Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
11 Cara Mencegah Rambut Beruban « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

11 Cara Mencegah Rambut Beruban

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Uban adalah rambut yang awalnya berwarna abu-abu berubah menjadi putih. Timbulnya uban di sebabkan karena kandungan melanin pada rambut yang awalnya tinggi, namun kemudian seiring bertambahnya usia kandungan melanin ini menjadi berkurang atau hilang sama sekali. Sehingga rambut uban ini biasanya muncul pada usia 40 tahun, tapi ada juga uban yang timbul saat usia masih muda. Berikut ini ulasan lengkap tentang cara mencegah penuaan dini, untuk mencegah timbulnya rambut beruban.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Rambut merupakan mahkota yang sangat penting.  Rambut tetap hitam di usia tua merupakan impian semua orang, karena rambut yang hitam menjadikan tampilan terlihat muda di usia, meskipun tidak lagi semuda usia yang sebenarnya. Berikut akan ada beberapa panduan bagaimana cara mencegah rambut beruban tetap hitam dan sehat saat usia tua :

1.  Makan makanan bergizi

Makanlah lebih banyak daging sapi, telur, keju, pisang, dan unggas yang memiliki kandungan vitamin B12 dan omega3.  Serta, sayuran-sayuran berbagai jenis yang memiliki kandungan vitamin A yang memiliki fungsi agar rambut tetap sehat, tidak mudah rapuh, kuat dan sehat.

2.  Berhenti merokok

Salah satu bahaya merokok dapat menurunkan sirkulasi sistem peredaran darah di sekitar rambut. Hal ini dapat menghambat peningkatan melanin akar rambut, sehingga orang yang merokok lebih cepat beruban di bandingkan orang yang tidak merokok.

3.  Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Jangan terlalu sering mewarnai rambut karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesuburan rambut dan mengurangi kadar melanin dalam rambut.

4.  Jaga cairan

Kurangi minuman yang mengandung kafein, seperti berbagai macam jenis teh , kopi dan alkohol.  Hal ini, bisa juga menjadikan rambut lebih cepat beruban. Banyak-banyaklah  minum air putih, karena air putih memiliki manfaat yang luar biasa baik untuk kesehatan secara keseluruhan maupun rambut.

5.  Tidur cukup

Manfaat istirahat yang cukup dapat membantu memperbaiki relaksasi di setiap tubuh dan menghilangkan stres selama seharian bekerja, sehingga mempengaruhi kesehatan rambut.

6.  Olahraga secara teratur

Selain makan makanan yang bergizi, pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur juga sangat penting. Aktivitas olahraga dapat membantu peredaran darah anda dari ujung kepala sampai ujung kaki sehingga membantu sirkulasi darah berjalan dengan lancar.

7.  Hentikan mencabut rambut

Setiap bagian kepala memiliki banyak saraf, sering mencabut rambut akan mengganggu bagian sistem saraf pada kepala.  Jadi, berhentilah mencabut rambut mulai  dari sekarang.

8.  Mewarnai rambut secara alami

Cara menghitamkan rambut secara alami akan lebih aman dan sehat jika di bandingkan dengan mewarnai rambut dengan menggunakan bahan kimia. Banyak cara yang bisa digunakan mewarnai rambut untuk cara menghilangkan uban secara alami, contohnya saja dengan bahan-bahan seperti kemiri, biji pepaya, minyak kelapa & jeruk Nipis,

9.  Hindari stres berlebih

Tanda-tanda stress seperti banyak pikiran, bisa memicu timbulnya uban.  Cobalah cara mengatasi stress dengan mengurangi pikiran-pikiran berlebihan, untuk relaksasi kepala.

10.  Konsumsi makanan yang mengandung zat tembaga

Sejumlah makanan sehat seperti lobak hijau, kacang, bayam, buah berry hitam, nanas, delima, kacang almond, biji labu dan daging merupakan makanan yang mengandung zat tembaga.  Zat tembaga ini, dapat meningkatkan produksi melanin.

11. Menjaga Kebersihan kulit kepala

Menurut pakar dermatologis, ternyata ketombe merupakan salah satu pemicu timbulnya uban.  Cara menghilangkan ketombe dengan mudah, cobalah keramas dengan menggunakan sampo anti ketombe yang memiliki bahan dasar lemon dan jeruk nipis.

Uban merupakan momok yang sangat menakutkan terutama bagi wanita, karena uban akan merubah penampilan menjadi tidak menarik dan terlihat tua di usia yang sesungguhnya. Banyak masyarakat yang melakukan semir hitam pada rambut yang beruban agar tertutup.  Menyemir rambut memiliki efek samping seperti alergi karena semir mengandung bahan kimia.

Beberapa tips di atas semoga dapat membantu mencegah rambu beruban yang efektif dan membuat rambut menjadi tetap sehat, kuat dan tidak mudah rapuh di usia tua. Agar lebih maksimal mencegah rambut beruban, mulailah perawatan rambut dari sejak dini , karena dengan rambut yang hitam dan sehat dapat menjadi aset yang berharga di kemudian hari.

Advertisements