jika konsumsi bahan bakar motor matic ini dibandingkan dengan motor manual (gigi). Mengapa lebih boros?? karena matic hanya mengandalkan tarikan gas yang menghasilakan gaya sentrifugal untuk mrmutar roda kendaraan. Motor matic lebih boros jika jalanan macet ataupun menanjak karena mesin lebih keras bekerja untuk menggerakan motor. Berbeda dengan motor manual yang dapat menyesuaikan keadaan jalan dengan gigi tersebut sehingga kerja mesin tidak menjadi terlalu berat.
  • Komponen motor agak rawan – Beberapa komponen yang harus menjadi titik perawatan adalah bagian beltnya. Yaitu bagian komponen motor yang mengatur┬ásentrifugal untuk mengatur putaran roda agar sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan. Belt yang telah mencapai batas maksimum pemakaian harus segera diganti namun harganya masih cukup mahal.Oleh karena itu cara merawat motor matic ini harus dilakukan secara hati hati.
  • Mesin cepet panas – Kerja mesin motor matic tentunya lebih berat ketimbang kerja mesin motor manual. Penggunaan liquid cooler pada motor matic telah dikembangkan para produsen motor saat ini. Kegunaannya adalah untuk mengontrol suhu mesin agar tetap stabil.

Beberapa kelebihan dan kekurangan motor matic ini dapat dijadikan acuan untuk memilih jenis motor seperti apa yang anda butuhkan untuk menopang aktivitas keseharian anda.

Summary

Article Name
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic
Description
Kelebihan dan kekurangan motor matic harus diperhatikan bagi para calon pembeli karena karakteristik setiap jenis motor tentu berbeda.
Author

Advertisements