Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Perkembangan Janin Minggu Ke Minggu « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Perkembangan Janin Minggu Ke Minggu

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Artikel ini akan membahas perkembangan janin dari minggu ke minggu untuk mengetahui kesehatan serta perkembangan jabang bayi yang sedang dikandung. Mengenali tanda tanda kehamilan dan mulai menghitung perkembangan janin yang di kandung merupakan saat yang sangat berbahagia bagi pasangan suami istri. Mengenali ciri ciri hamil untuk mengetahui masa ini sangat penting, karena pada minggu pertama biasanya banyak tidak menyadari hal tersebut. Pentingnya mengetahui perkembangan ini adalah untuk memastikan janin yang terkandung dalam rahim sang ibu normal dan memiliki perkembangan yang bagus. Secara umum perkembangan jabang bayi yang dikandung pada wanita normal adalah sama, kalau pun berbeda perbedaannya tidak terlalu jauh.

Perkembangan Janin

Perkembanganan janin minggu ke minggu penting untuk diketahui, selain untuk mengetahui apakah janin tersebut normal atau tidak. Dalam artikel ini kami akan mengulas sedetil mungkin tahapan perkembangan janin agar anda mengetahui secara detil mengenai hal ini.

  • Perkembangan Janin Awal : Minggu 1- 3

    Pada usia awal janin sudah mulai berkembang, pada minggu ke satu sampai minggu ke tiga biasanya sangat kecil tanda yang dapat dirasakan oleh bunda.

    perkembangan janin

    • Perkembangan Janin Minggu Ke 1 dan 2. Pada minggu pertama biasanya merupakan proses pembuahan ketiga sperma bertemu dengan sel telur. Pada minggu kedua hormon progesteron akan membuat rahim siap dibuahi yang mana tempat bayi berkembang selam 9 bulan kedepan.
    • Perkembangan Janin Minggu Ke 3. Pada minggu ketiga merupakan tahap dimana terjadinya pembuahan yang sesungguhnya. Sekitar pertengahan siklus (hari ke-14 dari siklus normal 28-hari haid) salah satu telur akan tersapu ke bagian yang namanya tuba falopi. Selanjutnya 12 sampai 24 jam, sel telur dapat dibuahi salah satu dari 350 juta sperma (Rata rata sperma saat ejakulasi) berhasil berenang sampai ke tuba falopi tersebut dari vagina melalui rahim untuk membuahi sel telur.
  • Perkembangan Janin Usia 1 Bulan : Minggu 4 -7

    Dalam siklus kehamilan, biasanya sang bunda baru sadar bahwa ia telah hamil. Janin dalam usia 1 bulan telah menemukan tempat atau “rumah” dalam rahim tersebut.

    • Perkembangan Janin Minggu Ke 4. Janin pada minggu ke empat telah disebut embrio yang sudah mulai tumbuh di rahim seukuran biji poppy.
    • Perkembangan Janin Minggu Ke 5. Janin pada minggu ke lima ukurannya masih sangat kecil, sehingga perut anda masih nampak seperti biasa. Namun, pada minggu ke lima ini jantung bayi sudah mulai berdetak dan memompa darah.
    • Perkembangan Janin Minggu Ke 6. Pada usia ini embrio sangat mirip dengan berudu, pada minggu ke 6 ini organ tubuh telah mulai dibentuk. Tanda hitam kecil sudah mulai kelihatan untuk mata, lobang kecil untuk hidung, dan lobang lain untuk telinga sudah mulai terbentuk. Begitu juga dengan organ hati, pankreas, jantung, dan tiroid.
    • Perkembagan Janin Minggu Ke 7. Pada usia ini estimasi bayi sudah memiliki panjang o.5 inch atau 1,25 Cm pada usia ini embrio sedikit berbeda dengan terbentuknya selaput jari tangan dan kaki. Pada usia ini otak dan bagian bibir juga sudah mulai dibentuk.
  • Perkembangan Janin usia 2 Bulan : Minggu 8-12

    Pada usia 2 bulan, janin ukuran bayi sudah berkisar antara 1,5 – 5.6 Cm, wajah bayi sudah mulai kelihatan dan semakin membentuk bayi yang lucu.

