Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Fungsi Empedu Pada Makhluk Hidup « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Fungsi Empedu Pada Makhluk Hidup

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Salah satu dari fungsi hati manusia, adalah untuk mengeluarkan sejumlah zat sisa hasil ekskresi berupa empedu. Hati menghasilkan sekitar 500 sampai 600 mL empedu setiap hari. Empedu adalah cairan kompleks yang mengandung air, elektrolit dan molekul organik termasuk asam empedu, kolesterol, fosfolipid dan bilirubin yang mengalir melalui saluran empedu ke dalam usus kecil. Meskipun empedu merupakan bentuk dari zat sisa, namun keberadaannya dalam tubuh manusia memiliki arti penting.

Fungsi Empedu

Ada dua fungsi fundamental penting empedu dalam semua spesies makhluk hidup yaitu :

  1. Empedu mengandung asam empedu, yang sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan lemak, vitamin yang larut dalam lemak di usus kecil.
  2. Banyak produk-produk limbah, termasuk bilirubin, dikeluarkan dari tubuh dengan sekresi empedu ke dalam dan eliminasi dalam kotoran.

Pada beberapa spesies seperti manusia, terdapat organ kantung empedu yang di dalamnya termodifikasi lebih lanjut. Biasanya dalam kantung empedu ini terkonsentrasi lima kali lipat, oleh penyerapan air dan elektrolit kecil dan hampir semua molekul organik tersebut dipertahankan.
Sekresi empedu utama adalah utama untuk menghilangkan zat kolesterol. Kolesterol hampir tidak larut dalam larutan air, tetapi dalam empedu, dibuat larut oleh asam empedu dan lemak seperti lecithin. Batu empedu, yang sebagian besar terdiri terutama dari kolesterol, hasil dari proses yang memungkinkan kolesterol mengendap dari larutan dalam empedu.

Fungsi Empedu Secara Umum

Secara garis besar, keberadaan empedu tidak hanya

  1. Fungs empedu sebagai pembuangan limbah tubuh dalam bentuk tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu pencernaan dan penyerapan lemak.
  2. Kandungan pada garam empedu, akan meningkatkan kelarutan kolesterol, lemak, dan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga membantu penyerapannya dari usus.
  3. Dalam penghancuran sel darah merah, terdapat hemoglobin yang akan diubah menjadi bilirubin (pigmen utama dalam empedu) dan dibuang ke dalam empedu.
  4. Terdapat beberapa fungsi protein yang memegang peran penting untuk melakukn fungsi empedu dan juga disekresi dalam empedu.

Fungsi Empedu dalam Penyerapan Lemak

Asam empedu adalah turunan dari kolesterol yang di sintesis. Kolesterol bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi atau berasal dari sintesis hati yang diubah menjadi kolat asam empedu dan asam chenodeoxycholic. Kemudian konjugasi asam amino (glisin atau taurin) akan menghasilkan bentuk terkonjugasi yang aktif disekresi ke canaliculi.

Asam empedu yang amphipathic, mengandung hidrofobik (larut dalam lemak) dan polar (hidrofilik). Sifat amphipathic inilah yang memungkinkan asam empedu untuk melaksanakan fungsinya dalam penyerapan lemak.

Fungsi Empedu pada Kolesterol Homeostasis

Asam empedu menyumbang sebagian besar kolesterol yang menyebabkan kerusakan dalam tubuh. Pada manusia, sekitar 500 mg kolesterol diubah menjadi asam empedu dan dieliminasi dalam empedu setiap hari. Rute ini untuk menghapus kelebihan kolesterol, terutama dalam situasi yang menyebabkan tubuh harus menelan banyak kolesterol.

Terkadang fungsi empedu ini hanya dikaitkan dengan sisa hasil keluaran dari tubuh. Namun lebih dari itu sisa ekskresi empedu dari tubuh kita dapat menandakan bagaimana kesehatan sistem pencernaan tubuh dan mempengaruhi organ tubuh lainnya seperti fungsi hati dan fungsi pankreas.

Advertisements