Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Tanaman Buah Jeruk, Ciri Ciri dan Jenis Jeruk « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Tanaman Buah Jeruk, Ciri Ciri dan Jenis Jeruk

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Tanaman buah jeruk merupakan tanaman yang tumbuh subur di dataran Indonesia namun, sebenarnya buah jeruk ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai negara. Buah jeruk dapat disebut buah yang paling populer di dunia karena hampir disetiap tempat diseluruh dunia ini dapat kita temui buah jeruk ini namun, berbagai varietas jeruk tersebut tidak menghilangkan manfaatnya sebagai sumber vitamin C alami bagi tubuh.

Ciri-Ciri Tanaman Buah Jeruk

Jenis tanaman buah seperti jeruk ini banyak dibudidaya yang kemudian dikembangkan menjadi komiditi yang menghasilkan keuntungan. Hal ini dikarenakan buah jeruk sangat luas pemanfaatannya mulai dari industri makanan, minuman, pengobatan bahkan kecantikan. Berbagai khasiat buah jeruk yang telah banyak kita ketahui telah membuktikan tanaman jeruk ini memang baik jika dibudidaya yang kemudian bisa dikonsumsi setiap hari.

Diperkirakan buah jeruk ini berasal dari wilayah Asia timur yang kemudian meluas pada Asia tenggara. Buah jeruk termasuk ke dalam suku Rutaceae yang berarti suku jeruk-jerukkan. Buah jeruk memiliki rasa masaam yang khas disetiap jenisnya, hal ini karena kandungan asam sitrat di dalam buahnya. Secara umum tanaman jeruk ini memiliki kenampakan pohonnya seperti berikut ini :

  • Bentuk ponoh perdu yang kecil dengan maksimal tinggi sekitar 15 m yang ditumbuhi batang dan ranting
  • Daunnya berwarna hijau dengan permukaan rata yang mengkilat seperti berminyak
  • Memiliki bunga tungga dengan mahkota sekitar 4 buah yang bewarna putih kekuningan pucat
  • Buahnya berbentuk bulat yang tidak terlalu besar tergantung jenisnya, daging buahnya dibungkus dengan kulit yang mudah di kupas dengan kandungan minyak atsiri.

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis memang sangat mendukung budidaya tanaman jeruk, budidaya buah naga ataupun buah tropis lainnya. Namun budidaya tanaman jeruk umumnya membutuhkan lahan khusus tidak seperti tanaman alpukat yang dapat hidup di mana saja.

Jenis-Jenis Tanaman Buah Jeruk Di Indonesia

Spesies jeruk yang diketahui diseluruh dunia sampai saat ini sekitar 600 varietas. Banyaknya jenis jeruk ini dikarenakan persilangan antara jenis-jenis jeruk yang menghasilkan variasi jenis baru. Selain itu, kondisi iklim dan juga tanah mempengaruhi jenis jeruk yang dihasilkan. Di bawah ini beberapa jenis jeruk yang terkenal di Indonesia t :

  • Jeruk manis – Jenis jeruk ini yang biasanya langsung dapat dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu. Jeruk pontianak, jeruk medan termasuk jenis ini karena rasanya yang manis dan segar saat dikonsumsi secara langsung.
  • Jeruk lemon – Jeruk lemon berwarna kuning muda dengan permukaan kulit yang licin. Kandungan airnya yang banyak dengan aroma jeruk yan khas membuatnya banyak digunakan dalam pembuatan makanan. Jeruk lemon yang dikombinasikan dengan khasiat madu dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.
  • Jeruk nipis – Salah satu varietas jeruk dengan ukuran yang kecil ini banyak dimanfaatkan untuk penyedap masakan. Kandungan asam sitrat yang kuat dapat mengurangi bau amis pada masakan daging-dagingan, baik daging ikan ataupun sapi.
  • Jeruk bali – jeruk bali merupakan jenis jeruk yang berukuran paling besar diantara jenis jeruk yang lain. Kulit jeruknya hijau tebal yang melindungi daging buah yang tebal berwarna kemerahan. Daging buahnya banyak dikonsumsi sebagai campuran salad.

Beberapa jenis tanaman buah jeruk ini merupakan kekayaan flora Indonesia yang harus terus dilestarikan agar manfaat yang kita peroleh saat ini dapat dirasakan pula oleh anak cucu kita.

Advertisements