Blog
Advertisement

Penyebab Dan Gejala Usus Buntu

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Gejala usus buntu merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang sering terjadi karena kesalahan pemilihan janis makanan yang dikonsumsi. Di dalam tubuh kita terjadi proses pencernaan makanan dimana, setiap zat yang terkandung di dalamnya akan di proses dan di serap oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Salah satu organ pencernaan tersebut adalah usus buntu atau dalam bahas kedokteran disebut “Apendix”.¬†Penyakit pada usus buntu ini mengakibatkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Gejala Usus Buntu

Penyakit usus buntu (Appendicitis) adalah sebuah kondisi usus buntu yang mengalami peradangan hingga membuatnya membengkak. Penyakit ini dapat terjadi pada siapapun, namun paling sering terjadi pada kurun usia 10 sampai 30 tahun.

Gejala awal usus buntu ini dapat dirasakan dalam beberapa hal seperti :

Rasa sakit pada pusar

Bagian perut yang pertama kali merasakan gejala usus buntu ini yaitu pusar. Rasa nyeri dan tidak nyaman mula-mula akan terasa perlahan kemudian menjadi lebih sering dan menyusuri bergerak ke perut bagian bawah.

Nyeri perut semakin parah

Rasa sakit yang pertama berkisar pada pusar kemudian rasa sakit yang menjadi semakin parah dan akan terjadi lebih sering mengalami sakit, yang kemudian menjadi penyebab perut buncit.

Nyeri perut bagian bawah

Rasa perut yang semakin parah, akan terasa pada perut bagian bawah. Ketika mengalami usus buntu, coba tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan. Ketika rasa sakit terasa saat tekanan di lepas, ada kemungkinan terindikasi ciri-ciri usus buntu yang semakin memburuk.

Perut kembung dan sering buang gas

Perut kembung membuat tubuh lebih sering membuang buang gas namun ketika keadaan harus diikuti dengan rasa sakit pada perut bagian bawah, ini bisa menjadi indikasi penyebab usus buntu.

Menyebabkan Diare

Dalam banyak kasus usus buntu, rasa sakit perut yang semakin parah dibarengi dengan diare karena enzim-enzim pencernaan yang terganggu. Jika mulai mengeluarkan kotoran yang mengandung lendir, segeralah memeriksakan kesehatan ke dokter.

Demam

Ketika terjadi peradangan pada usus buntu ini biasanya akan mengakibatkan dengan seperti ciri-ciri demam berdarah. Saat mengalami nyeri yang semakin parah, demam pun akan semakin tinggi.

Penyebab Usus Buntu

Terdapat 2 hal paling mendasar yang menjadi penyebab usus buntu, yaitu :

  1. Penyumbatan – Pada sistem pencernaan terdapat kotoran atau sisi hasil sistem ekskresi yang mengeras dan terjebak pada lubang yang terdapat pada rongga perut, lalu akan mengisi usus buntu
  2. Infeksi – Terjadi pada usus buntu yang dikarenakan oleh infeksi, seperti virus gastrointestinal, atau terjadi pembengkakan karena penyakit lain.

Dalam beberapa kasus usus buntu yang disebabkan oleh dua faktor tersebut, dapat membuat usus buntu menyerang dengan cepat dan menyebabkan appendix meradang dan terisi oleh nanah. Pengobatan dapat dilakukan secara medis dengan bantuan obat-obatan yang menghancurkan kotoran pada usus buntu. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, operasi pembedahan dilakukan untuk mencegah peradangan yang meluas pada bagian usus lain.

Summary

Article Name
Penyebab Dan Gejala Usus Buntu
Description
Gejala usus buntu ditandai dengan rasa nyeri pada daerah sekitar perut, karena penyebab usus buntu yang bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan
Author

Advertisements