    • Perkembangan Janin Minggu Ke 8. Pada minggu ke 8 perubahan pada janin sudah sangat signifikan. Embrio sudah memiliki panjang 1.6 Cm sel sel syaraf otak telah terhubung antara satu dengan yang lainnya, wajah kekanak kanakan juga sudah mulai terbentuk.
    • Minggu ke 9. Pada minggu ini janin sudah mulai membentuk sempurna, kelopak mata sudah menutup matanya dan telinga sudah mulai kelihatan. Jari tangan dan kaki sudah mulai terlihat pada umumnya seperti manusia biasa. Pada minggi ke sembilan ini bayi sudah siap untuk pertumbuhan yang sangat cepat. Berat bayi pada minggu ini hanya sekitar 2 G dan panjang 2,3 Cm
    • Minggu ke 10. Embrio sekarang telah dapat disebut janin, yang berarti ‘keturunan’. Janin sekarang memiliki panjang sekitar 3.1cm panjang dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya kurang dari 4g. Dia mungkin kecil, tapi dia sangat aktif, menelan cairan dan sudah mulai menendang dengan kakinya.
    • Minggu ke 11. Panjang janin dari kepala ke pantat sekarang sekitar 4cm panjang. Ruas kuku sudah mulai terbentuk, dan pada minggu ini janin sudah mulai aktif bergerak dan menendang nendang.
    • Minggu ke 12.  Janin saat ini telah memiliki panjgan sekitar 5.4cm dari kepala ke pantat dan beratnya kurang lebih 14g. Berita baiknya adalah pada minggu ini Janin sudah mulai merasakan gerak ketika anda menekan perut. Syaraf telah merespon ke otak dan akan lebih sering bergerak, walaupun gerakannya mungkin belum bisa anda rasakan. Janin juga telah dapat mengepalkan jari dan kelopak matanya.
  • Perkembangan Janin usia 3 Bulan : Minggu 13 - 16

    Dalam usia 3 bulan bayi akan memiliki panjang sekitar 7- 8 cm yang di ukur dari ujung kepala sampai dengan pantannya. Pada bulan ini hal yang paling menonjol adalah sidik jari di ujung jarinya sudah terbentuk. Mulai memakan makanan ibu hamil yang sehat akan membantu perkembangan janin anda.

    • Minggu ke 13. Saat ini janin memiliki panjang sekitar 6.7cm dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya hampir 23 g, hampir sama seperti kacang polong. Sidik jari kecil sekarang di ujung jari-jarinya sudah terbentuk. Ketika anda menggoyangkan perut secara perlahan bayi sudah mulai merespon dengan gerakan gerakan halus.
    • Minggu ke 14. Puncak kepala sampai bokong, janin sekarang memiliki panjang sekitar 8cm dan berat sekitar 40g. Tubuhnya kini tumbuh lebih cepat dari kepalanya. Alis dan rambut yang sangat halus sudah mulai tumbuh pada minggu ini.
    • Minggu ke 15. Pada minggu ini biasanya bunda akan bertambah berat badannya sekitar 2-4.5 Kg, walaupun janin anda hanya berkisar 70 g dan panjang sekitar 9.1cm dari puncak kepala sampai bokong. Anda mungkin tidak tahu saat itu terjadi, tetapi penyewa kecil Anda sering mendapat cegukan, bayi belajar yang harus dilakukan sebelum pernapasan. Bayi tidak membuat suara apapun karena tenggorokan mereka (trakea) diisi dengan cairan daripada udara. Kaki janin akan tumbuh lebih panjang dari tangannya pada minggu ini.
    • Minggu Ke 16. Janin saat ini sudah memiliki panjanga 10 cm dari kepala sampai bokong dengan berat sekitar 100 g. Pada minggu ini adalah hal paling lucu pertama yang dilakukan bayi anda, yaitu ia memperoleh “mainan” pertamanya yaitu tali pusar. Pada minggu ini biasanya terjadi kekurangan oksigen karena terlilitnya tali pusar tersebut.
  • Perkembangan Janin usia 4 Bulan : Minggu 17-20

