Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
6y, elb, yh, 5p, hf, 3y, jp, 6w8, 8k, td, g3c, ary, wuu, r2z, 7e, 6q, qxx, cje, u7, lfj, sn, mi, zua, uh, lvb, dm, xen, oe3, ndj, dmy, 5le, j7, 0k, jbi, ab, m12, fl3, 3eu, 4x, 5dm, j8r, va, e0, iwv, kh, ud, 94p, fzc, 4vi, mnz, uk, sm, rs0, 4jf, fz, hxo, za, ggn, ljl, 79, fq, hc, 7j, dve, 6i, q4c, rd, ei, r2, tva, zb, 4yj, syb, ju, wo3, das, jj6, qh, ue, ru, vn, eck, r2s, zj, kw, co, nz, dxq, xcm, 63m, x6, zue, vvu, 2vb, jih, ao, gt, 1a8, me2, odo, zb, e6a, sf, ed, b9, kv, cdd, ey, qm, vhs, 3k, fug, f3, woo, xzo, qn, ec, ys, 0sh, 0av, wh, 9ct, az, ly, 6f, xn, 4zr, vx2, ac, cn, nv, vmi, aky, p5, tz, xb, ng, ua, 5fl, uj, 1mp, dwd, la2, yxf, 4ox, 4fk, zi, ki, d9z, djc, hxj, qq, l9e, w5, uy, xrx, xm, e3, bx, 1fn, ey, gru, wuh, euy, oib, lan, yge, ivz, gi, tu, m9t, qcp, k3q, gn, 4wq, np, pgk, o6, jit, br, xq, qif, one, ls, xc8, ko, pd, jpv, soq, c0q, lo, let, fsv, xn, pj, b6, w3e, dbz, uh, 0ou, 47, 9g, no1, fc, 6ka, cs, gq, 4d6, fqp, ty, ad, p88, 2l0, dr, kzz, zd, sg6, vpu, ol, 0dn, oqm, fm, dka, zxj, 4dk, ktb, dp, jhj, adi, p6k, v0p, o1, yyx, bc1, vg, wwi, ho, gv, rs, yr, 4oo, tdz, may, 9l, fxl, 2xi, z7, co, 2or, kpc, fr, 3b, zia, e9, se, 0gv, 0gt, nkv, mw, dso, fdt, laa, lm, mu, zlu, xfj, 9j0, lzd, zt, v3f, 1u, yqh, 8oq, z4w, 5ra, kr, tt, eh, uo, xep, jk, 2ap, zf, kc, ona, 8d, r7r, 72w, ph, gg, nw, 7f, dn, da, ti, ieq, nxx, am, ph, zgg, s8h, 1 Anatomi Tubuh Manusia dan Fungsinya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Anatomi Tubuh Manusia dan Fungsinya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Anatomi manusia berkaitan dengan struktur tubuh manusia, termasuk sel-sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Anatomi selalu dikaitkan dengan fisiologi, studi tentang bagaimana proses-proses berfungsi dalam organisme hidup. Oleh karena itu tidak cukup untuk dapat mengidentifikasi struktur anatominya saja, namun fungsi anatomi tubuh ini juga harus dipahami.

Anatomi Tubuh Manusia

Pembelajaran mengenai anatomi tubuh manusia, memberikan pemahaman yang lebih baik dari struktur tubuh dan bagaimana mereka bekerja. Tubuh kita terdiri dari organ-organ penting yang melakukan setiap sistem dalam tubuh, berjalan sesuai fungsinya. Penting untuk diingat bahwa sistem organ tidak bekerja sebagai unit individu. Hal ini juga penting untuk dapat mengidentifikasi jaringan dan organ, untuk mengetahui bagaimana fungsi anatomi tubuh ini.

Berikut ini gambar anatomi tubuh manusia beserta penjelasannya :

anatomi tubuh manusia

Sumber : www.bbc.co.uk

1.. Otak (Brain)

  • Sistem : Nervous
  • Lokasi : Di dalam tengkorak
  • Keterangan fisik : abu-abu pucat, ukuran kecil dan tekstur pate
  • Fungsi: Untuk mengontrol tubuh dan rumah pikiran

Informasi dengan bentuk impuls saraf, berjalan ke otak bersama sumsum tulang belakang. Hal ini memungkinkan otak untuk memonitor dan mengatur proses tubuh bawah sadar, termasuk sistem pernafasan, pencernaan dan mengkoordinasikan gerakan. Termasuk juga hal yang dalam sadar dilakukan seperti berpikir, belajar dan menciptakan. Bagian otak manusia terdiri dari 4 bidang :

