Blog
Advertisement

30 Tips Hemat Belanja Bulanan

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Belanja bulanan merupakan rutinitas wajib yang harus di lakukan untuk memenuhi kebutuhan yang digunakan terus-menerus. Beda orang, tidak sama pula kebutuhannya, sehingga diperlukan rencana anggaran uang belanja bulanan yang mampu memenuhi semua kebutuhan, namun sekaligus juga  dapat menghemat pengeluaran uang belanja untuk keperluan lainnya.

Langkah-langkah Menghemat Belanja Bulanan

Tentunya kita ingin lebih menghemat anggaran bulanan, dengan menyimpan sisa uang belanja untuk kebutuhan di lain waktu, sebagai salah satu cara mengelola keuangan untuk masa depan. Berikut ini beberapa tips hemat belanja bulanan yang bisa mulai diterapkan :

  1. Buatlah daftar belanja terlebih dahulu apa-apa saja yang akan di beli.  Bawalah uang secukupnya agar anda bisa menekan biaya belanja.  Untuk berbelanja, belanjalah barang-barang yang di butuhkan saja.
  2. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan selama sebulan.  Kita harus bisa membedakan mana yang penting dan yang tidak.
  3. Setiap manusia pastinya memiliki hutang.  Itu semua tergantung besar kecilnya hutang.  Cobalah untuk tidak berhutang kecuali dalam keadaan mendesak.  Terlalu sering berhutang akan menyebabkan ketagihan dan susah untuk di hindari. Lakukan cara menghindari terlilit hutang kartu kredit, jika anda menggunakannya.
  4. Usahakan sisihkan uang belanja bulanan di awal bulan dan usahakan jangan di ambil jika tidak terlalu penting.  Dengan begitu, kita akan lebih bisa disiplin dan hemat dalam pengeluaran belanja bulanan.
  5. Biasanya supermarket menawarkan kartu belanja, yang biasanya memberikan pilihan belanja dengan lebih hemat untuk pelanggan.
  6. Belilah makanan yang bisa tahan lama, seperti jenis makanan kaleng untuk menghindari makanan yang mubazir. Namun sesuaikan dengan kondisi kesehatan juga.
  7. Untuk seorang pekerja, ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah.  Makanan rumah lebih sehat dan terjamin kebersihannya dan tentunya lebih hemat.
  8. Jangan terlalu sering jajan di luar rumah.
  9. Selalu cermat dalam memilih setiap barang yang di butuhkan.  Contohnya saja seperti membeli sedikit stok makanan yang kedaluwarsa hanya bertahan beberapa hari .
  10. Utamakan terlebih dahulu pembayaran rutin tiap bulan.  Seperti, pembayaran listrik dan air. Selanjutnya menyusun anggaran belanja bulanan.
  11. Salah satu cara belanja hemat dan tepat adalah dengan memanfaatkan harga diskon. untuk mengurangi biaya belanja bulanan.
  12. Belanja bulanan dalam kemasan yang besar lebih akan lebih murah daripada belanja bulanan dalam kemasan kecil.
  13. Belilah sayur dan buah yang sedang musimnya.  Karena, harga yang diberikan akan lebih murah.
  14. Belajar untuk mengatur menu makanan sehat yang bisa di makan dalam sehari.
  15. Jika anda laki-laki, mengurangi merokok bisa membantu pengeluaran biaya selama sebulan.
  16. Gunakan air dan listrik sesuai dengan kebutuhan.
  17. Bandingkan barang yang sejenis, manakah yang lebih ekonomis.
  18. Belanja makanan di pasar tradisional lebih murah di bandingkan belanja di supermarket atau pasar modern.
  19. Belajar untuk mengolah makanan sendiri, untuk belajar bagaimana menggunakan bahan dan bumbu dapur yang irit.
  20. Belanjalah dengan menggunakan uang tunai, jangan dengan kartu kredit atau ATM.  Hal ini, dapat memprediksi pengeluaran belanja.
  21. Carilah produk yang sedang promosi
  22. Simpan bon belanja, agar dapat membandingkan pengeluaran untuk bulan berikutnya.
  23. Anda bisa mengganti daging dengan produk lain yang memiliki protein tinggi.  Contohnya saja seperti tahu, tempe, dan telur.
  24. Cobalah berbelanja ke supermarket lain untuk bulan selanjutnya.  Bawalah struk bulan kemarin, dan bandingkan harganya.
  25. Beli bahan makanan tanpa melihat merek.
  26. Selalu menghitung pengeluaran dalam rumah tangga.
  27. Simpanlah bahan makanan yang aman dan bebas dari binatang pengganggu seperti kecoa dan tikus.
  28. Jangan berbelanja di saat lapar.  Kondisi perut lapar, akan membuat anda tertarik untuk lebih banyak membeli produk makanan.
  29. Jangan membawa anak saat sedang berbelanja.  Usahakan anda pergi sendiri saat berbelanja.
  30. Disiplin mengatur anggaran pengeluaran, dapat membantu penghematan pengeluaran.

Belanja bulanan merupakan kebutuhan yang sangat penting yang harus kita lakukan tiap sebulan sekali.  Belanja bulanan bisa lebih hemat di bandingkan belanja harian atau mingguan. Sebagai ibu rumah tangga, tentunya anda harus lebih pintar vagaimana cara mengatur keuangan agar lebih hemat.

Mengurangi pengeluaran, baik itu untuk sehari-hari, seminggu ataupun sebulan dapat membantu dalam rencana penghematan anggaran belanja. Dengan anda pintar mengolah keuangan keluarga, anda bisa menyisahkan uang belanja dan di simpan untuk keperluan mendadak.  Hal ini sangatlah penting bagi anda, agar anggaran keuangan rumah tangga anda dapat terkontrol.

Anda juga harus lebih pintar,  bagaimana cara mengolah gaji yang di berikan suami anda.  Usahakan, uang tersebut habis pada waktunya.

Summary
Article Name
30 Tips Hemat Belanja Bulanan
Description
Mengatur keuangan rumah tangga dalam belanja bulanan di butuhkan beberapa tips dan panduan bagi anda agar lebih hemat dalam pengeluaran anggaran anda.
Author

Advertisements