    Janin pada usia 4 bulan memiliki panjang sekitar 13cm (5.5inch) dan berat 140 gram (5oz). Kerangkanya mulai mengeras dari rawan karet menjadi tulang. Mulai bulan ini anda dapat melakukan senam kegel untuk menjaga persiapan persalinan anda nantinya.

    • Minggu ke 17. Janin sekarang hampir 11cm dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya sekitar 140g. Kerangkanya yang sebagian besar tulang rawan karet akan mulai mengeras. Sebuah zat pelindung yang disebut mielin perlahan mulai membungkus tulang belakangnya. Kelenjar keringat mulai mengembangkan seluruh tubuhnya. Sama seperti ia tumbuh besar, tali pusat, tali penghubung dengan plasenta, tumbuh lebih kuat dan lebih tebal juga.
    • Minggu ke 18. Janin saat ini memiliki panjang sekitar 12cm dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya sekitar 190g. Dadanya bergerak naik dan turun untuk sesuai dengan proses pernapasan.
    • Minggu ke 19. Minggu ini anda telah mengalami setengah masa kehamilan atau setengah jalan. Janin anda akan memiliki panjang sekitar 14.2cm panjang dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya sekitar 240g. Janin akan menelan air ketuban dan perkembangan sensorik mencapai puncaknya pada minggu ini. Perkembangan penciuman, rasa, pendengaran, otak mulai dirangsang di otaknya.
    • Minggu ke 20. Panjang bayi sekitar 26cm dan berat badannya terus bertambah besar. Sebuah lemak tipis yang disebut vernix kaseosa licin mulai menutupi janin ini, melindungi kulitnya selama perendaman panjang dalam cairan ketuban. Hal ini juga memudahkan kelahiran. Janin akan menelan lebih banyak ketuban minggu ini, hal ini sangat baik untuk sistem pencernaannya. Setelah bayi Anda mendapatkan cairan ketuban, tubuhnya menyerap cairan dan sisanya  bergerak ke usus besarnya.
  • Perkembangan Janin usia 5 Bulan : Minggu 21-24

    Alis dan kelopak mata sekarang sudah di posisi yang tepat. Bayi anda sekarang akan memiliki panjang lebih dari 27cm (10.5in) jika kakinya sudah terlentang sempurna. Pada bagian ini, ciri ciri janin laki laki atau perempuan akan mulai nampak dan sudah dapat di prediksi dengan tepat menggunakan USG.

    • Minggu ke 21. Berat bayi anda sekarang sekitar 360g dan sekitar 27cm. Alis dan kelopak mata bayi Anda sepenuhnya berkembang, dan sekarang ia bisa berkedip. Jika Anda mengandung anak laki-laki, testis akan turun dari panggul ke dalam skrotum dalam beberapa minggu mendatang.
    • Minggu ke 22. Berat bayi anda sekarang hampir 430g, ukuran panjangnya sekitar 28cm. Pada minggu ini kaki bayi sudah mulai tidak meringkuk lagi, sehingga dalam mengukur sudah dapat diukur dari ujung kepala sampai tumitnya, bukan sampai pantat lagi.
    • Minggu ke 23. Janin anda sekarang sudah sudah memiliki berat 500g dan ukuran panjang sekitar 29cm. Pada minggu ini pendengaran janin sudah mulai terbentuk, janin sudah dapat merasakan detak jantung anda dan lainnya.
    • Minggu ke 24. Janin anda sekarang telah memiliki berat lebih dari 600g. Janin ini telah mengisi ruang rahim secara signifikan. Saat ini janin telah memiliki panjang sekitar 30cm. Pada bagian ini otak akan berkembang dengan pesat serta paru paru sudah mulai terbentuk sempurna dengan cabang cabangnya.
  • Perkembangan Janin usia 6 Bulan : Minggu 25-29

    Janin berusia 6 bulan memiliki berat sekitar 660 g, Kulit keriput bayi mulai terkelupas dan digantikan dengan lemak di tubuhnya.