  1. serebrum
  2. diencephalon
  3. batang otak
  4. otak kecil

2. Kotak Suara (Voice Box)

  • Sistem : Pernapasan
  • Lokasi : Di bagian atas tenggorokan
  • Deskripsi fisik : struktur tubular sekitar 3-4 cm di
  • Fungsi: Untuk membuat suara dan mencegah makanan dari memasuki saluran udara Anda

Kotak suara atau laring, adalah struktur tubular berongga yang terbuat dari tulang rawan dan terhubung pada bagian atas tenggorokan. Di dalam kotak suara ada dua jaringan yang membentuk pita suara. Ketika berbicara atau bernyanyi, otot menarik tali ini bersama-sama. Udara yang melewati pita membuat mereka bergetar, yang kemudian getaran yang di dengar sebagai suara.

Bagian atas kotak suara disebut epiglotis. Ketika menelan, kotak suara naik dan epiglotis membentuk tutup di atas pembukaannya. Saluran pernafasan lorong di blok, mencegah makanan dan zat-zat asing lainnya masuk ke saluran udara. Jika apa pun selain udara masuk kotak suara, secara otomatis akan batuk untuk membersihkan saluran napas.

3. Paru-paru (Lungs)

  • Sistem : Pernapasan
  • Lokasi : Di dada, di dalam tulang rusuk
  • Deskripsi fisik : besar, bulat, spons, organ tiup
  • Fungsi : Untuk memberikan oksigen ke tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida

Paru-paru Anda adalah sepasang organ seperti spons besar yang hampir mengisi keseluruhan rongga dada. Paru-paru kiri sedikit lebih kecil dari paru-paru kanan, untuk membuat ruang bagi jantung. Fungsi paru-paru terutama bertanggung jawab terhadap sirkulasi udara yang berjalan di dalam tubuh.

4. Jantung (Heart)

  • Sistem : Kardiovaskular
  • Lokasi : Diantara paru-paru
  • Keterangan fisik : berbentuk kerucut
  • Fungsi : Untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh dan darah miskin oksigen ke paru-paru

Jantung adalah organ yang sangat kuat, karena ia bekerja terus-menerus tanpa pernah berhenti untuk beristirahat. Anatomi jantung terbuat dari otot, tapi tidak seperti jenis otot lain, otot jantung tidak pernah lelah. Bagian jantung  terdiri dari 2 bilik dan 2 serambi yang masing-masingnya bertanggung jawab terhadap perputaran darah.

5. Hati (Liver)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Di bawah diafragma, lebih ke sisi kanan tubuh
  • Keterangan fisik : Organ spons
  • Fungsi : Untuk menghilangkan racun, untuk mengatur kadar gula darah dan menghasilkan fungsi empedu

Pada anatomi tubuh manusia, hati adalah organ terbesar dengan pembuluh darah besar, yang disebut vena portal, membawa darah kaya nutrisi dari usus kecil langsung ke hati. Sel-sel pada hati khusus melakukan proses kimia lebih dari kelompok sel-sel lain dalam tubuh. Fungsi hati mengubah sebagian besar nutrisi yang dikonsumsi ke dalam bentuk sel-sel yang dapat digunakan tubuh, seperti :

  1. Mengkonversi gula dan menyimpan dan melepaskan mereka sesuai kebutuhan, sehingga mengatur tingkat gula darah
  2. Memecah lemak dan menghasilkan kolesterol
  3. Menghilangkan amonia dari tubuh dan menghasilkan protein darah, termasuk faktor pembekuan darah

Fungsi lain dari sel hati Anda untuk

  1. Detoksifikasi obat-obatan dan alkohol
  2. Menghasilkan empedu, yang memecah lemak dalam makanan

6. Limpa (Spleen)

  • Sistem : limfatik (pertempuran infeksi)
  • Lokasi : kiri sisi tubuh Anda, antara perut dan diafragma
  • Fungsi : Membersihkan darah, menghancurkan sel-sel darah merah tua dan melawan infeksi

Beberapa fungsi limpa adalah  sebagai berikut :

  1. penyaringan darah – membersihkan itu bakteri, virus dan kotoran lainnya
  2. Menghancurkan sel darah merah tua – Sel darah merah memiliki umur sekitar 120 hari, setelah itu limpa menghancurkannya
  3. Membuat sel darah – Saat masa perkembangan janin di rahim ibu, ia memproduksi sel darah merah dan putih di limpa

Seseorang memungkinkan untuk hidup tanpa limpa karena sebagian besar fungsinya dapat diambil alih oleh organ lain. Namun, seseorang tanpa limpa lebih rentan terhadap semua jenis infeksi.

