Apapun dapat terjadi saat seseorang bekerja, begitu juga dengan kemungkinan akan pengunduran diri. Banyak hal yang dapat menjadi alasan mengapa seseorang harus mengundurkan diri dari tempatnya bekerja, namun apapun alasannya pengajuan surat pengunduran diri harus dilakukan dengan cara yang baik, memperhatikan etiket yang tepat adalah hal penting. Karena bagaimanapun, track record pekerjaan di perusahaan sebelumnya akan mempengaruhi masa depan pekerjaan anda.
Tips Pengajuan Surat Pengunduran Diri
1. Memberitahu Pengunduran Diri
Untuk melakukan pengajuan pengunduran diri, berikan pemberitahuan terlebih dahulu, menulis surat pengunduran diri sederhana seperti contoh surat pengunduran diri dan bersiaplah untuk pindah sebelum mengajukan aurat pengunduran diri. Etiket pengunduran diri yang baik adalah dengan memberitahu atasan sebelum memberitahu rekan kerja. Hal ini akan mencegah kabar selentingan mengenai pengunduran diri anda.
2. Memberikan waktu pemberitahuan
Memberikan pemberitahuan selama dua minggu merupakan waktu standar saat mengundurkan diri dari pekerjaan. Namun jika masih memiliki kontrak kerja atau perjanjian kerja lainnya ikuti pedoman kontrak tersebut. Jika tidak, pengunduran diri yang baik menyediakan waktu untuk atasan anda, kira-kira selama dua minggu.
3. Email pengunduran Diri
Jika mungkin dengan berbicara langsung sulit dilakukan, mengirim email pengunduran diri selalu lebih baik untuk mengundurkan diri secara pribadi. Kemudian diikuti dengan surat pengunduran diri resmi.
4. Tinjau Surat Pengunduran Diri
Bagian paling penting dalam pengunduran diri kerja adalah saat menulis surat pengunduran diri itu, karena biasanya tidak mudah untuk mengundurkan diri dan tetap berhubungan baik dengan perusahaan. Sangat penting untuk memasukkan informasi mengenai pengunduran diri ada. Ini juga penting untuk tidak mengatakan terlalu berbelit-belit mengenai alasan surat pengunduran diri Anda. Tinjau surat pengunduran diri untuk membuatnya lebih sampel, untuk mendapatkan ide apa yang harus disertakan dalam surat pengunduran diri karyawan.
Tips Pembuatan Surat Pengunduran Diri
Saat menulis surat pengunduran diri, penting untuk membuatnya menjadi lebih sederhana, singkat, terfokus dan harus positif. Surat pengunduran diri harus mencakup segala informasi mengenai pengunduran diri anda. Berikut ini beberapa apa saja yang harus disertakan dalam surat pengunduran diri :
- Ucapan terima kasih kepada atasan, atas kesempatan yang telah dimiliki selama bekerja di perusahaan tersebut
- Buat surat pengunduran diri dengan bahasa yang tidak berbelit-belit dan langsung pada alasan pengunduran diri
- Gunakan tata bahasa yang santun dan tidak menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya
- Perhatikan penulisan setiap kata-katanya benar dan terhindar dari kesalahan arti
Hal terpenting pada surat pengunduran diri pekerjaan adalah untuk tetap mengundurkan diri secara anggun dan profesional seperti juga saat memberikan surat lamaran kerja. Memberikan pemberitahuan yang memadai kepada atasan dengan menuliskan surat pengunduran diri secara formal dan lakukan persiapan untuk pindah sebelum melakukan pengajuan pengunduran diri.
Advertisements