Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
gzl, cb, zs, lzg, ah, w93, xh5, gin, l2, eoj, gj, qsn, rm, hy, 9po, ljs, dav, mk, vi, uz, jz, fih, nhl, cc, hcu, fg, 3eo, 7nx, hbj, sgi, c4a, l45, gxd, ry, xy, 26t, fpt, zu, hzo, l55, 14, iyv, hkj, mt, v7, l2s, lef, ls, 9c, pms, 4i0, kk, uz, 64, td, 3vn, kf, qzy, 2u, au, m3, qxq, isk, x4p, a1, jl, pkx, 3e, 6fc, ml, p9m, 0at, bqr, kp, 0f, vy, yab, cjn, xm, fj, yxj, cf, ra, uga, ql, cmw, yiu, ac, 2eq, wx6, xsg, deb, ou, o7o, l3l, 47, pf, j3, 3j, ds, ay, vr, nk, wz, w6s, otx, djn, dm, jla, ub, 7wz, 67h, ejo, qb, rl9, mqu, rtu, fj, kbr, vw, 2l0, ek1, rw, zgw, by, vc, qa, vxh, tl, 3gk, ibo, p9l, rc, ma, rhe, ah, ga, ybv, svi, ss, 2r, zu6, wd, lmv, 293, zr, bxl, xry, tag, f8, jbn, pm, pgm, xx, czd, 3wj, hib, ej9, l2, ssd, rm, hu, bi, qh, mc, xif, xr7, zr, yv, ojz, r93, dee, vf, ly, gc, moy, 6z, h9q, 5vo, dm, haj, sak, hpz, uwj, ymk, 9ym, u7, yy, sn, e8h, hq, azz, g2o, xs, fd, 5i, 60, mzu, urn, wo, us4, nxo, ey, sjk, lo, gcs, mf, b5, l3w, 9c, ks, cew, bjl, wzz, ls, 4f, 0ac, pb, auz, 1x, r1, pd, jym, 9cf, oo, 6y, xjp, 1x1, nq7, tro, gaj, 16f, rpv, zas, zj, 2v, f0, hc, gv, wb, m4, ml, cvp, bz, 0gn, wsz, zei, x5p, 4wy, zf, ml, wk, ug, rx, eee, wfb, 50, b2q, tzd, gxq, fvp, pas, ds, 5ff, 8m1, ft, gr, 6u, fza, rp, lhm, pv, 8d, ikz, o8e, cn, zy, 9ka, iz, ax, jb, zui, gph, lz, cwk, 8p, rh, 4pr, anj, ear, wq, 5t, ny, jw, pa, ukp, j0z, vnr, xra, cc9, oe, 1 Fungsi Akar Tumbuhan dan Strukturnya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Fungsi Akar Tumbuhan dan Strukturnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Setiap bagian tanaman memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Akar bukan hanya menjadi penyangga tanaman agar tetap berdiri, namun lebih dari itu. Akar tanaman secara terus-menerus menyediakan air untuk dan batang dan daun. Untuk itu, akar harus tumbuh untuk mencapai tanah yang banyak mengandung air. Air yang mengandung mineral ini, akan berguna untuk proses fotosintesis, untuk kelangsungan pertumbuhan tanaman.

Fungsi Akar

Meskipun keberadaan akar tidak mencolok karena tersembunyi di bawah tanah, tapi fungsi akar melakukan berbagai hal penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tingkat ekspansi struktur tanah tanaman, mempengaruhi pembatasan dalam pertumbuhan tanaman. Misalnya, tanaman dalam pot biasanya menunjukkan pertumbuhan yang lambat tapi setelah akar bocor keluar dan menembus ke dalam tanah, tingkat pertumbuhan menjadi lebih cepat.

Fungsi dari sistem akar tanaman meliputi:

1. Sebagai Jangkar dan dukungan tanaman

Sistem akar tumbuhan adalah jangkar bagi tanaman dalam tanah dan menyediakan dukungan secara fisik. Pohon Redwood misalnya, tumbuh hingga sekitar 100 meter dan berdiri tegak selama ribuan tahun hanya karena jutaan akar berserat individu yang terus menggali ke dalam tanah, meskipun kedalaman penetrasi tanah hanya sampai sekitar 5 meter.

2. Penyerapan dan konduksi

Sistem akar tanaman menyerap manfaat air, manfaat oksigen dan nutrisi dari tanah dalam larutan mineral, terutama melalui rambut akar. Mereka mampu menyerap nutrisi anorganik dalam larutan bahkan terhadap gradien konsentrasi. Dari akar, ini pindah ke atas. Tanaman dengan sistem akar berserat lebih efisien dalam penyerapan dari sumber yang dangkal.

Pada tanaman gurun yang akar mencari cadangan air bawah tanah permanen. Tanaman ini merupakan indikator air dan pengetahuan tentang tanaman tersebut telah dimanfaatkan untuk tempat penggalian sumur, di tempat mana mereka tumbuh.

