Blog
Advertisement

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Dan Aman

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Cara menghilangkan uban merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki penampilan rambut, karena rambut putih ini biasanya muncul di saat muda. Ya, uban memang identik dengan masa tua, seorang kakek biasanya digambarkan dengan rambut yang memutih. Uban memang secara harfiah akan tumbuh pada rambut, tapi bagaimana jika tumbuh saat usia terbilang belum tua? hal inilah yang menjadi masalah.

Ada beberapa penyebab uban rambut muncul, seperti berikut ini :

Keturunan

Gen yang dibawa orang tua, bisa menyebabkan seseorang lebih cepat mengalami rambut beruban. Salah satu dari kedua orang tua, bisa menurunkan sifat tersebut dan cenderung akan mengalaminya meskipun, bisa juga tidak terjadi. Selain itu, rambut orang asia yang hitam legam, akan lebih cepat beruban dibandingkan dengan warna coklat atau pirang.

Usia

Rambut beruban memang identik dengan individu yang menginjak usia tua, karena memang sudah seperti itulah seharusnya. Siklus rambut yang terjadi setiap 3 sampai 6 bulan sekali, akan mulai kehilangan pigmennya dalam setiap siklus namun, hanya sebagian orang yang mampu mencapai siklus ke 6, sebelum mendapati tanda-tanda rambut beruban. Setelah usia 30-an, banyak orang yang mengalami masalah uban ini.

Jika pada uban rambut ini muncul untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini ini, dapat dilakukan dengan cara menghilangkan uban secara alami.

Cara menghilangkan Uban

Cara menghilangkan uban mungkin bisa diatasi dengan langsung mengecat rambut untuk menutupinya, namun cara ini harus berulang kali dilakukan karena rambut beruban akan terus tumbuh. Beberapa bahan alami berikut ini, mampu menghilangkan uban rambut dengan ampuh :

  • Minyak kemiri – Pada dasarnya, buah kemiri telah digunakan untuk cara menghitamkan rambut. Begitu juga dengan minyak kemiri caranya dengan┬ásangrai kemiri, kemudian tumbuk sampai mengeluarkan minyak dan usapkan pada rambut, lalu diamkan 15 menit, Setelah itu bilas hingga bersih dan keramas.
  • Yoghurt plain – Manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan, juga mampu menghilangkan uban. Kombinasi kan dengan satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yoghurtplain. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan sampai 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat dan shampo. Lakukan secara ruitn setiap minggu untuk mendapat hasil yang baik.
  • Teh – Macam macam jenis teh mengandung antioksodan yang bersifat meremajakan, yang mampu untuk kesehatan rambut. Cara menghilangkan uban dengan teh, cukup mudah yaitu saring daun teh kemudian campurkan dengan satu sendok garam. Letakkan pada rambut, lalu tunggu satu jam sebelum dibersihkan. Lakukan secara rutin.
  • Minyak Kelapa dan jeruk nipis – kelapa sudah tidak diragukan lagi menjadi tanaman yang serbaguna, termasuk sari minyak kelapa dan khasiat buah jeruk nipis yang mempu menghilangkan uban. Caranya cukup mudah, yaitu mengusapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Tips menghilangkan Uban Yang Berasal Dari Dalam Tubuh

Pemakaian bahan-bahan alami untuk cara menghilangkan uban ini biasanya diaplikasikan dari luar rambut, namun sebenarnya memberikan nutrisi dari dalam adalah cara penting, seperti berikut ini :

Makanan berprotein tinggi

Protein pada kacang-kacangan, manfaat daging merah, ikan dan ayam yang memberikan vitamin A dan B serta mineral besi dan seng sangat berguna melawan uban. Mengkonsumsi protein yang seimbang dapat membuat tekstur rambut kembali bersinar, alami dengan baik dan dapat mengembalikan pigmen dan menghilangkan uban.

Makanan Yang Mengandung Tembaga
Pada berbagai jenis makanan laut seperti kepiting, kerang dan juga biji bunga matahari mengandung tembaga yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Kekurangan tembaga membuat produksi melanin menurun dan menyebabkan uban muncul. Dengan lebih banyak melanin pada tubuh akan membantu cara menghilangkan uban.

Summary

Article Name
Cara menghilangkan uban secara alami dan aman
Description
Cara menghilangkan uban merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki penampilan rambut, karena rambut putih ini biasanya muncul di saat muda. Ya, uban memang identik dengan masa tua, seorang kakek biasanya digambarkan dengan rambut yang memutih. Uban memang secara harfiah akan tumbuh pada rambut, tapi bagaimana jika tumbuh saat usia terbilang belum tua?
Author

Advertisements