Blog
Advertisement

Cara Merawat Motor Matic

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Otomotif

Advertisement

Cara Merawat motor matic mungkin agak sedikit berbeda dengan merawat motor manual namun hal ini dilakukan demi menunjang performa mesin agar tetap nyaman dikendarai. Berbagai jenis kendaraan memerlukan perawatan yang perlu dilakukan pemiliknya karena perawatan ini bertujuan agar kendaraan awet dalam jangka waktu yang panjang. Motor matic memiliki karakteristik berbeda dengan motor manual namun tidak sulit untuk dilakukan. Selengkapnya akan kami ulas pada artikel ini.

Cara Merawat Motor Matic Sehari-hari

Penggunaan motor matic yang dilakukan setiap hari dapat menyebabkan beberapa komponen pada motor cepat aus apalagi motor matic ini benar-benar mengandalkan kekuatan mesin untuk menjalankannya. Mengacu pada kelebihan dan kekurangan motor matic yang berbeda dengan motor manual ini memang agak lebih repot seperti pelumasan rantai yang rutin dilakukan namun, hal tersebut tidak dilakukan pada motor matic. Cara merawat motor matic lebih pada penggunaannya yang baik sehingga tidak memberatkan mesin, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Panaskan motor setidaknya 1 sampai 5 menit sebelum dikendarai hal ini untuk menciptakan pembakaran mesin yang sempurna saat mulai dikendarai.
  2. Kendalikan laju motor matic, jika harus mengerem atau gas usahakan jangan dadakan untuk mengubah kecepatan motor. Buatlah kecepatan motor berangsur-angsur berkurang, hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur mesin.
  3. Cek tanki bensin, usahakan jangan sampai bensin benar-benar menunjukkan pada kondi Empty karena mesin motor matic tidak boleh kekeringan bahan bakar.

Tips Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

Ada banyak tips dan cara merawat motor matic yang benar. Motor yang dipakai sehari-hari tidak hanya harus diperlakukan dengan baik saat dikendarai namun, juga harus diperhatikan kebutuhannya untuk senantiasa merawat mesinnya agar bertahan dalam waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips merawatnya :

  1. Cek kondisi aki dan busi – komponen tersebut merupakan komponen yang membuat mesin dapat melaju kencang. Ganti busi jika sudah tidak layak pakai yang asli pada bengkel resmi.
  2. Periksa keadaan belt dan roller – bagian ini merupakan yang rentan pada motor matic jika, sudah melampaui batas normal pemakaian gantilah dengan komponen baru yang orisinil.
  3. Bersihkan ruang transmisi – ┬áRuang transimisi yang rentan terhadap kotoran. Bersihkan bagian ini secara berkala, paling tidak setelah perjalanan motor sejauh 4000 km.
  4. Perhatikan shock breaker – Ganti shock breaker setelah perjalanan motor maksimal 10000 km namun, jika shock breaker sudah berdecit saat berjalan pada jalan yang tidak rata merupakan pertanda untuk segera mengganti shock breakernya.
  5. Service motor secara rutin – Service motor ini sangat baik untuk mengecek bagaimana keadaan mesin motor matic untuk tetap optimal. Biasanya terdapat buku manual yang berisikan jadwal service yang dianjurkan oleh teknisi produsen motor matic tersebut. Paling tidak lakukan service motor ini setelah 2 sampai 3 bulan atau penggunaan motor yang telah mencapai 2000 km.
  6. Gunakan onderdil asli – Penggunaan onderdil untuk komponen motor yang asli memang lebih baik untuk kinerja motor matic. Onderdil asli dapat ditemui di agen resmi produsen motor matic tersebut.

Perawatan terbaik motor matic anda tentu saja akan terasa nyata pada performa motor anda, semoga cara merawat motor matic ini dapat membantu anda merawat motor kesayangan.

Summary

Article Name
Cara Merawat Motor Matic
Description
Cara Merawat motor matic mungkin agak sedikit berbeda dengan merawat motor manual namun hal ini dilakukan demi menunjang performa mesin agar tetap nyaman dikendarai.
Author

Advertisements