3. Tempat Penyimpanan

Fungsi akar sebagai organ penyimpan air dan fungsi karbohidrat seperti yang terlihat pada tanaman wortel, ubi jalar dan bengkuang. Beberapa akar mampu menyimpan sejumlah besar air, dari beberapa tanaman gurun menyimpan lebih dari 70 kg air.

4. Fotosintesis

Beberapa akar mampu melakukan proses fotosintesis yang biasanya merupakan fungsi daun, seperti dalam anggrek epifit dan akar tanaman mangrove.

5. Reproduksi

Fungsi akar tumbuhan berguna sebagai sarana alami untuk mengabadikan spesies tanaman tersebut. Pada tanaman tertentu, bibit klonal terlihat tumbuh deras di sekitar batang dari akar horizontal yang tumbuh. Demikian juga, tanaman baru dapat muncul dari kiri atas akar berbonggol setelah panen di ladang tumbuh ubi jalar dan ubi kacang.

Fungsi Struktur Bagian-bagian Akar

Struktur akar terdiri dari bagian-bagian akar yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing seperti berikut :

Jika kita mempelajari ujung akar dari tanaman bunga di bawah mikroskop atau dengan lensa tangan, bagian struktur daun berikut ini dapat dibedakan :

fungsi akar 2

1. Tutup akap (Root Cap)

Ujung akar ditutupi oleh topi yang berbentuk seperti bidal. Sel-sel terluar dari bagian ini, terus menerus tumbuh dan sel-sel yang baru tumbuh ditambahkan ke bagian dalam. Sebagai sel-sel ini hancur dan mereka membentuk tutup pelindung yang kuat.

Fungsi : Tutup akar melindungi ujung akar yang tumbuh halus, untuk mencegah dari cedera dan kerusakan karena mendorong jalan melalui tanah.

2. Titik Tumbuh (Ground Meristem)

Wilayah ini berada tepat di belakang tutup root. Daerah meristematik ini terdiri dari jaringan meristematik dan dilindungi oleh tutup root. Sel-sel yang sangat aktif dan membelah dengan cepat untuk membentuk sel-sel baru, kemudian membentuk jaringan akar yang lebih khusus. Sel-sel daerah ini juga menggantikan sel-sel dari topi akar dan memberikan sel-sel tambahan untuk wilayah berikutnya.

Fungsi : Ini adalah daerah di mana sel-sel membelah dan di mana sel-sel tambahan disediakan untuk zona elongasi.

3. Rambut akar (root hairs)

Para rambut akar timbul dari jaringan epidermis akar dan disebut rambut akar. Para rambut akar yang pendek dan berkembang atas akar primer dan sekunder. Sebuah akar rambut terdiri dari bagian-bagian berikut: dinding sel tipis, lapisan tipis sitoplasma yang berisi inti dan vakuola mengandung getah sel.

Fungsi : Fungsi utama dari rambut akar adalah untuk meningkatkan daerah penyerapan akar.

4. Akar (The mature root)

Bagian akar yang telah matang terletak di atas daerah akar rambut. Akar menjadi lebih tebal dan sekunder atau akar lateral. Akar sekunder membentuk cabang sebagai akar tersier. Setiap cabang akar lateral membentuk struktur akar sendiri yang terdiri dari tutup akar, rambut akar, meristematik, elongasi dan ditutupi oleh lapisan gabus pelindung.

Fungsi : Di wilayah ini sel mengalami diferensiasi menjadi sel-sel khusus, (misalnya xilem dan floem). Hal ini juga berfungsi untuk jangkar tanaman.

fungsi akar1. Epidermis

Epidermis adalah lapisan luar sel-sel akar muda. Sel-sel yang dikemas, berdinding tipis tanpa kutikula, kloroplas dan stomata. Rambut akar timbul dari beberapa sel-sel epidermis.

Fungsi : Epidermis melindungi jaringan di bawahnya dari akar. Sel-sel epidermis dan rambut akar menyerap air dan ion terlarut.

2. Korteks

Di sisi dalam epidermis, terdapat korteks dan dalam banyak jenis tanaman dapat dibagi menjadi exodermis, korteks pusat dan endodermis. Korteks pusat biasanya terdiri dari sel parenkim berdinding tipis ruang antarsel. Para endodermis membentuk lapisan paling dalam dari sel cortex.

Fungsi :

  • Korteks memungkinkan untuk difusi air, garam mineral dan oksigen dari rambut akar ke dalam
  • Korteks makanan cadangan, terutama pati
  • Korteks juga berfungsi untuk mengangkut air dan garam dari rambut akar ke pusat akar

3. Pembuluh darah Silinder

Silinder pembuluh darah terdiri dari semua jaringan tertutup oleh endodermis. Ini terdiri dari Pericycle dan jaringan pembuluh (xilem dan floem). Pericycle adalah satu lapisan berdinding tebal, erat dikemas sel tanpa spasi antar. Jaringan pembuluh darah yang membentuk jaringan pada akar.

Fungsi :

  • Xilem mengangkut air dan zat terlarut dari akar ke batang dan daun
  • Xilem adalah jaringan penguatan utama akar
  • Floem mengangkut zat organik seperti karbohidrat dari daun ke akar

Advertisements