Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Manfaat Istirahat Yang Cukup « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Manfaat Istirahat Yang Cukup

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Manfaat istirahat yang cukup merupakan salah satu khasiat yang kita rasakan dengan kembalinya kesegaran tubuh saat lelah beraktivitas seharian lewat aktivitas tidur malam. Bukan hanya sekedar rutinitas yang dijalan dalam kehidupan, tidur merupakan kebutuhan harfiah seseorang karena saat tidur itulah seseorang mengistirahatkan tubuhnya dari berbagai beban aktifitas.

Istirahat yang cukup akan memberikan waktu pada organ tubuh seperti fungsi otak yang terus berfikir sampai lebih dari 15 jam, otot anggota gerak yang telah bergerak beratus kali dan sebagainya ini, untuk berhenti bekerja sejenak. Kegiatan yang berhenti sejenak tersebut memberikan manfaatnya untuk kesehatan, seperti apakah itu?? selengkapnya pada artikel ini.

Manfaat Istirahat Yang Cukup Untuk Kesehatan

Manfaat istirahat yang cukup ini dirasakan dari rutinitas tidur malam. Saat tidur malam bukan hanya sekedar kebutuhan biologis makhluk hidup namun, lebih bertujuan kepada tahap regenarasi tubuh di setiap harinya. Dalam tahap fase pertumbuhan manusia, kebutuhan terhadap istirahat yang cukup ini berbeda-beda namun, memiliki keutamaan yang kurang lebih sama untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini :

  •  Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem imun tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang menghadang penyerangan virus pada tubuh. Pada waktu tidur alam akan dihasilkan hormon meletonin sebagai antioksidan yang menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga, matikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.

  • Waktu untuk toksin racun

Racun yang mungkin bisa terbawa masuk ke dalam makanan yang masuk dikonsumsi. Saat tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam pada waktu-waktu tertentu, sehingga jangan kacaukan waktu biologis tidur anda agar proses toksin ini tidak terganggu.

  •  Melancarkan Pencernaan

Saat tidur organ pencernaan akan maksimal bekerja, terlebih lagi organ lambung. Lambung akan menguras isi lambung karena gerak peristaltik dan getah pencernaan yang meningkat. sebaiknya anda tidak makan menjelang tidur. Secara alami asam lambung meningkat saat tidur. Jika lambung penuh makanan maka asam lambung akan semakin banyak dan mengakibatkan sakit maag. Untuk menghindarinya, tidurlah dua jam setelah makan.

  • Mengoptimalkan Kemampuan Otak

Daya konsentrasi yang meningkat juga merupakan manfaat istirahat yang cukup karena pengaruhnya terhadap hormon kecerdasan otak yaitu noradrenalin dan serotonin. Ketika dua hormon ini jika menurun, maka konsentrasi anda juga akan menurun. Kedua hormon ini dipulihkan dengan tidur. Jika tidur anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.

Dengan istirahat yang cukup kita dapat menghilangkan kantung mata hitam dan mencegah timbulnya kantung mata yang mungkin dapat semakin besar

Manfaat Istirahat Yang Cukup Diperoleh Dari Tidur Malam

Bagaimanapun lamanya anda tidur siang, tidak akan bisa menggantikan manfaat istirahat lewat tidur malam. Pada kondisi biologis tidur malam ada hormon-hormon yang tidak bisa optimal dihasilkan pada tidur siang.  Kondisi disiang hari adalah waktu lingkungan sekitar beraktifitas yang tentu saja tidak setenang dan senyaman tidur malam sehingga tidur siang ini sangat mungkin untuk terganggu misalnya, oleh suara bising. Selain itu regenerasi sel terjadi saat beristirahat malam yang tidak bisa digantikan saat tidur siang.Jadi meskipun sesibuk apapun aktifitas yang sedang dijalani, jangan lupakan istirahat yang cukup ini dengan tidur malam.

Advertisements