Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Pengertian Dan Fungsi Ideologi Negara « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Pengertian Dan Fungsi Ideologi Negara

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Fungsi ideologi negara di ambil dari pengertian ideologi negara yang merupakan akar pemikiran yang menjadi patokan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penggunaan kata ideologi sendiri pertama kali dipakai oleh seorang pemikir asal Perancis yang bernama Antonie Destut de Tracy, dalam buku yang ia karang dengan judul Les Elements de I’ideologie, yang isinya mengartikan makna ideologi.

Pada bukunya, terdapat ide atau dasar pemikiran yang sehat dan tidak sehat yang menggunakan pemikiran yang realistis dan dapat diterima akal. Dalam buku tersebut, gagasan atau ide sehat merupakan ide yang logis sesuai akal sehat dan dapat dijadikan pedoman sehari-hari dan menjadi patokan dalam menjalaninya, dalam hal ini khususnya dalam masyarakat sebuah negara.

Ideologi Negara

Istilah ideologi sendiri terbentuk dari dua kata yaitu “idea” yang artinya gagsan atau buah pemikiran dan “logi” berarti pengetahuan. Maka, untuk arti ideologi tersebut yaitu menggambarkan tentang pengetahuan mengenai gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide,  atau ajaran tentang pengertian pengertian dasar.

Sehingga bisa disimpulkan, pengertian ideologi yaitu merupakan kumpulan gagasan,ide, keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut terhadap dalam aspek kehidupan manusia. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Notonegoro bahwa, ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi dasar atau yang menjadi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan, pada hakikatnya merupakan asas kerohanian, dengan ciri-ciri :

  1. Mempunyai derajat yang paling tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
  2. Mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup sebagai fungsi ideologi negara yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan, kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

Dalam arti luas pengertian Ideologi Negara ialah pedoman hidup dalam berfikir baik dalam segi kehidupan pribadi ataupun umum. Dalam arti sempit ideologi adalah pedoman hidup baik dalam berfikir atau pun bertindak dalam bidang tertentu (sunarso, Hs, 1986). Ideology Negara merupakan consensus (mayoritas) warga Negara tentang nilai-nilai dasar Negara yang ingin di wujudkan melalui kehidupan Negara itu (Heuken, 1998).

Fungsi Ideologi negara

Pengertian Ideologi yang memiliki makna sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, nilai, dan keyakinan yang ingin untuk diwujudkan dalam kenyataan hidup. Fungsi ideologi jika dilihat pada artinya di atas sangat diperlukan khususnya pada kehidupan bernegara, karena dianggap mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan dan memberikan arahan, serta menanamkan semangat dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak untuk perubahan yang lebih baik, khususnya dalam kehidupan penyelenggaraan kehidupan bernegara.

Pentingnya sebuah ideologi bagi suatu negara juga memberikan fungsi idelogi, seperti berikut ini:

  • Membentuk identitas atau kepribadian (ciri) suatu bangsa
  • Mempersatukan sesama dalam perbedaan
  • Mempersatukan orang dari berbagai agama yang dianut
  • Mengatasi berbagai pertentangan, konflik atau ketegangan sosial dalam negara
  • Pembentukan solidariatas antara warga negara.

Advertisements