Blog
Advertisement

Bintik Hitam Pada Lidah

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Mungkin anda bingung bintik hitam pada lidah yang menyebabkan anda khawatir akan penyakit kanker atau khawatir bintik hitam ini adalah gejala kanker lidah. Sebenarnya bintik hitam yang timbul pada lidah ini merupakan suatu hal yang sangat dicurigakan apakah kanker atau tidak. Perlu diketahui bintik hitam pada lidah ini dapat dikategorikan dalam beberapa macam, untuk bintik hitam kecil ini bukan sama sekali penyebab atau gejala penyakit kanker.

Bintik hitam ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti jamur atau memang disebabkan oleh hal lain yang dapat membentuk bintik tersebut. Secara umum bintik pada lidah ini disebabkan oleh adanya jamur atau pada saat anda memakan makanan asam seperti cuka yang dapat menyebabkan beberapa daerah pada lidah menjadi lebih bersih atau seperti kelihatan membentuk pola hitam.

Bintik hitam ini jika kita bandingkan dengan flek hitam pada wajah dan jerawat pada wajah memang lebih menakutkan.  Penanganannya juga berbeda dengan cara menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Untuk lebih memahami gejala bintik yang ada pada lidah anda ada baiknya melihat berbagai kategori dan beberapa jenis bintik hitam yang ada pada lidah anda.

Penyebab dan Perawatan Bintik Hitam Pada Lidah

Ada banyak penyebab dan berbagai jenis bintik hitam yang mungkin terjadi pada lidah anda, terlebih dahulu mungkin anda harus mencocokkan gejala yang anda alami apakah sesuai dengan karateristik di bawah ini.

Lidah berbulu

Bintik hitam pada lidah atau lidah seperti berbulu penyebab utamanya adalah konsumsi alkohol secara berlebihan, kebersihan mulut yang tidak terjaga, terkena infeksi jamur, mulut kering (xerostomia), selain itu bintik hitam pada lidah ini juga disebabkan oleh konsumsi rokok yang berlebihan.

Aktifitas di atas akan menyebabkan pertumbuhan jamur di permukaan lidah yang akhirnya akan menyebabkan permukaan tersebut seperti bintik-bintik berwarna hitam. Kaitannya dengan lidah berbulu adalah perubahan warna pada permukaan transien lidah dan jaringan lunak pada lidah ini dapat membentuk seperti bulu hitam.

Ada berbagai alasan lain terkait transien lidah ini , penggunaan obat-obatan, seperti garam besi, subsalisilat, yang umumnya dikenal sebagai Pepto-Bismol, beberapa makanan dan minuman, seperti kopi, teh, cuka, licorice dan merokok adalah beberapa penyebab perubahan warna permukaan transien yang menyebabkan seperti bulu halus. Untuk kasus ini berhenti merokok atau hindari pengunaan obat secara berlebihan adalah cara terbaik untuk menghilangkan lidah berbulu ini.

Oral Fibroma

Oral Fibroma merupakan jaringan yang mengerucut ke atas atau benjolan sangat kecil yang halus dan memiliki warna sama seperti lidah. Warna bagian ini juga dapat seperti bintik hitam jika mereka dalam keadaan berdarah. Oral Fibroma ini bukanlah sejenis kanker, penyebab utamanya adalah trauma seperti lidah yang secara tidak sengaja digigit.

Pengobatan Oral fibroma ini dapat dilakukan dengan eksisi bedah namun hal ini tidak menjamin oral fibroma ini tidak terjadi lagi pada masa yang akan datang. Namun jika tidak dihapus Fibroma ini dapat menjadi masalah serius untuk kesehatan mulut lainnya. Pencegahan Fibroma ini dapat dilakukan dengan berhati hati dalam mengunyah makanan agar lidah tidak terluka atau secara tidak sengaja mengigit lidah sendiri.

