Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Struktur Anatomi Fisiologi Lidah Manusia « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Struktur Anatomi Fisiologi Lidah Manusia

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Anatomi lidah manusia terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri untuk pengecap rasa. Lidah merupakan salah satu indera yang dimiliki semua manusia, yang berfungsi sebagai pengecap rasa. Tanpa lidah kita tidak akan dapat merasakan makanan yang kita makan.

Pada kesempatan ini sahabat blogging akan mendapatkan informasi mengenai bagian-bagian dan struktur lidah secara keseluruhan yang penting untuk kita pahami bersama.

Anatomi Lidah

Anatomi lidah berdasarkan bagian-bagiannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

anatomi lidah

Anatomi lidah

Penjelasan : 

  • Dorsum Lidah; Bagian paling atas dari sebuah lidah.
  • Apex of the Tongue ; Bagian paling ujung dari lidah
  • Filiform Lingual Papilae / filiform papila: bagian kecil yang berbentuk kerucut pada permukaan lidah yang berfungsi sebagai indera peraba.
  • Fungiform Lingual Papilae/ papila : Jamur berbentuk papila tersebar secara merata di seluruh dorsum lidah. Mereka berwarna merah tua dan masing-masing berisi indera pengecap. Terkadang mereka ini dianggap sebagai bintik hitam di lidah yang berbahaya.
  • Median Sulcus; lekukan linear terpusat pada dorsum lidah memisahkan antara bagian anterior ke posterior.
  • Circumvallate Papillae / Sirkumvalata papila (Vallate papila): Papila berbentuk piala yang memiliki lebar sekitar 1-2 mm dan ditemukan pada dorsum posterior lidah. Mereka biasanya diatur dalam 2 baris yang membentuk “V-shape”. Setiap papilla berisi pengecap.
  • Lingual tonsil;massa bulat yang terdiri dari jaringan limfatik yang mencakup wilayah posterior lidah yang fungsinya untuk memproduksi antibodi.
  • Foramen Cecum adalah lubang dari saluran tiroglosus yang merupakan pemisah dari tongsil lidah.
  • Palatine Tonsil;  adalah amandel di sisi kiri dan kanan di bagian belakang tenggorokan yang sering terlihat sebagai benjolan putih, berfungsi sebagai sistem imum internal lidah.
  • Epiglottis; Ketika menelan makanan, epiglotis dilipat glotis untuk menghentikan cairan dan makanan memasuki trakea (pipa angin). Dengan demikian, makanan pergi ke kanan kerongkongan sehingga tidak akan bisa tersedak. Hal ini juga berfungsi untuk menghasilkan suara dalam beberapa bunyi.

Struktur anatomi lidah berdasarkan bagian-bagian tersebut cukup penting untuk kita ketahui. Namun ada struktur bagian bagian lidah yang dapat kita pilah sebagai bagain pengecap. Tongsil ini merupakan salah satu penyebab sariawan di lidah yang penting untuk kesehatan lidah.

Struktur Anatomi Lidah Berdasarkan Fungsinya

Struktur Bagian Bagian Lidah

Struktur Bagian Bagian Lidah

  • Bagian Pangkal (Rasa Pahit); Bagian pangkal lidah merupakan pengecap rasa pahit.
  • Bagian Samping Pangkal (rasa asin); Bagian samping paling dalam dari lidah merupakan pengecap rasa asin.
  • Bagian samping luar (rasa Asam); Bagian samping luar lidah memiliki indera untuk mengecap rasa asam.
  • Bagain ujung lidah (rasa Manis); Bagian ujung lidah ini bertugas untuk merasakan rasa manis.

Fungsi lidah telah tersusun rapi dan memiliki tugas dan cara kerja masing masing yang dapat membantu kita memahami berbagai rasa dari makanan yang kita konsumsi.

Anatomi lidah merupakan bagian terkecil dari struktur dan anatomi tubuh manusia. Masih banyak lagi anatomi tubuh yang wajib di ketahui dengan mempelajari berbagai cabang ilmu biologi di antaranya adalah:

Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda mengenai berbagai fungsi dan struktur tubuh manusia terutama lidah.

Advertisements