Pengertian manajemen telah dikemukakan oleh berbagai ahli di belahan dunia yang mengupas teori ekonomi dan pakar dalam bidang manajemen. Ada banyak pendapat ahli yang dapat dijadikan dasar untuk mengupas lebih detil definisi manajemen dari berbagai perspektif ilmu ekonomi. Ada berbagai ekonom di dunia yang telah mendefinisikan manajemen dalam berbagai kerangka seperti Mc Farland, Donally, Gibson dan Ivancevich, George R. Terry, dan para pakar lainnya. Mereka juga telah dengan jelas memaparkan pentingnya fungsi manajemen dalam berbagai aspek kehidupan terutama untuk perusahaan dan bisnis.
Pengertian Manajemen
Pengertian manajemen menurut ahli di berbagai belahan dunia dapat kita jadikan sebagai tolak ukur dalam membahas makna dan definisi manajemen secara rinci.
1. Menurut George R. Terry
Pengertian manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, mengaktifkan dan pengendalian kinerja yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
2. Harold Koontz
Manajemen adalah suatu seni untuk menyelesaikan sesuatu melalui sumber daya manusia dalam suatu kelompok formal yang terorganisir.
3. Mary Cushing Nil
Manajemen adalah mencapai tujuan dengan pemanfaatan sumber daya manusia, material, waktu, serta energi yang seefektif mungkin untuk tercapainya tujuan kelompok dan masyarakat.
4. Donald J. Batuk
Manajemen adalah seni dan ilmu pengambilan keputusan dan kepemimpinan.
5 . Henry Fayol
Manajemen adalah suatu tool untuk memperkirakan, merencanakan, mengorganisasikan, perintah, mengkoordinasikan, dan mengendalikan.
6 . Theo Haimann dan William Scott
Manajemen adalah suatu proses sosial dan teknis yang memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan memfasilitasi perubahan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
Selain beberapa ahli di atas masih ada lagi berbagai perseptif yang menjelaskan pengertian manajemen secara detil dari sisi proses, fungsi, dan koordinasi.
Pengertian Manajemen Sebagai Proses, Fungsi, dan Koordinasi
- Manajemen Sebagai Sebuah Proses
McFarland Mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses dimana seorang manajer membuat, mengarahkan, memelihara, dan mengoperasikan tujuan sebuah organisasi melalui pendekatan sistematik, terkoordinasi, dan kerjasama yang melibatkan sumber daya manusia.
- Manajemen Sebagai Sebuah Fungsi
Dunn, Stephens dan Kelly mengatakan bahwa manajemen adalah sebuah fungsi yang didalamnya terdapat berbagai tugas, tanggung jawab, dan hubungan yang terlibat dalam sebuah organisasi.
- Manajemen Sebagai Sebuah Koordinasi
Menurut pendapat ahli Donally, Gibson dan Ivancevich manajemen adalah sebuah kumpulan proses untuk merancang, memelihara sebuah lingkungan yang mana terdapat individual dan kelompok yang bekerja bersama sama secara efisien untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Pengertian Manajemen Dari Sisi Bisnis
Jika kita mendalami pengertian ekonomi secara detil yang meliputi pembagian ilmu ekonomi mikro ataupun makro maka akan sampai pada suatu titik yaitu bisnis. Ekonomi identik dengan bisnis, tidak heran bahwa pengusaha sukses Indonesia memiliki background ekonomi yang kuat. Tidak heran ekonomi sampai saat ini merupakan jurusan kuliah favorit di Indonesia. Terlepas dari berbagai macam asumsi tersebut, pengertian ekonomi dari sisi bisnis penting untuk kita ketahui.
Pengertian Manajemen di lihat dari sisi bisnis adalah sebuah seni untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan upaya seminimal mungkin sehingga dapat dijabarkan mendapatkan kemenangan bagi karyawan dan atasan serta menghasilkan layanan serta produk terbaik untuk publik atau masyarakat.
Ilmu Manajemen
Ilmu manajemen sangat luas sekali ada banyak turunan ilmu manajemen yang dibagi berdasarkan unit kerja yang mengatur bagian dan unit kerja tertentu.
- Manajemen Sumber Daya Manusia (HRD), tugas hrd adalah untuk mengatur serta administrasi segala sesuatu yang berkaitan dengan tenaga kerja.
- Manajemen Keuangan, mengatur masalah keuangan perusahaan
- Manajemen Operasional, mengatur kegiatan operasional perusahaan
- Manajemen pemasaran, mengatur mengenai pemasaran di suatu perusahaan.
Luasnya fungsi manajemen ini membuat ada berbagai peran atau ahli yang berperan dalam setiap pekerjaan tersebut. Contohnya adalah manajer HRD/personalia, manajer keuangan, manajer operasional, manajer pemasaran, dan manajer lainnya yang berhubungan dengan ruang lingkup manajemen tersebut. Pentingnya komunikasi bisnis antara top level manajemen dengan seluruh unit kerja akan mendukung fungsi manajemen serta perannya untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Rangkuman:
Jika kita rangkum mengenai detil pengertian manajemen menurut ahli di atas maka, manajemen adalah :
Suatu proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan upaya serta sumber daya yang paling efisien untuk mendapatkan hasil paling optimal.
Advertisements