Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
19 Manfaat Udara Bagi Manusia dan Fungsinya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

19 Manfaat Udara Bagi Manusia dan Fungsinya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Udara merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup untuk bernafas. Udara memiliki kandungan oksigen,  nitrogen, karbondioksida, dan uap air salah satunya dapat membantu dalam sistem pernafasan manusia di muka bumi. Oksigen di butuhkan oleh manusia untuk bernafas, kemudian karbondioksida sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman, nitrogen dapat menyuburkan tanaman, sedangkan uap air dapat menentukan perubahan cuaca.

Manfaat udara Bagi Manusia

Udara yang sehat sangat banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Lebih dari untuk kepentingan pernapasan, namun manfaat udara bagi manusia ini sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia seperti berikut :

  1. Dapat membantu sistem pencernaan makanan berjalan dengan efektif
  2. Dapat meningkatkan tekanan darah dan mempengaruhi denyut jantung
  3. Udara yang bebas polusi akan membuat tubuh lebih santai dan segar
  4. Dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, agar dapat berfungsi dengan baik
  5. Membantu membersihkan saluran pada fungsi paru-paru.
  6. Mengoptimalkan daya fikir otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus menjadi lebih baik
  7. Udara yang bersih merupakan cara mengatasi stress bagi manusia
  8. Sebagai pelindung dari terhadap radiasi sinar matahari
  9. Membantu mengeringkan pakaian
  10. Membantu penyerbukan pada tanaman
  11. Membawa uap air yang turun dalam bentuk hujan
  12. Dapat menerbangkan burung dan pesawat
  13. Untuk menentukan  klasifikasi iklim, cuaca, dan musim di suatu tempat
  14. Sebagai perambatan gelombang bunyi, sehingga manusia dapat mendengar suara
  15. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa dalam sistem tata surya
  16. Menjaga keseimbangan suhu siang dan malam
  17. Menjaga temperatur udara di permukaan bumi agar tetap normai
  18. Sebagai penyala api
  19. Sebagai energi alternatif, contohnya saja seperti kincir angin, layang-layang, dan perahu layar.

Telah di katakan di atas beberapa unsur yang terkandung di dalam udara, yaitu oksigen, karbondioksida, uap air, dan nitrogen.  Di dalam kandungan udara masing-masing unsur tersebut memilki kandungan, manfaat, dan fungsi sendiri-sendiri dalam bekerja.  Terutama manfaat oksigen  yang sangat bermanfaat bagi manusia untuk bernafas.

Udara yang bersih dan bebas polusi sangat bagus bagi kehidupan manusia, sehingga kesehatan manusia dapat terjaga dengan baik. Pencemaran udara bisa terjadi karena polusi udara, polusi cahaya, radiasi, dan panas.

Fungsi Lapisan Udara di Bumi

Kesehatan adalah hal yang utama dalam kehidupan kita.  Udara yang bersih dan sejuk akan berdampak positif dalam kehidupan, terutama masalah kesehatan.  Kegiatan menanam pohon atau yang biasa di sebut dengan penghijuan dapat membantu lingkungan agar terhindar dari kerusakan unsur udara. Manfaat Udara yang kita rasakan ini, terdiri dari beberapa lapisan yang disebut dengan lapisan atmosfer.  Lapisan-lapisan atmosfer terdiri dari :

  • Troposfer.  Lapisan ini memiliki ketinggian sekitar 0-15 km.  Lapisan ini berfungsi dalam pembentukan awan, arah angin, siklus terjadinya hujan, dan terjadinya petir.
  • Stratosfer.  Lapisan ini memiliki ketinggian sekitar 15-50 km.  Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi matahari.
  • Mesosfer.  Lapisan ini memiliki ketinggian sekitar 50-85 km.  Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi.
  • Termosfer.  Lapisan ini memilki ketinggian sekitar 85-500 km.  Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelomang pendek radio, sehingga dapat berkomunikasi.
  • Eksosfer.  Lapisan terluar yang memiliki ketinggian sekitar 500 km.  Munculnya lapisan ini di karenakan pantulan sinar matahari dan partikel debu meteor di angkasa.

Udara begitu sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tak heran, jika kita sebagai manusia untuk tetap menjaga lingkungan agar bebas dari polusi udara.  Kita sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi, agar  tetap bisa menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.   Sehingga, udara yang kita hirup terhindar dari polusi udara yang bisa berefek pada kesehatan kita.

Saat ini, berkurangnya pohon-pohon di kota besar adalah salah satu yang menyebabkan udara semakin panas. Sehingga, di butuhkan penghijauan di setiap jalan guna menghasilan udara yang sejuk dan segar bagi kehidupan manusia.

Advertisements