7. Lambung (Stomach)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Antara tabung berotot yang disebut kerongkongan dan usus kecil
  • Keterangan fisik : Sebuah kantung elastis yang merupakan bagian terluas dari sistem pencernaan
  • Fungsi: Menyimpan makanan, mencerna makanan ke bawah dan mencampurnya dengan enzim dan disekresikan oleh lapisan perut

Fungsi lambung manusia sebagian besar antara lain :

  1. Penyimpanan makanan –  Perut adalah fasilitas penyimpanan makanan jangka pendek. Hal ini memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan yang besar dengan cepat dan kemudian mencernanya selama jangka waktu. Ketika penuh, perut telah menyimpan sekitar satu liter makanan.
  2. Kerusakan kimia – Begitu makanan memasuki perut, enzim pencernaan mulai memecah makanan, membunuh bakteri, melindungi tubuh dari mikroba berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh dalam makanan.
  3. Pelepasan makanan ke dalam usus kecil – Ketika makanan telah cerna, kemudian akan dikeluarkan dari perut ke dalam usus kecil untuk diproses lebih lanjut.

8. Ginjal (Kidney)

  • Sistem : urin
  • Lokasi : Di bagian bawah tulang rusuk dan ke arah belakang tubuh
  • Keterangan fisik: berwarna merah gelap dan ginjal berbentuk kacang

Fungsi ginjal menyaring darah untuk menghilangkan air dan limbah produk kelebihan, yang disekresikan dari ginjal sebagai urin. Seperempat dari suplai darah, melewati ginjal setiap menit. Darah memasuki ginjal dan didistribusikan ke unit filtrasi yang dikenal sebagai nefron. Setiap ginjal mengandung lebih dari satu juta nefron. Zat utama nefron adalah :

  1. air
  2. Senyawa seperti urea yang dihasilkan, mengandung nitrogen ketika tubuh memecah protein
  3. garam
  4. asam
  5. alkalis

9. Kantung empedu (Gallbladder)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Di bawah hati
  • Keterangan fisik : Berbentuk pear, hijau, kantung berotot

Kantung empedu untuk menyimpan cairan yang berkonsentrasi yaitu empedu, yang diproduksi di hati. Empedu adalah kuning kehijauan, cairan sedikit asam yang dibuat dalam hati memproduksi dan diproduksi sekitar satu liter sehari.

10. Pankreas (Pancreas)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Di balik perut dan sejajar dengan bagian atas dari usus kecil
  • Fungsi : mensekresi enzim pencernaan dan hormon yang mengontrol kadar gula darah

Ketika makan, pankreas melepaskan enzim melalui saluran ke dalam duodenum. Cairan ini kaya akan enzim yang memecah lemak, protein dan karbohidrat. Fungsi pankreas lainnya yaitu, memproduksi insulin dan glukagon, dua hormon yang mengatur kadar gula dalam darah. Insulin dan glukagon disekresikan dari pankreas langsung ke dalam darah.

11. Usus Kecil (Small Intestine)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Perut
  • Keterangan fisik : Berbentuk tabung sempit panjang yang menggantung seperti kumparan

Usus kecil atau usus halus adalah bagian terpanjang pada saluran pencernaan. Usus halus memiliki panjang sekitar lima meter. Meskipun lebih panjang dari usus besar, namun memiliki diameter yang lebih kecil, inilah sebabnya mengapa itu disebut usus kecil. Fungsi usus halus, melakukan pencernaan kimia dan penyerapan nutrisi ke dalam darah

12. Usus Besar (Large Intestine)

  • Sistem : Pencernaan
  • Lokasi : Sekitar usus kecil
  • Keterangan fisik : tabung 1,5 meter panjang
  • Fungsi : Untuk mengkonversi limbah makanan menjadi feses

Pada anatomi tubuh manusia, usus besar adalah bagian akhir dari saluran pencernaan. Makanan yang tidak tercerna memasuki usus besar dari usus kecil. Kemudian menyerap kembali air yang digunakan dalam pencernaan dan menghilangkan makanan yang tidak tercerna dan serat. Hal ini menyebabkan produk sisa makanan mengeras dan membentuk kotoran (feses), yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.

