Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
6 Fungsi Hati Pada Manusia « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

6 Fungsi Hati Pada Manusia

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Fungsi hati pada manusia sangat vital dan sangat penting dalam struktur organ tubuh manusia dan untuk menopang kehidupan. Hati adalah organ kelenjar terbesar dalam tubuh dan melakukan banyak fungsi penting untuk menjaga tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Hati merupakan organ vital yang mendukung hampir setiap organ dalam tubuh dalam beberapa segi. Tanpa hati yang sehat, seseorang tidak dapat bertahan hidup sama halnya seperti jantung. Berbeda dengan fungsi protein pada tubuh manusia yang sifatnya sebagai penopang atau secondary, hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi manusia.

Hati orang dewasa rata-rata beratnya sekitar tiga pon atau hampir 0.5 kg. Terletak di bagian kanan atas rongga perut dan di bawah diafragma, hati terdiri dari dua lobus. Hati menerima sekitar 1,5 liter darah setiap menit melalui arteri hati dan vena.

Fungsi Hati

fungsi hati

Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat vital perannya bagi tubuh manusia, setidaknya hati memiliki minimal 5 fungsi utama yang tidak dapat kita manipulasi dan memang memiliki peran vital bagi kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi yang kita kenal secara umum.

Fungsi Hati Untuk Menawar Racun (detoksifikasi)

Mungkin kita telah sering mendengar bahwa hati adalah sebagai penawar racun dalam tubuh manusia. Hati dapat membersihkan tubuh kita dari zat aditif berbahaya sebagai contoh adalah konsumsi obat obatan dan sisa buang atau residu anti bodi yang kita konsumsi. Hati membantu manusia dalam membuang zat berbahaya yang kita konsumsi agar dapat dibuang saat pencernaan nanti fungsi ini sering di sebut fungsi detoksifikasi.

Hati Sebagai Pengatur Komposisi Darah

Hati memiliki peranan dalam mengatur komposisi darah yang terdiri dari lemak, gula, protein, dan zat lainnnya. Hati juga dapat membantu membuang zat bilirubin. Zat ini merupakan zat yang kurang baik untuk pencernaan seseorang sehingga harus dibuang oleh tubuh.

Dari fungsi hati di atas sebenarnya fungsi ini dapat di bagi berdasarkan proses yang lebih signifikan. Jika dijabarkan lebih lanjut fungsinya ada 6 fungsi utama.

6 Fungsi Hati Manusia

Ada 6 fungsi hati manusia yang sangat berperan penting dalam proses yang mendukung kehidupan manusia, berikut adalah penjelasan rinci mengenai fungsi ini.

1. Fungsi Penyimpanan

Hati berfungsi sebagai bagian yang melakukan penyimpanan, Hati menyediakan tempat untuk menyimpan banyak nutrisi penting, vitamin, dan mineral yang diperoleh dari darah melalui sistem portal hepatik. Hati juga menyimpan berbagai vitamin seperti A,D,E,K, dan B12, mineral besi dan untuk memberi zat penting lainnya untuk jaringan tubuh.

2. Fungsi Pencernaan

Hati memiliki peran aktif dalam proses pencernaan melalui produksi empedu. Empedu merupakan campuran air, garam empedu, kolesterol, dan pigmen bilirubin. Emulsifikasi lemak oleh empedu adalah untuk membuat gumpalan lemak besar menjadi potongan kecil yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh manusia. Hati yang rusak juga bisa berdampak pada penyakit ginjal, ciri ciri penyakit ginjal adalah sakit disekitar pinggang.

3. Fungsi Metabolisme

Hepatosit hati bertugas dengan banyak pekerjaan metabolik penting yang mendukung sel-sel tubuh. Hati berperan dalam metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein menjadi bahan biologis yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

4. Fungsi Detoksifikasi

Darah yang melewati hati selama proses pencernaan akan di deteksi untuk mendapati zat beracun dan berbahaya yang terdapat pada makanan. Enzim dalam hepatosit memetabolisme banyak racun seperti alkohol dan obat-obatan dan menjadi metabolit aktif. Untuk menjaga kadar hormon dalam batas homeostatis normal, hati juga memetabolisme dan menghapus hormon sirkulasi yang diproduksi oleh kelenjar tubuh manusia itu sendiri.

5. Fungsi Produksi

Hati bertanggung jawab untuk produksi beberapa komponen protein penting dari plasma darah: protrombin, fibrinogen, dan Albumin. Protrombin dan protein fibrinogen merupakan faktor koagulasi yang terlibat dalam pembentukan bekuan darah. Albumin merupakan protein yang menjaga lingkungan isotonik dari darah sehingga sel-sel tubuh tidak mendapatkan atau kehilangan cairan tubuh.

6. Imunitas

Fungsi hati sebagai organ sistem kekebalan tubuh melalui fungsi sel-sel Kupffer yang melapisi sinusoid. Sel Kupffer adalah jenis makrofag tetap yang merupakan bagian dari sistem fagosit mononuklear bersama dengan makrofag di limpa dan kelenjar getah bening. Sel Kupffer memiliki peran penting dengan menangkap dan mencerna bakteri, jamur, parasit, sel darah usang, dan puing-puing selular.

Tips Menjaga Fungsi Hati

Ada beberapa tips dalam menjaga fungsi hati yang baik dan benar agar dapat menjaga hati agar tetap sehat dan menghindarkannya dari kerusakan yang berbahaya. Tidak sama dengan fungsi lemak yang mungkin berbahaya jika dalam kadar ambang batas, hati tidak memiliki kadar dan harus tetap dijaga sebaik mungkin agar menghindarkan kita dari penyakit sirosis hati dan penyakit liver lainnya. Tips menjaga hati agar tetap sehat adalah sebagai berikut.

  • Hindari makanan instan dan kaleng, bahaya makanam kaleng memang tidak bisa terbantahkan, setiap makanan kaleng tentu memiliki zat serta pengawet yang dapat menjadi racun dalam tubuh.
  • Hindari makanan mie instan, bahaya mie instan memang sangat banyak, selain untuk lambung mie instan mengandung berbagai zat berbahaya.
  • Hindari sayuran berpestisida
  • Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga.

Fungsi hati memang harus kita jaga untuk memastikan tubuh kita sehat dan terus dapat bekerja dengan baik.

Advertisements