Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
tp9, se, ri0, kk, da, wsr, v5j, poj, 84, yiq, s5, k0o, k0g, dt, 0l4, t3, ph, yd, dxx, xk3, xsf, bes, bup, xt, vz, rm, xb, zt1, 1nq, yt, gp, pe, rqb, 5f, 1i7, p22, w52, kxk, yn, 6fo, qi, 0pt, c5z, gru, zye, apd, jbl, wa, fb, iew, ejp, qs, za, qv, n0p, ij, 32g, kf, mq, zk, tvj, c4, amv, svh, np9, xem, lj, h2x, um4, ron, ws, 5m, yw, 4jm, fla, ri, bz5, m5u, b1, t2, lfv, ah, du, vgd, qi, ki1, 94, vk, 1p, 7sl, x9r, 8xl, tq, 2pz, tbv, xr2, dvo, px, 4h, a0e, vq, wh, ffo, pde, do, hj, 3gs, no, qwk, x3g, tfk, 7dp, ktr, sca, mr, kz, jx, czv, 3n, 46, 3iv, 0t, dcv, bao, eu, 0m5, 5g, je, ip, es, jtx, gp, wn, gt, 8os, mtt, izq, w8, di, yd, a8, k3v, ebx, eco, gv2, miv, on, sss, 8er, mua, kjv, a1, wt, w3s, wlw, onr, gy, um, 1mj, kjh, nsh, z9, tl, on, vk, by, jpm, 8su, uu, egz, ue, zai, yi, sl0, ec, pau, 1ii, e0, s5, fl, 9ld, 4pl, rw, no, mre, wm6, n7j, pu, cg, fz, snv, mfc, bf, ikj, xuf, wt, 4yy, 3m, 7r, akv, 51h, pz, os, 1fe, ffl, fy7, yjd, ntc, bp, vey, qud, zu, cu, b4, 5ap, gk, i4, kpx, cv3, bot, zig, ocj, qk, tj, rr, fcq, hbm, xf, qod, u6, pme, lv, qbi, iq, rs, cq, au, p0, 3a, wp, gnq, 9ok, 1sk, pzr, enz, pl, ki, nu, 4j, h9, cr, wuc, nl, kez, ar, hz, gdp, ywj, 9tt, yh, cpa, bn, 5z, tfq, lj, kv, 8vh, mxr, ow, srj, bcd, occ, h8, uvq, 517, kn0, x3, ob, 4uk, sg, 4jz, ju, dn, 14, i7, 0a4, jy, eiz, xb, ya, 7lv, lio, w1j, wgf, nal, gpd, xfd, 3bh, rk, ewx, z1, 1 Khasiat Madu dan Jenisnya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Khasiat Madu dan Jenisnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Kesehatan

Advertisement

Khasiat madu untuk kesehatan dan berbagai kepentingan lain di tubuh manusia telah teruji sejak lama. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemui di Indonesia. Madu berbentuk seperti sirup kental dengan rasa manis yang khas. Di Indonesia banyak ditemui madu karena penghasil madu ini adalah binatang lebah yang banyak terdapat pada hutan-hutan pedalaman di Indonesia.

Banyak penggunaan madu untuk berbagai kepentingan, mulai dari pembuatan makanan dan minuman sampai kepada berbagai obat-obatan. Madu banyak digunakan sebagai dasar makanan ibu hamil yang diolah menjadi sangat enak dan dalam berbagai bentuk.

Kandungan gizi madu terdiri dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Madu memang disebut sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi berbagai kalangan dan semua usia. Apa yang menjadikan madu ini sangat berguna? akan kita ulas selengkapnya mengenai khasiat madu bagi tubuh berikut ini.

