Blog
Advertisement

22 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Setiap wanita hamil tentunya ingin yang terbaik bagi calon bayi yang di kandungnya.  Tidak heran jika, saat wanita sedang hamil semua harus di perhatikan terutama soal makanan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil, dapat mempengaruhi perkembangan janin yang dikandung. Para orang tua pastinya tidak menginginkan sesuatu terjadi terhadap kandungannnya, untuk itu maka 22 pantangan makanan ibu hamil ini harus di hindari :

  1. Jangan mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang.  Makanan tersebut memungkinkan terdapat kandungan bakteri dan virus yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.
  2. Beberapa pernyataan mengatakan bahwa manfaat minum bir baik bagi kesehatan. Namun bagi ibu hamil  tidak anjurkan untuk meminumnya, karena alkohol bersifat racun bagi janin.
  3. Hindari mengkonsumsi jenis makanan laut (seafood) yang memiliki kandungan merkuri tinggi, sebab dapat merusak jaringan otak bagi janin. Contohnya, ikan salmon, udang, kepiting, king makarel. Pilihlah seafood yang memiliki kandungan omega 3 yang sangat bagus untuk pertumbuhan otak janin.
  4. Jangan meminum minumaan mengandung banyak kafein, karena akan mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan kecil dan mempengaruhi detak jantung dan sistem pernapasan janin.
  5. Hindari mengkonsumsi makanan olahan.
  6. Jangan minum susu dan keju yang belum di proses, seperti susu kambing dan keju lunak. Karena, ada kemungkinan  masih ada bakteri yang bersarang di dalamnya.
  7. Di larang meminum minuman dengan kandungan pemanis buatan, karena biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi.  Banyak-banyak minum air putih yang lebih menyehatkan.
  8. Sayur dan buah-buahan untuk ibu hamil sangat di anjurkan untuk dikonsumsi.  Tapi, cuci terlebih dahulu sayur dan buah yang akan dikonsumsi.  Ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel dan akhirnya mempengaruhi proses kehamilan.
  9. Bagian hati sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.  Konsumsilah hati dengan pengolahan yang benar dan jangan mengkonsumsi secara berlebihan.
  10. Hindari makanan yang membuat anda alergi.
  11. Mengkonsumsi makanan dengan kalori berlebih, dapat mengakibatkan janin lahir dengan kelebihan berat badan.
  12. Hindari menu ikan asap, karena ikan asap mudah terkontaminasi dengan bakteri.  Sehingga, mengakibatkan infeksi dan keracunan darah pada janin.
  13. Jangan makan telur yang di masak setengah matang.  Karena, bisa berpotensi adanya bakteri salmonella yang menyebabkan penyakit tipes.
  14. Hindari makan es cream yang tidak di buat sesuai standar kualitas, karena dapat membawa resiko listeria.
  15. Hindari makanan salad yang siap saji atau sudah di kemas. Bahaya makanan siap saji, seperti salad kemasan ini biasanya karena di tambah bahan dalam bentuk senyawa kimia.  Sehingga akan beresiko terhadap toksoplasmosis dan listeria.
  16. Di larang meminum jenis teh herbal bunga chamomile.
  17. Hindari mengkonsusmsi kerang merah, karena kerang terdapat bakteri dan virus.
  18. Di larang makan nanas berlebihan.   Karena, nanas mengandung enzim bromelain yang mengganggu perut dan melembutkan jaringan ikat pada dinding rahim.  Hal ini lah sebagai penyebab keguguran kandungan.
  19. Bahaya merokok sudah tentu tidak baik untuk kesehatan, jadi dilarang merokok saat hamil. Hal ini akan mengakibatkan bayi lahir dengan kerusakan sistem pembuluh darah di dalamnya.
  20. Hindari makanan yang mengandung pengawet, seperti mie instan.  Karena makanan tersebut mengandung zat aditif pada makanan yang berbahahaya.
  21. Hindari cemilan tidak sehat yang ringan dan tinggi lemak, seperti kentang goreng, kerupuk, keripik, cokelat, dan gorengan lainnya.  Konsumsilah cemilan sehat yang aman untuk ibu hamil dan juga janin yang dikanding.
  22. Hindari makanan yang rendah karbohidrat, janin membutuhkan asupan gizi yang cukup. Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi namun dalam porsi yang tidak berlebihan juga.

Makanan sangatlah penting bagi ibu hamil, karena makanan yang di makan pada ibu hamil merupakan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh si ibu dan juga tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Semoga informasi yang telah di berikan dapat menjadi panduan bagi para ibu hamil dan menambah pengetahuan mengenai kehamilan yang sehat, hingga waktu persalinan tiba.

Informasi tersebut dapat diterapkan sebagai pola hidup sehat yang harus dilakukan semasa kehamilan. Peran serta lingkungan, terutama keluarga akan memberikan motivasi terhadap ibu untuk menjalani kehamilan yang sehat.

Summary
Article Name
22 Pantangan Makanan Ibu Hamil
Description
Ibu hamil harus mengetahui 22 pantangan makanan ibu hamil untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan janin.
Author

Advertisements