Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Macam-macam Jenis Teh « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Macam-macam Jenis Teh

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Macam-macam jenis teh telah diproduksi secara luas di berbagai negara dunia, salah satunya di Indonesia. Banyaknya jenis teh ini merupakan hasil budidaya pada petani teh yang terus-menerus memberikan kontribusinya untuk menghasilkan teh dengan kualitas baik.

Teh merupakan jenis yang bisa dibilang paling populer diantara jenis minuman yang lain karena hampir seluruh orang di dunia telah mencicipi kenikmatan teh ini. Khasiat teh paling populer dikalangan masyarakat adalah cara cepat kurus dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Macam-macam Teh Di Pasaran

Banyak produsen teh kemasan yang mengeluarkan produk teh namun, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa teh yang biasa diminum memiliki klasifikasi berbeda satu sama lain. Berikut ini merupakan jenis-jenis teh yang biasa dikonsumsi :

  • Teh hijau – Jenis teh ini merupakan jenis teh yang populer di Cina dan Jepang yang banyak dikonsumsi apalagi bagi kaum hawa. Banyak variasi jinis teh ini yang dijual karena beragam manfaat teh hijau yang ternyata mampu menurunkan berat badan. Dalam pengolahannya teh hijau ini tidak mengalami oksidasi untuk menghasilkan ter berkualitas tinggi. Pemetikan daunnya dipilih yang masih sangat muda dan kemudian diolah dengan tangan.
  • Teh putih – Bisa dibilang teh ini merupakan jenis teh yang langka karena pengolahannya yang alamiah tanpa proses fermentasi. Pelayuan dan pengeringannya menggunakan bantuan sinar matahari dan hembusan angin. Hal inilah yang menjadikan produksi teh ini terbatas dibanding macam-macam teh lain.
  • Teh oolong (wu -long) – Jenis teh ini sedang trend dikalangan penggiat pola hidup sehat karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Teh ini mengalami pengolahan semi fermented tea yakni, teh yang mengalami pelayuan ini kemudian dioksidasi tergantung keinginan. Semakin lama teroksidasi akan semakin hitam warna tehnya.

Macam-macam teh ini telah banyak di distribusi sehingga sangat mudah didapatkan untuk dikonsumsi.

Manfaat Teh Yang Tak Terduga

Meminum secangkir memang sangat nikmat untuk merilekskan badan setelah beraktivitas setiap hari. Teh hangat yang sering kita minum ini memang ternyata memiliki kandungan yang kaya manfaat. Manfaat teh mungkin tidak dapat kita rasakan langsung, ada berbagai macam teh yang ada di pasaran, beberapa diantaranya bahkan digunakan untuk keperluan kecantikan

Minuman teh yang kita kenal ini berasal dari pengolahan daun yang kemudai mulai dikemas menjadi kemasan yang siap sedu dan juga siap minum. Minuman sehat tergolong minuman alami yang juga menyehatkan, beberapa point di bawah ini merupakan kandungan senyawai baik dari macam-macam jenis teh.

  • Polifenol – Jenis kandungan anti oksidan ini disebutkan lebih baik 100 kali dari manfaat vitanin E. Diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, menstabilkan tekanan gula darah, memperlancar pencernaan dan melawan kolesterol jahat dalam darah.
  • Kafein – Selain minuman kopi, kafein juga ditemui dari secangkir teh ini. Manfaatnya adalah mampu meningkatkan mood dan konsentrasi.
  • Essential oil – Zat protein inilah yang membuat aroma teh sangat khas dan sangat menenangkan seperti wewangian aroma terapi yang terdapa pada khasiat buah jeruk. Selain itu sangat berguna untuk melarutkan lemak yang membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Vitamin A – Pada teh yang bertujuan untuk pembentukan vitamin A nya adalah kandungan beta karoten. Unsur vitamin A inilah yang bekerja untuk menjaga kesehatan mata.

Berbagai jenis teh yang ada di pasaran memang sangat banyak dan dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi teh tanpa campuran apapun akan membantu metabolisme tubuh agar sehat dan kuat.

Advertisements