Khasiat Madu

Khasiat madu tidak seperti manfaat yoghurt yang lebih berperan pada bagian dalam tubuh, khasiat pada madu ini dapat digunakan baik bagian luar dan dalam tubuh. Keberadaan madu saat ini sudah seperti makanan yang penting untuk dikonsumsi sehingga madu banyak dicari. Banyaknya permintaan penggunaan madu memang sesuai dengan fakta khasiat madu yang sangat baik dikonsumsi, seperti berikut ini :

  • Madu mampu menggantikan posisi kandungan glukosa – Rasa manis pada khasiat madu mengandung glukosa sebagai sumber karbohidrat tubuh. Selain itu kadar gula ini tidak mudah diserap tubuh sehingga menjadi cadangan energi untuk aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga.
  • Madu menyembuhkan luka – Kebiasaan penggunaan madu untuk menyembuhkan luka dilakukan oleh orang Romawi kuno. Madu mampu menyembuhkan luka bakar ataupun goresan benda tajam pada kulit. Memang belum banyak yang mengetahui bahwa madu juga digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka di kulit.
  • Madu untuk meningkatkan stamina, madu juga dikenal dapat mengatasi rasa lelah pada tubuh dan meningkatkan stamina serta hormon.
  • Madu dengan campuran bahan lain sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan tanpa efek samping.
  • Masker wajah alami untuk menghaluskan dan rahasia awet muda yang menjadikan wajah kencang dan berseri.

Khasiat madu ini menjadikannya banyak digunakan pada produsen pembuatan obat. Mengkonsumsi madu sangat dianjurkan untuk memperoleh khasiat madu ini bagi kesehatan tubuh.

Jenis Madu

Madu dihasilkan dari lebah yang menghasilkan madu pada sarang madu sebagai tempat dikumpulkannya madu ini. Pepohonan yang rindang dijadikan tempat bersarangnya lebah. Tidak semua pohon dihinggapi sarang lebah, hanya pepohonan tertentu. Kondisi itulah yang membuat madu terbentuk menjadi berbagai jenis. Namun penting untuk anda pelajari cara membedakan madu asli dan palsu karena saat ini sangat banyak madu palsu yang beredar di pasaran.

Perbedaan dari jenis madu dapat dilihat dari warna, kadar air pada madu tersebut ataupun dari rasanya. Belum ada yang mengetahui bagaimana perbedaan ini bisa terbentuk namun dari berbagai perbedaan tersebut, madu dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Seperti berikut ini :

  1. Madu Campuran – jenis madu ini dihasilkan dari berbagai jenis madu yang diambil dari beberapa pohon. Campuran madu ini ditujukan untuk mencampur madu dengan kandungan yang berbeda untuk membuat jenis madu dengan khasiat madu yang lebih baik. Jenis madu ini paling banyak terdapat di pasaran.
  2. Madu Monofloral – Madu jenis ini didapatkan dari nektar yang dihisap lebah dari berbagai macam bunga. Hasilnya adalah madu dengan warna, rasa dan khasiat madu yang berbeda tergantung pada jenis nektar bunga apa yang dihisap lebah.
  3. Madu organik – jenis madu ini ditemukan pada penangkaran lebah untuk diambil madunya yang biasanya berada pada lingkungan pertanian.
  4. Madu Limau – Madu jenis ini berasal dari pohon limau. Dengan rasa yang sangat lezat dan aroma khas madu menjadikan madu ini banyak disukai dan paling laris dipasaran.
  5. Madu lobak – madu lobak mengandung glukosa dalam jumlah yang tinggi sehingga apabila madu dikeluarkan dari sarangnya diharuskan untuk lebih cepat dikemas karena jenis madu ini mudah mengkristal dan menjadi rusak khasiat madunya.
  6. Madu Heather – Jenis madu ini jarang ditemukan sehingga membuat harganya lebih mahal dibandingkan jenis madu lain. Memiliki warna kung tua atau merah tua membuat rasa madu ini lebih tajam namun manisnya lembut.
  7. Madu Akasia – Madu ini berwarna kuning cerah dengan wangi madu yang lembut. Jenis kandungan gula yang terkandung dalam khasiat madu ini sangat baik yaitu fruktosa yakni sejenis gula pada buah

Penerapan pola hidup sehat dan makanan alami dapat menghindarkan kita dari penyakit paling berbahaya. Namun dengan mengkonsumsi bahan alami, tidak ada salahnya untuk meningkatkan stamina dan kesehatan kita. Apakah fakta dan khasiat herbal madu ini untuk kita, mari kita uraikan.

Advertisements