Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
8 Penyebab Kebotakan Dan Cara Mengatasinya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

8 Penyebab Kebotakan Dan Cara Mengatasinya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Secara normal jumlah rambut yang rontok 90-100 helai per hari. Kemudian dalam sehari pertumbuhan rambut tumbuh sebanyak 20 helai.  Hal tersebut adalah normal karena kulit kepala yang sehat selalu mengalami pergantian dan pertumbuhan rambut secara terus -menerus. Namun rambut yang rontok secara tidak wajar, dapat mengkhawatirkan dan menyebabkan kebotakan. Orang sering beranggapan jika kebotakan hanya terjadi saat di usia senja, padahal kebotakan bisa terjadi pada usia muda sekitar umur 20 tahunan.

Penyebab Kebotakan

Kebotakan banyak sekali penyebabnya apalagi kebotakan yang terjadi saat usia muda. Ulasan berikut akan memberikan sedikit info penyebab kebotakan :

1. Faktor genetika atau keturunan

Faktor genetika atau penyakit keturunan merupakan kebotakan secara permanen yang tidak akan bisa di sembuhkan.  Jika di antara kedua orangtua ada yang mengalami kebotakan kemungkinan besar akan turun kepada anaknya.

2. Terkena benda panas

Catok dan hair dryer bisa menyebabkan rambut rontok yang sangat parah, sehingga menyebabkan kondisi kulit kepala rambut menjadi mati.  Faktor ini bisa di sembuhkan dengan cara merawat rambut secara teratur, seperti di creambath dan perawatan salon di rumah dengan cara membuat masker rambut alami.

3. Bahan Kimia

Obat keriting, obat penglurus rambut, dan semir rambut atau pewarna rambut bisa menyebabkan kebotakan. Obat-obatan tersebut memiliki kandungan zat kimia yang sangat tinggi sehingga mempengaruhi metabolisme pertumbuhan kulit sehingga menjadi penyebab kerontokan rambut dan tidak menutup kemungkinan menjadi timbulnya kebotakan.

4. Infeksi kulit kepala

Biasanya yang terjadi pada infeksi kulit kepala sehingga membuat rambut rontok dan menjadi botak di karenakan karena jamur, ketombe, dermatitis, dan herpes.  Jika tidak biasa di obati dan di tangani segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

5. Stres

Tanda-tanda stress seperti banyak pikiran akan mempermudah terjadinya kerontokan rambut  sehingga menyebabkan kebotakan.  Stres bisa di sebabkan karena masalah keluarga, sekolah, maupun tempat kerja.  Hormon yang tidak seimbang yang di sebabkan stres bisa memicu kerontokan rambut sehingga menjadi botak.

6. Efek setelah operasi

Biasanya terjadinya kerontokan sehingga mengakibatkan kebotakan setelah operasi sekitar tiga sampai empat bulan setelah operasi.  Hal ini termasuk efek samping kemoterapi yang biasanya dijalani oleh penderita kanker. Tapi, beberapa waktu akan tumbuh kembali.

7. Kurang gizi

Diet makan-makanan yang terlalu ketat bisa menyebabkan rambut rontok sehingga menjadi kebotakan. Itu sebabnya, di anjurkan untuk melakukan cara diet sehat yang tepat dengan tetap mengkonsumsi makan yang bergizi untuk tubuh dan menjaga pertumbuhan rambut. Rambut juga membutuhkan nutrisi dan vitamin dari dalam bukan hanya perawatan dari luar saja.

8. Setelah melahirkan

Ini khusus untuk wanita, rambut akan banyak rontok setelah proses melahirkan, dalam waktu 3 bulan dan kemudian normal kembali.  Hal ini biasa di sebut juga dengan telogen effluvium.

Cara Mengatasi Kebotakan

Banyak cara di lakukan untuk mengatasi kebotakan rambut dan cara mengatasi rambut rontok.  Cara alami merupakan hal utama dan pilihan untuk menumbuhkan kembali rambut yang sehat. Berikut ini beberapa cara mengatasi kebotakan rambut :

  • Pijatlah kulit kepala secara perlahan-lahan, karena kulit kepala membutuhkan sirkulasi sistem peredaran darah yang baik. Hal ini bertujuan untuk merangsang dan memelihara pertumbuhan rambut.
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan yang terdapat pada buah-buahan yang dapat mempertahankan tubuh dari radikal bebas yang mengakibatkan kematian sel di kulit kepala.
  • Kurangi makan daging merah, karena daging merah dapat meningkatkan sebum dan memblokir folikel dan pori-pori rambut.
  • Mengkonsumsi sayuran laut seperti rumput laut, Noru, kombu, dan wakame dapat meningkatkan kadar yodium.  Sehingga, dapat menjaga hormon tetap stabil sehingga rambut anda tetap lebat di usia lanjut.
  • Telur sangat tinggi protein, sehingga sangat bermanfaat dan berguna untuk pertumbuhan rambut.
  • Santan kelapa dan minyak kelapa ternyata sangat manjur dan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, karena santan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi.
  • Manfaat teh hijau ternyata berfungsi untuk menumbuhkan rambut dan sebagai pencegahan rambut rontok.  Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu membuat sirkulasi darah di kepala menjadi lebih baik.

Rambut merupakan mahkota yang sangat berharga terutama dalam penampilan.  Memiliki rambut lebat dan hitam tentunya, merupakan nilai tambah tersendiri yang menunjang penampilan. Kebotakan merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang masih muda. Sehingga ketahui penyebab kebotakan rambut yang mungkin terjadi, kemudian lakukan perawatan rambut yang benar agar kebotakan dapat segera di atasi.

Advertisements