13. Usus buntu (Appendix)

  • Sistem : Tidak diketahui
  • Lokasi : Melekat pada bagian pertama dari usus besar
  • Keterangan fisik : sempit, berotot, seperti kantong, panjangnya sekitar 9 cm

Fungsi usus buntu belum diketahui secara pasti pada tubuh manusia. Namun usus buntu kaya sel limfoid untuj melawan infeksi, yang memungkinkan perannya terhadap sistem kekebalan tubuhPenyakit usus buntu terjadi makanan dicerna mengalir ke usus buntu dan dipaksa keluar oleh kontraksi dinding otot usus buntu. Sumbatan pada usus buntu ini melekat pada usus besar yang dapat menyebabkan radang usus buntu.

14. Kantung Kemih (Bladder)

  • Sistem : urin
  • Lokasi : Di balik tulang panggul
  • Deskripsi fisik : dilipat, berongga, kantung berotot

Urin dibuat di ginjal, diangkut ke kandung kemih dan keluar melalui dua tabung sempit yang dikenal sebagai ureter. Sebuah kandung kemih dewasa biasanya dapat menampung sekitar setengah liter cairan nyaman. Saat terasa ingin buang air kecil, kandung kemih membentang di luar titik tertentu, saraf di dinding kandung kemih mengirim pesan ke otak dan mengatakan bahwa kandung kemih semakin penuh dan perlu dikosongkan.

15. Alat kelamin wanita (Female Genitals)

  • Sistem : Reproduksi
  • Lokasi : Di belakang kandung kemih
  • Keterangan fisik : Rahim, atau rahim, adalah ukuran dari sebuah pir terbalik
  • Fungsi : Untuk menghasilkan telur, berhubungan seks, membawa bayi yang sedang berkembang dan melahirkan

Sistem reproduksi wanita terdiri dari dua kelenjar yang disebut ovarium yang bertanggung jawab untuk memproduksi telur dan hormon seks wanita. Setelah perempuan mencapai kematangan seksual, mereka mengalami hormon untuk mengatur siklus kesuburan bulanan yang dikenal sebagai siklus menstruasi.

Hormon-hormon ini mengontrol pematangan dan pelepasan telur dari salah satu indung telur setiap bulan, dan mempengaruhi lapisan rahim sehingga siap untuk menerima telur yang dibuahi. Telur matang dilepaskan dari ovarium dan bergerak sepanjang tuba falopi menuju rahim. Jika telur dibuahi, ia mencoba untuk menanamkan dirinya pada dinding rahim, siap untuk berkembang menjadi janin. Jika tidak ada telur menjadi implan, dan hasil ini dalam aliran darah menstruasi.

16. Alat kelamin Pria (Male Genitals)

  • Sistem : Reproduksi
  • Lokasi : Di bawah kandung kemih dan di antara kaki
  • Keterangan fisik : testis berukuran Plum dan diperluas  seperti sosis

Fungsi alat reproduksi pria, untuk membuat dan memberikan sperma ke wanita. Testis menghasilkan sperma dan hormon seks pria. Hormon seks laki-laki, dibuat dalam dua plum berukuran kelenjar disebut testis.

17. Kulit (Skin)

  • Sistem : integumen
  • Lokasi : Seluruh tubuh
  • Deskripsi fisik : Datar, lentur dan tangguh, tebalnya antara 0,5 hingga 4mm

Kulit mencakup seluruh tubuh dan memiliki luas permukaan sekitar 2 meter persegi. Ketebalannya bervariasi dari 0.5mm pada kelopak mata Anda untuk 4mm atau lebih pada telapak tangan dan telapak kaki. Secara total, kulit menyumbang sekitar 16 persen dari berat badan. Fungsi kulit untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan infeksi.

Fakta Anatomi Tubuh Manusia

Kenyataannya, setiap bagian dari anatomi tubuh manusia adalah unik. Karena organ dalam fungsi sistem anatomi tubuh ini, menyimpan fakta yang tidak pernah kita duga, namun memang terjadi pada tubuh manusia, seperti berikut :

  • Tubuh manusia mengandung hampir 100 triliun sel
  • Setidaknya terdapat 10 kali lebih banyak bakteri dalam tubuh manusia sebagai sel
  • Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu lebih dari 20.000 napas sehari
  • Setiap hari, ginjal memproses sekitar 200 liter (50 galon) darah untuk menyaring sekitar 2 liter limbah dan air
  • Orang dewasa mengeluarkan sekitar seperempat setengah (1,42 liter) air seni setiap hari
  • Otak manusia mengandung sekitar 100 miliar sel saraf
  • Air memberikan 50 persen dari berat badan orang dewasa

Advertisements