Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
8 Cara Mencangkok Tanaman Bunga Dengan Benar « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

8 Cara Mencangkok Tanaman Bunga Dengan Benar

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Bunga merupakan penghias halaman rumah agar rumah terlihat hidup dan indah. Berbagai jenis bibit tanaman hias daun dan bunga, juga dapat dengan ditemukan. Bagi orang yang menyukai tanaman bunga, tentunya di butuhkan banyak keahlian untuk memeliharanya. Banyak cara di lakukan supaya tanaman bunga tumbuh dengan indah, contohnya saja seperti pencangkokan atau penyambungan yang sering sekali di lakukan bagi pecinta tanaman terutama tanaman bunga.

Pengertian Mencangkok

Salah satu metode pemeliharaan adalah dengan pengembangbiakan tanaman, mencangkok. Mencangkok atau penyambungan  merupakan suatu teknik hortikultura yang memanfaatkan fungsi batang tanaman. Batang tanaman di sambung dengan batang tanaman lainnya yang sejenis sebagai pengembangbiakan keturunan.  Kebanyakan pencangkokan tanaman di lakukan di dalam pot, terutama pada tanaman bunga.

Biasanya teknik mencangkok atau penyambungan ini di lakukan oleh sebagian besar perkebunan dan pertanian, dimana hasil yang di dapat bisa berbeda. Namun dalam perkembangannya, budidaya tanaman dengan mencangkok tanaman bunga ini tidak hanya dilakukan oleh para pengrajin perkebunan dan pertanian saja,  tapi biasa di lakukan oleh sebagian orang yang ingin melakukan penyilangan varietas tanaman, seperti tanaman transgenik. Bagi pecinta tanaman bunga, teknik mencangkok ini bukanlah hal yang sulit di lakukan namun perlu ketekunan untuk mendapatkan hasil tanaman cangkok yang baik.

Pengembangbiakan tanaman dengan metode cangkok ini, terutama banyak dilakukan pada jenis tanaman buah seperti :

Langkah-langkah Cara Mencangkok Tanaman

Beragam tanaman bunga dapat ditemukan dimana saja, bahkan di tempat liar pun tanaman bunga dapat hidup. Namun dalam mencangkok, untuk mendapatkan hasil yang bagus, ada baiknya di lakukan pada tempat saat musim dingin, mendekati awal semi.  Dan harus di ingat kedua batang batang atas dan batang bawah yang akan di sambung atau di cangkok memiliki jaringan yang masih aktif.

Berikut akan di berikan beberapa penjelasan bagaimana cara mencangkok atau menyambung tanaman bunga agar hasil yang di dapat memuaskan :

  1. Pastikan memilih batang tanaman bunga yang sehat dan sejenis tapi berbeda warna, contohnya bunga mawar merah dan putih.
  2. Jika pada batang atas memiliki banyak daun, buang sebagian daun dan sisakan pada pangkal batang.
  3. Potong batang utama dengan membentuk huruf V, kemudian batang yang akan di sambung berbentuk V juga.  Pastikan dalam mencangkok (penyambungan)  ini tidak terdapat rongga agar tidak menguap.
  4. Sambung batang tersebut dan ikat dengan menggunakan tali plastik dengan plastik penutup yang transparan.
  5. Ikat dengan kencang sehingga tidak terdapat rongga di dalamnya.
  6. Siram secara rutin 3x sehari dan letakkan di bawah tempat yang sejuk. Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman juga sangatlah penting, untuk menghasilkan hasil cangkokan yang  memuaskan.
  7. Setelah dua minggu pencangkokan, buka plastik penutup dan biarkan tali pengikat tetap menempel pada batang.  Plastik pengikat dapat buka setelah 3-4 bulan lamanya pencangkokan.
  8. Keberhasilan pencangkokan atau penyambungan berhasil setelah 2 minggu dimana pada batang atas telah muncul tunas.  Dan berbunga sampai  2-3 bulan lamanya.

Pengembangbiakan tanaman dengan mencangkok bertujuan untuk menghasilkan keturunan yang lebih bagus di bandingkan dengan induknya, salah satunya yang dilakukan pada pencangkokan jambu biji yang menghasilkan budidaya jambu kristal. Sehingga tidak heran, jika banyak produksi perkebunan dan pertanian menggunakan teknik mencangkok atau sambungan sebagai alternatif vegetatif buatan yang paling utama. Selain dengan mencangkok, metode pengembangbiakan buatan tanaman ini dapat dilakukan dengan stek atau okulasi.

Advertisements