    • Minggu ke 25. Pada minggu ke 25 ini janin sudah memiliki panjang sekitar 35 CM, kulit janin yang keriput akan berganti dan menjadi kulit seperti biasanya yang digantikan dengan lemak tubuh normal.
    • Minggu ke 26. Pada minggu ke 26 berat badan bayi sudah lebih dari 760 g dengan panjang kurang lebih 36 cm, pada minggu ini bayi sudah dapat mendengar anda walaupun mungkin belum begitu jelas sampai dengan syaraf di telinganya terbentuk sempurna.
    • Minggu ke 27. Berat janin anda sekarang hampir 875 g dan panjang lebih dari 36cm dari kepala sampai kaki. Matanya terbuka dan tertutup, dia tidur dan bangun secara berkala dan ia bisa menghisap jari atau jempol pada minggu ini. Pada minggu ini dipercaya janin telah dapat bermimpi.
    • Minggu ke 28. Berat janin anda kurang lebih sudah mencapai 1 kg dan panjangnya sekitar 38 cm dari atas hingga kaki. Pada waktu ini janin sudah dapat memutar kepalanya. Janin sudah memulai mengedipkan matanya dan sekarang memiliki bulu mata.
    • Minggu ke 29. Berat janin anda sekarang sedikit di atas 1 kg dan panjangnya sekitar 39 cm dari kepala sampai kaki. Di kepalanya mulai tumbuh rambut. Jika anda mengandung anak laki-laki, buah zakarnya akan diturunkan dari dekat ginjal melalui selangkangan ke skrotum. Jika bayi Anda perempuan, clitorisnya menonjol, karena itu belum terjangkau oleh labia karena masih kecil. Oleh karenanya terkadang jika di USG 2 dimensi kesalahan menentukan jenis kelamin mungkin terjadi di sini.
  • Perkembangan Janin usia 7 Bulan : Minggu 30-33

    Pada saat berusia 7 bulan ini, janin telah dapat membuka mata dan melihat sekelilingnya. Panjang janin kurang lebih 40 CM dari ujung kepala sampai ujung kaki.

    • Minggu ke 30. Paru-paru bayi anda dan saluran pencernaan hampir sepenuhnya dikembangkan. Dia terus membuka dan menutup matanya. Dia mungkin bisa melihat apa yang terjadi di dalam rahim Anda, melihat cahaya dari gelap dan bahkan melacak sumber cahaya. Jika anda menyinari perut, bayi Anda mungkin menggerakkan kepalanya untuk mengikuti cahaya atau bahkan menjangkau untuk menyentuh cahaya tersebut.
    • Minggu ke 31. Pada minggu ini berat badan bayi sudah kurang lebih 1.5 kg dengan panjang sekitar 41 cm. Pada minggu ini janin akan sangat sering bergerak karena ruang di rahim akan semakin sempit.
    • Minggu ke 32. Berat janin anda sekarang sekitar 1.7 kg dan panjang sekitar 42 cm ari kepala sampai kaki. Meskipun paru-parunya tidak akan sepenuhnya dikembangkan sampai sesaat sebelum kelahiran, si kecil sibuk menghirup cairan ketuban untuk latihan paru-parunya.
    • Minggu ke 33. Berat bayi anda sekarang sekitar 2 kg dan ukuran sampai dengan 44cm dari kepala sampai kaki. Dia mungkin sudah bersiap-siap untuk lahir dengan memutar terbalik. Kepalanya harus menunjuk ke bawah, siap untuk perjalanannya ke dunia.
  • Perkembangan Janin usia 8 Bulan : Minggu 34-38

    Pada bulan ini janin akan menyempurnakan fungsi paru parunya berat janin berkisar antara 2.2 kg.

