Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Tanaman Buah Apel, Sejarah Asal Usul dan Jenis Apel « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Tanaman Buah Apel, Sejarah Asal Usul dan Jenis Apel

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Tanaman buah apel merupakan jenis buah yang dapat tumbuh dengan baik di tempat dengan kondisi iklim tertentu. Di Indonesia sendiri tidak semua tempatnya bisa ditanamai buah. Kandungan gizi buah apel yang sangat baik bagi kesehatan ini telah banyak diketahui secara luas namun, untuk tanaman nya sendiri belum banyak yang mengenalnya. Untuk itu pada artikel ini akan kami ulas mengenai tanaman apel ini selengkapnya.

Sejarah dan Asal Usul Tanaman Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi baik secara langsung ataupun sudah diolah. Rasa buahnya yang manis dengan teksturnya yang agak padat juga banyak yang memanfaatkannya untuk dijadikan cemilan untuk bahan pembuatan kue. Warna merah buah apel juga sangat cantik untuk dijadikan hantaran untuk kerabat. Sebenarnya seperti apa tanaman buah apel  ini??

Pohon buah apel pertama kali ditemukan didaerah asia tengah dengan bahasa latin Malus domestica yang kemudian dibudidaya pertama kali di Asia tengah. Saat ini tanaman apel banyak ditemukan pada daerah dengan udara yang dingin. Apel kemudian dibawa kolonis bangsa Amerika yang kemudian dibudidayakan disana dan menjadi pelopor buah dengan harga yang mahal. Selanjutnya, sampai saat ini kita mengenal apel merah dengan label Washington banyak beredar dipasaran.

Pohon buah apel tidak begitu besar hanya mencapai ketinggian sekitar 12 meter dan lebih tinggi dari tanaman jeruk. Batang utama yang lebar dengan banyak ranting dengan dedaunan berbentuk lonjong panjang 5 – 12 cm dan lebar 3 – 6 cm. Pada bunganya bermekaran pada musim semi berwarna putih dengan bauran merah jambu. Buah apel akan masak saat musim gugur yang kemudian bisa dipanen. Ukuran buahnya bervariasi dengan diameter sekitar 5 sampai 9 cm hampir sama dengan jambu kristal. Biji bua apel terletak ditengah buah yang berisi 2 sampai 4 biji.

Jenis Buah Apel Yang Banyak Ditemui

Penanaman buah skala besar ditujukan untuk membudidayakan buah tersebut untuk menjadi komoditas perniagaan. Buah apel dengan label Washington yang banyak di pasaran merupakan apel impor. Budidaya tanaman jeruk sudah banyak banyak dilakukan di berbagai negara, untuk budidaya apel ini juga tidak kalah banyak dilakukan sehingga menghasilkan varietas buah apel dengan kualitas terbaik. Berikut ini jenis buah apel unggulan yang banyak dikonsumsi :

  1. Apel golden delicious – Jenis apel dengan warna kuning dengan bauran hijau ini memiliki daging buah yang agak keras, teksturnya berair dengan rasa manis dan asam yang segar. Buah apel jenis ini banyak dibuat menjadi saus apel ataupun toping kue.
  2. Apel red delicious – Apel ini berasal dari Amerika yang merupakan jenis apel yang banyak dikonsumsi. Warna kulitnya merah hati dengan daging lunak yang banyak mengandung air sangat nikmat dikonsumsi saat masih segar.
  3. Apel Gala – Apel yang berasal dari New Zealand ini berwarna merah jambu dengan garis-garis vertikal berwarna hijau. Buahnya lebih manis dan juga aromanya lebih kuat.
  4. Apel manalagi – Tanaman buah apel ini banyak ditemui di Indonesia. Bentuk buahnya agak bulat dengan ukuran yang lebih kecil. Buahnya berwarna hijau namun rasanya manis walaupun belum terlalu matang.
  5. Apel malang – Apel khas Indonesia ini memiliki warna hijau dengan semburat warna merah. Rasanya manis dan asam yang menyegarkan.

Apel merupakan salah satu buah yang sangat menunjang program diet sehat secara alami dan banyak digunakan untuk herbal lainnya. Beragamnya jenis buah apel ini dapat menunjang pola hidup sehat yang harus selalu diterapkan, jadi konsumsilah berbagai buah-buahan agar tubuh senantiasa sehat.

Advertisements