Hyper-Pigmentasi

Salah satu penyebab utama bintik hitam atau noda pada lidah adalah hiper-pigmentasi. Hiper-pigmentasi dapat terjadi dengan sendirinya, tetapi dalam banyak kasus hal itu berkaitan dengan sifat genetik atau keturunan yang terus berulang. Pigmentasi ini memang dapat dikategorikan hanyak karena masalah tampilan saja. Namun dalam beberapa kasus mereka juga dikaitkan dengan beberapa kasus penyakit dan gejala bakteri lainnya. Bintik hitam yang disebabkan oleh pigmentasi ini biasanya hanya terjadi sebagian kecil saja.

Untuk mengatasi bintik yang terjadi karena pigmentasi ini adalah dengan mengoleskan minyak rosehip, jus kentang asli, lidah buaya, jus lemon dan jus mentimun yang warna kulitnya gelap. Seorang dokter kulit dapat dengan mudah menghapus bintik-bintik atau noda, untuk alasan kecantikan dengan cara yang lebih singkat dengan metode medis.

Kanker Mulut

Kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, pasien dengan keluhan kanker mulut biasanya akan muncul benjolan pada pangkalan mulut yang tidak kunjung hilang dalam jangka waktu yang cukup lama. Dalam beberapa kasus, gejala ini dapat muncul seperti pigmentasi yang kadang terlihat seperti bintik-bintik hitam di kedua permukaan atau bawah lidah.

Gejala lain dari kanker mulut adalah perdarahan dalam mulut yang tidak diketahui penyebabnya, bengkak, mati rasa yang tidak diketahui penyebab jelasnya, rasa sakit dan nyeri, adanya kesulitan pada saat menelan, mengunyah atau berbicara, sakit tenggorokan, sakit telinga dan penurunan berat badan yang dramatis . Ada beberapa faktor risiko untuk kanker mulut, seperti riwayat keluarga kanker mulut, konsumsi alkohol berlebihan, merokok dan penguna rokok pasif.

Pengobatan kanker mulut dapat dilakukan seperti kanker lainnya yaitu dengan melakukan operasi untuk menghapus pertumbuhan kanker, yang kemudian diikuti dengan radiasi dan kemoterapi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa.

Untuk mencegah kanker mulut, penting untuk mempertahankan diet seimbang, kunjungan ke dokter gigi secara teratur untuk melakukan pemeriksaan, menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan dan tentu dengan menghentikan rokok.

Reaksi terhadap Obat

Bintik hitam pada lidah dapat terjadi karena dihasilkan dari obat tertentu seperti antibiotik, obat yang mengandung bismuth salisilat, inhaler asma dan beberapa antidepressan.  Pada kasus normal dengan menyikat lidah secara rutin akan dapat menghapus noda ini. Jika tidak dapat menghilangkan noda ini segera konsultasi dengan dokter spesialis gigi anda.

Tips Mencegah Bintik Hitam Pada Lidah

Bintik hitam pada lidah ini dapat dicegah dengan cara yang sangat mudah, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan pada lidah anda agar terbebas dari bintik hitam yang menganggu.

  1. Menjaga kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang baik sangat penting bagi kesehatan mulut  secara keseluruhan dan dapat membantu untuk mencegah dan menghilangkan benjolan hitam atau flek di lidah. Menyikat gigi, membersihkan lidah dengan scraper dan menggunakan obat kumur dua kali sehari sangat penting untuk pencegahan dan pengobatan bintik hitam ini.
  2. Diet dan Pola Hidup Sehat. Menerapkan pola diet yang sehat, termasuk mengkonsumsi serat yang cukup, buah-buahan dan sayuran, dan setidaknya 2 liter air per hari, sangat penting untuk menjaga mulut yang sehat.
  3. Mengkonsumsi buah nanas. Mengisap potongan-potongan kecil nanas, dan mendiamkan nanas tersebut di pangkal lidah kurang lebih 40 detik, selain itu dibantu dengan mengunyah nanas tersebut 6 sampai 8 menit akan membantu memudarkan bintik hitam pada lidah tersebut. Lakukan proses ini 8 sampai10 hari dan liat perbedaannya.

Berbagai gejala bintik hitam pada lidah harus anda kenali lebih mendalam. Jika anda tidak memahami benjolan atau flek pada lidah anda segera kunjungi dokter terkait.

Advertisements