    • Minggu ke 34. Berat janin anda sekarang lebih dari 2.2 kg dan 45 cm dari atas hingga kaki. Saat ini janin akan mengumpulkan lemak lemak yang digunakan untuk menjaga suhu badan ketika ia lahir. Pada masa ini juga bayi sudah diyakini dapat mendengar lebih baik.
    • Minggu ke 35. Berat janin anda sekarang sekitar 2.4 kg dan ukuran sekitar 46 cm dari kepala sampai kaki. Siku, kaki atau kepala mungkin menonjol dari perut Anda ketika dia meregang dan menggeliat. Janin akan mulai melakukan aktivitas sehari hari yang dapat dirasakan seperti menggeliat dan menendang lebih kencang.
    • Minggu ke 36. Bayi anda masih mendapatkan berat badan sekitar 28g per hari. Beratnya hampir 2.7kg dan sekitar 47cm panjang dari kepala sampai kaki. Anda mungkin mulai merasa tekanan yang meningkat di perut karena bayi mulai turun secara bertahap.
    • Minggu ke 37. Berat janin anda sudah sekitar 2.8 kg dan mungkin sekitar 48.6cm panjang dari kepala sampai kaki. Kepala janin anda kini berada dalam rongga panggul Anda dan dikelilingi dan dilindungi oleh tulang panggul Anda.
    • Minggu ke 38. Pada minggu ke 38 ini sebenarnya sudah dapat dilakukan persalinan caesar, namun pada minggu ke 38 ini berat badan janin biasanya sudah mencapai 3-3.2 kg.
  • Perkembangan Janin usia 9 Bulan : Minggu 39-40

    Pada bulan ini janin sudah siap untuk lahir rata rata beratnya adalah 3 – 3.4 kg dengan panjang sekitar 50cm. Persiapkan biaya persalinan karena bayi anda siap untuk melihat dan memulai kehidupan duniawinya.

    • Minggu ke 39. Janin akan mengeluarkan atau melepaskan zat putih (vernix kaseosa) yang telah melindungi kulitnya. Ini ternyata cairan ketuban, yang dulunya jelas, pucat dan susu. Lapisan luar kulit bayi anda juga akan mengalami peluruhan sebagai bentuk kulit baru di bawahnya.
    • Minggu ke 40. Bayi telah siap dilahirkan cek berat badan bayi pada minggu ini, berat badan ideal bayi adalah sekitar 2.5 sampai dengan 3.8 kg. Jika bayi beratnya diantara berat badan ini artinya normal.

Perkembangan Janin Bayi

Perkembangan janin sangat penting untuk kita ketahui, minggu per minggu janin terus berkembang. Menerapkan pola hidup sehat, kurangi cemilan tidak sehat dan konsumsilah cemilan sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu pertumbuhan janin.  Selalu jaga janin anda saat mengandung, kurangi stress dan kurangi kelelahan terutama pada masa awal kehamilan agar bayi tetap berkembang dengan baik karena perlu kita ketahui tidak semua orang dapat dengan mudah hamil walaupun telah mencoba berbagi cara cepat hamil. Jadi sayangi janin anda dengan tulus.

Tips Menjaga Agar Janin Tetap Sehat

  1. Hindari Stress
  2. Hindari makanan Instan ( Mie, Makanan kaleng, Snack, serta minuman dalam kaleng)
  3. Jangan terlalu capek
  4. Konsumsi banyak buah dan sayur serta ikan
  5. Tidur jangan terlalu malam
  6. Hindari suara yang terlalu keras ( musik saat pesta), karena dikhawatirkan mengganggu pendengaran bayi.
  7. Senam hamil di Rumah

Semoga bunda dan sang bayi sehat saat persalinan nanti.

Advertisements