Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Manfaat Mentimun Dan Efek Sampingnya « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Manfaat Mentimun Dan Efek Sampingnya

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: News & Info

Advertisement

Manfaat mentimun dan efek samping mentimun telah menjadi rahasia umum sebagian besar masyarakat Indonesia.Sebagai negara yang berada pada lingkup khatulistiwa, memiliki jenis buah dan sayuran yang melimpah terlebih lagi nutrisi sehatnya. Namun ternyata masih banyak manfaat mentimun yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Timun banyak dikonsumsi dalam masakan Indonesia sendiri sebenarnya tidak terlalu menonjol, biasanya banyak dimasak sebagai acar atau salad.

Nama ilmiah mentimun ialah cucumis sativus yang termasuk ke dalam keluarga botani yang sama dengan melon (termasuk semangka dan melon). Pengkonsumsian mentimun ini sebenarnya tidak terlalu banyak jika dibanding jenis sayuran lain, padahal manfaat mentimun ini sungguh luar biasa.

Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

Manfaat mentimun membuatnya dijadikan jenis sayuran yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan tubuh, sehingga sering disebut sebagai makanan sehat. Tanaman mentimun memang sering disemprot dengan pestisida sehingga sangat penting untuk membeli jenisnya yang organik atau menanamnya sendiri. Berikut ini manfaat yang diberikan oleh mentimun :

  • Sumber cairan tubuh dan vitamin

Sekitar 95% kandungan mentimun adalah air yang akan menjaga tubuh dari dehidrasi sambil membantu tubuh untuk menghilangkan racun. Mentimun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Jangan lupa untuk tidak mengupas kulitnya, karena pada kulitnya tersebut, mengandung sejumlah asupan yang baik dari vitamin C, sekitar 10 persen dari asupan harian yang disarankan.

  • Mengurangi kolesterol, diabetes dan mengontrol tekanan darah

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, yang merupakan hormon yang mengatur gula darah bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat yang kandungan tersebut bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Manfaat mentimun tersebut, baik untuk mengobati tekanan darah rendah dan juga tekanan darah tinggi.

  • Perawatan kulit dan rambut

Jika tidak suka memakan kulit mentimun, gunakan manfaat mentimun untuk mengatasi iritasi iritasi kulit karena sengatan matahari misalnya, seperti pada manfaat lidah buaya. Tempatkan irisan di atas mata bengkak, lalu dengan sifat anti-inflamasinya akan membantu mengurangi bengkak. Silikon dan sulfur dalam mentimun membantu juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Bahkan beberapa pakar kecantikan menggunakan mentimun sebagai cara menghilangkan bekas jerawat untuk kulit wajah manusia.

  • Menjaga kesehatan sendi dan nyeri arthritis

Mentimun merupakan sumber yang sangat baik dari silika, yang dikenal untuk membantu mengoptimalkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Mereka juga kaya vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mereka bisa menjadi obat asam urat dan nyeri artritis dengan menurunkan kadar asam urat.

Efek Samping Mentimun

Mentimun juga memiliki efek samping tertentu untuk beberapa orang yang alergi, terutama di rongga mulut. Gatal dan pembengkakan dapat berkembang karena reaksi alergi terhadap ragweed. Alergi tersebut bisa dinetralisir dengan memasak terlebih dahulu. Beberapa alergi lain yang mungkin dialami karena gassiness, yaitu senyawa yang dikenal sebagai cucurbitacin yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Beberapa jenis mentimun yang telah mengalami pemuliaan dan senyawa, dapat dihindari untuk dikonsumsi . Efek samping lain karena kelebihan mengokonsumsusinya adalah mengalami kebotakan dan toksisitas yang disebabkan oleh bahan kimia tertentu dalam mentimun. Hal tersebut, biasanya terjadi ketika seseorang mengkonsumsi secara berlebihan dan membangun sebuah sistem dari bahan kimia tersebut.

Advertisements