Advertisement
Blog

Syarat Menjadi Dosen, Cara Menjadi Dosen PTN dan PTS

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Syarat menjadi dosen terbaru di Indonesia memang terus mengalami peningkatan dan untuk memastikan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tetap terjaga. Dosen merupakan salah satu profesi yang sangat mulia dan bahkan merupakan salah satu profesi yang sangat banyak diminati di Indonesia dan dunia. Walaupun secara fakta memang honor atau gaji para dosen di Indonesia jauh dibandingkan negara tetangga seperti malaysia atau negara lainnya.

Syarat menjadi dosen di Indonesia saat ini memang tidak semudah dulu, pemerintah turun tangan dalam menentukan syarat dosen yang ada di perguruan tinggi di Indonesia. Sulitnya tugas dosen dan target tinggi terhadap pendidikan mengharuskan pemerintah dan insan dosen tersebut harus lebih berkualitas. Hal ini juga diterapkan untuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh Indonesia. Selanjutnya bagaimana cara menjadi dosen PTN atau PTS serta berbagi universitas di Indonesia? Tentu hanya dengan memenuhi berbagai kriteria dan syarat yang telah ditetapkan.

Syarat Menjadi Dosen PTN (Perguruan Tinggi Negeri)

Syarat menjadi dosen PTN dibagi menjadi dua bagian yang pertama adalah syarat umum dan syarat khusus. Syarat dosen ini dikutip dari draf peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2012.

Syarat menjadi dosen PTN secara umum

  • Bertaqwa kepada Tuhan YME
  • Setia pada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak sedang menjalani hukuman karena melakukan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Syarat menjadi dosen PTN secara khusus

  • Memiliki ijasah serendah-rendahnya Strata 2 (magister)
  • Ijazah yang dimiliki bidang ilmunya harus sesuai dengan program studi tempatnya mengajar
  • Berusia paling tinggi 35 tahun
  • Memiliki publikasi minimal satu artikel yang dimuat dijurnal ilmiah
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris pada tingkat TOEFL internasional 500 atau IELTS 5.5

Syarat dosen di PTN memang lebih ketat dibandingkan dengan dosen di berbagai sekolah tinggi dan perguruan tinggi swasta (PTS). Namun secara praktek syarat ini memang tidak murni di terapkan 100 % karena keterbatasan tenaga dosen yang memenuhi kualifikasi tersebut. Hal ini mengingat jurusan perguruan tinggi dan universitas di Indonesia sangat beragam dan bahkan mencapai ratusan jurusan.

Syarat Menjadi Dosen di PTS

Syarat menjadi dosen di PTS umumnya hampir sama dengan syarat dosen PTN namun memang secara praktek tidak semua perguruan tinggi menerapkan syarat ini sesuai dengan peraturan pemerintah. Berikut adalah secara umum berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi dosen di PTS

  • Minimal Studi S2 (Magister)
  • Kemampuan bahasa Inggris minimal pasif dan TOEFL 500
  • S1 dan S2 selinier.

Dosen di perguruan tinggi swasta memang lebih banyak dibandingkan dengan di perguruan tinggi negeri. Namun berbagai syarat ini adalah untuk memastikan pendidikan di Indonesia yang lebih baik dan terus dapat menciptakan mahasiswa yang cerdas dan berbudi.

Syarat Menjadi Dosen Perguruan tinggi

Syarat menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi dan universitas di Indonesia memang masih belum diterapkan secara mutlak. Namun batas waktu yang diberikan oleh pemerintah agar minimal seluruh dosen saat ini yang masih bergelar S1 harus menempuh pendidikan S2 untuk memiliki sertifikasi dosen yang diberikan pemerintah. Namun dari berbagai syarat ini ada berbagai jurusan kuliah favorit yang banyak tenaga S2 dan S3 seperti ekonomi dan komputer. Syarat ini diharapkan dapat membuat mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia dapat bersaing dengan yang lainnya.

Cara Menjadi Dosen

Cara menjadi dosen sebenarnya cukup mudah untuk universitas yang masih tergolong kecil atau belum memiliki nama besar. Namun tetap cara termudah adalah dengan melengkapi profil dan syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk menjadi dosen hal pertama yang harus anda lakukan adalah menempuh pendidikan S2. Selanjutnya pelajari skil dan keahlian yang anda miliki dengan seksama serta kembangkan minat penelitian mengenai keahlian tersebut. Tugas guru dan dosen ini adalah tugas mulia jadi jangan pernah mengabaikan nantinya jika telah menjadi dosen atau guru.

Advertisements