Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
PT Sumatera Persada Energi – Kekayaan Minyak dan Gas Bumi Indonesia « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

PT Sumatera Persada Energi – Kekayaan Minyak dan Gas Bumi Indonesia

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Bisnis

Advertisement

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah, karena Indonesia adalah negara yang di kelilingi oleh laut. Mulai dari hasil laut, tanah yang subur, hingga pertambangan. Salah satu sumber daya yang kelola dengan baik adalah pada sektor pertambangan, dimana hasil pertambangan tentunya memiliki nilai yang cukup tinggi. Mengingat dalam sektor pertambangan adalah komoditas yang memiliki nilai yang tinggi, salah satu komoditas utamanya adalah minyak dan gas.

Minyak dan gas yang memiliki nilai tinggi dalam pasar dunia, menjadikan komoditas ini sebagai lahan usaha yang cukup menguntungkan. Tidak hanya itu, minyak dan gas yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari ini menjadi sesuatu yang sangat di cari oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Minyak dan  gas menjadi komoditas pertambangan yang dapat dimanfaatkan untuk sarana transportasi. Oleh karena itu dalam beberapa waktu terakhir ini, harga minyak dunia mengalami kenaikan yang berdampak buruk bagi beberapa negara terlebih lagi negara yang belum maju layaknya negara yang berada di benua-benua besar.

Saat ini sudah banyak transportasi yang memang menggunakan bahan bakar gas, hal ini timbul karena menyeimbangkan penggunaan gas yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak. Selain itu gas yang memiliki zat CH4 memiliki pembakaran yang lebih baik dibandingkan dengan gas. Akan tetapi minyak tetap menjadi bahan bakar utama dalam menghidupkan semua jenis kendaraan.

Manfaat Penggunaan Minyak dan Gas

Banyak manfaat yang terkandung dalam minyak dan gas. Minyak dan gas yang merupakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari ini memiliki kegunaan yang di butuhkan manusia, seperti:

  • Kebutuhan dan kegiatan sehari-hari, seperi; memasak, sebagai pendingin dan penghangat ruangan, sebagai bahan bakar, dan untuk transportasi.
  • Pembangkit listrik.
  • Penentu jalannya kerja industri, seperti; produksi pakaian, besi, kaca, dan industri lainnya.
  • Untuk membuat polimer politilen; sebagai bahan dasar dari pembuatan pelastik.

Dari beberapa manfaat minyak dan gas ini, sangat terlihat jelas bahwa minyak menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan bidang industri, yang menggunakan minyak dan gas sebagai bagian dari operasional mereka.

Pengolahan Minyak dan Gas oleh PT Sumatera Persada Energi

PT Sumatera Persada Energi adalah perusahaan pengolahan minyak dan gas di Indonesia. PT Sumatera Persada Energi merupakan anak perusahaan dari Asia Bumi Petroleo yang memiliki identitas sebagai perusahaan pengolahan minyak terbaik di Indonesia. PT Sumatera Persada Energi telah beroperasi selama bertahun-tahun dengan kinerja yang sangat baik. Salah satu misi dari PT Sumatera Persada Energi adalah memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan cara memberikan kualitas terbaik dari sumber daya alam yang kaya akan manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Pengeboran, eksplorasi minyak dan gas di lakukan oleh PT Sumatera Persada Energi dengan baik dan minim akan resiko. Hal itu didukung dengan standarisasi yang diterapkan oleh Sumatera Persada Energi, telah terbukti dan teruji. Standarisasi pengeboran dan eksploasri dari PT Sumatera Persada Energi telah diakui aman dan bertaraf internasional.

Kekayaan Minyak dan Gas Alam

Minyak yang menjadi kebutuhan utama banyak orang, kini memiliki persediaan sebanyak 1,526.0 miliar barel dalam skala global. Meski angka ini angka yang cukup besar, namun jika digunakan terus menerus untuk menopang kebutuhan banyak umat tentunya akan habis sedikit demi sedikit. Kebutuhan akan minyak kini semakin meningkat, persentase kenaikan ini mulai dari angka 1,1% menjadi 1.4%, dan memungkinkan akan meningkat lagi jika permintaan akan minyak semakin bertambah.

Persediaan minyak ini berada di beberapa bagian negara, namun paling mendominasi di daerah benua amerika hingga 80%. Daerah-daerah tersebut adalah amerika utara, amerika tengah dan amerika selatan, dan selain itu juga terdapat di daerah timur tengah. Tidak berhenti sampai disitu, beberapa negara juga memiliki tempat untuk persediaan minyak, yaitu asia pasifik dengan persentase 4%.

Diperkirakan kebutuhan minyak akan mengalami peningkatan hingga 1,5% per tahun dari konsumsi yang saat ini yaitu 1,5 juta barel per hari. Permintaan minyak saat ini berada pada angka 96.700.000 – 99.100.000 barel per hari, tentunya angka ini telah men ingkat yang sebelumnya hanya 89.400.000 barel per hari.

Pengelolaan Minyak dan Gas Provinsi Riau

Provinsi riau terletak di sebelah timur sumatera, Indonesia. Sudah tak asing lagi jika Indonesia memiliki lahan pertambangan di beberapa daerahnya, salah satunya adalah provinsi riau. Pembagian dari hasil sumber daya alam memang harus di pertimbangkan dari berbagai aspek, terutama di daerah yang memiliki lahan untuk menghasilkan sumber daya alam tersebut. Sebut saja provinsi riau, provinsi ini memiliki potensi dalam pengeboran dan eksplorasi minyak. Oleh sebab itu, PT Sumatera Persada Energi menggunakan daerah riau dalam pengolahan minyak dan gas yang dilakukannya.

Dalam sebuah acara seminar di sebuah universitas, Aryo Djojohadikusumo memaparkan bahawa “Dengan adanya pembagian hasil minyak dan gas (migas) dan sumberdaya alam lainnya, daerah-daerah yang miskin juga harus dapat pembagian seiring berdiri dengan daerah yang kaya.” Dari pemaparannya tersebut bahawa provinsi riau memiliki nilai yang lebih untuk menghasilkan sumber daya alam terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Dari kondisi tersebut, pemerataan untuk penghasilan bagi daerah-daaerah tertentu memang harus diselaraskan pada kondisi ekonomi bagi negara. Karena tidak semua daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup, oleh karena itu dibutuhkan pemerataan bagi daerah-daerah terpencil untuk membangun daerahnya.

Riau Sebagai Daerah Penghasil untuk Negara

Provinsi riau memang banyak memiliki industri dalam bidang pertambangan. Banyak orang mengatakan provinsi riau sebagai daerah penghasil bagi Indonesia, namun dengan adanya wacana tersebut memang sedikit di benarkan. Akan tetapi banyak daerah-daerah di Indonesia yang memiliki potensi untuk dijadikan lahan sebagai sumber daya alam yang dapat di olah dan di manfaatkan.

PT Sumatera Persada Energi memiliki proyek pengolahan minyak yang berada di provinsi riau tepatnya di kabupaten kampar. Proyek yang dilakukan ini merupakan proyek hasil kerjasama dengan pemerintah pusat dalam pertambangan. Proyek ini bernama west kampar yang dijalani selama 30 tahun sejak tahun 2005, terhitung minyak yang dikelola oleh PT Sumatera Persada Energi ini sebanyak lebih dari 500 juta barel minyak.

Advertisements